Pizza Praktis dari Roti Tawar, Camilan Anti Ribet Tanpa Oven


Bisa membuat pizza untuk dimakan sendiri, sudah lama diniatkan oleh nak bujang. Alasannya, dia menyukai hidangan roti gurih yang berasal dari Italia dengan berbagai toping itu, yang dimakan dengan siraman saus.

Pizza praktis dari roti tawar yang maknyus
Sepotong lumayan kenyang lho

Biasanya saya lumayan rajin untuk nyoba-nyoba membuat sendiri makanan yang disukai anggota keluarga. Tapi khusus untuk pizza, saya menyerah duluan. Takut melenceng jauh dari ekspektasi.

Apalagi di rumah nggak punya oven ‘beneran’, hanya ada oven tangkring. Makanya niat nak bujang itu belum terealisasi.

Belum lagi, menurut saya membuat adonan rotinya lumayan agak ribet. Iya kalau adonannya mengembang dan hasilnya empuk. Kalau alot, kan bikin malesh. Pizza-nya nggak jadi, capek iya.

Kebetulan, untuk camilan satu ini nak bujang satu selera sama bapaknya. Kalau beli, baik dari merek pizza yang sudah terkenal atau pizza ala-ala buatan tetangga, mereka selalu merasa nanggung. Maklum, mereka mempunyai selera makan yang porsinya di atas rata-rata, hahaha .

Jika setiap ingin makan pizza harus diturutkan itu selera, saya suka komplain juga. Karena menurut saya, mending uangnya dibeliin beras, beragam lauk di warung Padang, seperti dendeng batokok, rendang, kalio, dan lainnya. Makannya jauh lebih mantul, wkwkwk *makemak selera Minang*.

Nemu Resep Pizza Praktis dari Roti Tawar, Masaknya Pakai Teflon

Pizza praktis dari roti tawar resep

Pada tangal 1 Desember 2022, saat hujan sempat reda, nak bujang semangat mengantarkan saya ke mini market terdekat. Di sana dia memilih membeli keju lembaran sensasi mozzarella. Keju mozzarella-nya susah nyarinya di seputar tempat tinggal.

Nak bujang bergumam, “Sebenarnya bagus pakai sosis juga. Tapi aku mau ngetes rasanya tanpa toping macam-macam dulu”.

Saya sempat merespon, “Emang mau bikin apa?”
Dia berkilah, “Ada deeeh.”
Saya menyimpulkan kalau itu ggak jauh dari urusan teman makan roti tawar.

Nyampai rumah, nak bujang langsung serius di dapur, sembari bersuara, “Bawang bombay nggak ada, Mam?”

Ketika saya menanyakan lagi, dia sebenarnya mau membuat camilan apa, baru deh nak bujang bilang kalau dia mau nyoba bikin pizza ala-ala dari roti tawar dan telur.

Katanya dia sempat ngelihat caranya di Tiktok. Bahannya mudah, cara membautnya juga gampang. Nggak perlu oven, cukup menggunakan wajan datar teflon alias wajan anti lengket.

Saya hanya mengangguk-angguk, dan kembali ‘ngerumpi’ di teras dengan teman hidup.

Nak bujang pun sibuk. Saya baru dipanggil ke dapur setelah pizza dari roti tawar buatannya jadi. Aromanya lumayan bikin perut laper. Mempersiapkan dan memanggangnya hanya perlu waktu sebentar.

Ketika kami, orangtuanya diminta untuk mencicipi, bapaknya langsung semangat ngasih ide untuk topingnya, “Kalau ada bawang bombay mantap nih. Lebih maknyus lagi kalau ada paprika dan daging asap.”

Saya yang ikut nyicip juga bersuara, “Mantap juga kalau dikasih potongan jamur kancing dan taburan peterseli. Tapi nggak ada yang jual di dekat sini, kecuali di supermarket yang ada di mall. Mungkin bisa diganti dengan daun seledri.”

Singkat cerita, setelah percobaan pertama pizza dari roti tawar itu, bapaknya semangat mencarikan bahan toping yang kurang.

Nak bujang pun semangat membuat camilan pizza yang praktis tersebut. Kalau topingnya banyak, sekali-sekali saya dimintain tolong untuk memotongkan bahan-bahannya. Alasannya biar lebih cepat pizza-nya jadi 😆

Resep Pizza dari Roti Tawar, Camilan Anti Ribet

Berikut ini resep pizza dari roti tawar dengan toping yang lumayan lengkap, dan tersedia di kang sayur, mini market dekat rumah. Khusus untuk paprika, ketemu ada yang jual kalau lagi beruntung aja 😆 .

Pizza praktis roti tawar bahan-bahannya

Bahan pengganti adonan roti pizza

  • Telur, 4 butir, pecahkan, taruh di wadah ukuran sedang.
  • Roti Tawar, 3 lembar, potong-potong segi empat kecil.
  • Garam, sejumput.
  • Merica bubuk, sejumput.

Bahan toping

  • Bawang bombay, 1/2 buah, potong sesuai selera.
  • Sosis, 2 buah ukuran kecil, potong bulat tipis.
  • Jamur kancing, 5 buah, potong bulat tipis.
  • Paprika merah, 1/4 ukuran sedang, potong-potong.
  • Seledri, 2 tangkai, potong-potong.
  • Keju sensasi mozarella, 4 lembar

Bahan tambahan

  • Margarin, 1/2 sdm
  • Saus sambal, secukupnya
Pizza praktis dari roti tawar cara mengolah

Cara Mengolah

  • Kocok lepas telur yang sudah ditambah garam dan merica bubuk dengan sendok makan. Cukup sampai tercampur rata saja.
  • Tambahkan roti tawar yang sudah dipotong-potong. Aduk hingga potongan roti terbalut adonan telur.
  • Lelehkkan margarin di wajan datar teflon (anti lengket) dengan api kecil. Permukaan wajan harus terkena semua oleh lelehan margarin.
  • Matikan kompor.
  • Tuang campuran roti dan telur ke wajan. Ratakan hingga menutupi permukaan wajan.
  • Tambahkan bahan toping di atasnya, mulai dari potongan sosis, potongan jamur kancing, irisan paprika, irisan bawang bombay, separuh irisan seledri. Tutup permukaan toping dengan keju lembaran. Kemudian taburi dengan sisa potongan seledri.
  • Tutup rapat wajan. *Nak bujang menggunakan tutup panci* 😳 .
  • Nyalakan kembali kompor, apinya kecil saja.
  • Masak pizza hingga bagian bawahnya berwarna cokelat, ditandai dengan aroma wangi menguar.
  • Waktu memasaknya nggak begitu lama, jadi jangan ditinggal jauh. Kalau nggak, bisa gosong bagian bawahnya. Andalkan penciuman :mrgreen:
  • Pindahkan pizza ke piring saji, siram dengan saus sambal. Potong empat bagian. Pindahkan ke piring makan. Pizza dari roti tawar toping beragam siap dinikmati.
Pizza praktis dari roti tawar camilan enak

Simpulan

Pizza roti tawar ini cocok jadi camilan yang anti ribet, saat kantong agak seret untuk membeli pizza beneran. Ini cara seru dan kreatif menikmati roti tawar. Apalagi bagi mereka yang tidak bermasalah dengan telur dan olahan keju. Mantul lah 🙂 .

Nak bujang menggunakan wajan anti lengket ukuran 24 cm, maka pizza-nya agak tebal jadinya. Idealnya menggunakan wajan datar ukuran 28-30 cm. Wajan datar saya yang ukuran segitu udah lama, menurut anaknya kalau memakai wajan tersebut, ntar malah lengket, jadi dia enggan menggunakannya :mrgreen: .

Saya menuliskan resep roti tawar yang dibuat nak bujang ini hanya sebagai pengingat. Jika nak bujang sudah aktif sekolah offline, saya bisa juga membuatnya. Tanpa harus bertanya ke dia, atau browsing sana-sini lagi.

Orangtua sangat mengetahui kebiasaan anaknya. Nak bujang saya, jika ingin membuat sesuatu yang dia sukai, dengan hanya melihat tutorial sekali, dia bisa langsung mempraktikkannya, bahkan bisa mengkreasikannya. Tapi, kalau yang kurang diminati, dimintain tolong, responnya laaamaaa banget, dalam hal apa saja. ❤ ❤ .

Salam jejak kuliner dari mata, rasa, dan pikiran YSalma.

Iklan

2 comments

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.