Tips Merawat Rambut Layer Panjang ala Salon Agar Tampil Menawan


Rambut layer panjang merupakan salah satu cara untuk mempertahankan memiliki model rambut panjang, tapi tetap tampil chick dan kekinian. Tengok saja gaya rambut panjang Kate Middleton yang selalu tampil memukau dalam setiap kesempatan.

Rambut layer panjang model dan tips merawatnya

Model rambut layer panjang juga dapat membuat penampilan lebih stylish serta dapat memperindah bentuk wajah. Syaratnya, tentu saja harus memilih model rambut layer yang sesuai dengan wajah, serta membuat nyaman.

Sebab, sebagus apapun model rambut panjang yang dimiliki, tapi kalau tidak membuat nyaman, maka rambut yang sering disebut sebagai mahkota wanita tidak akan mampu mendongkrak penampilanmu.

Tips Merawat Rambut Layer Panjang Agar Tampil Kekinian

Umumnya wanita menyukai memiliki rambut panjang, baik yang memiliki rambut lurus, ataupun keriting. Agar tak terlihat monoton, rata-rata pada memilih potongan rambut layer. Boleh dibilang potongan layer ini disukai hampir semua wanita sejak lama.

Bisa-bisa tampil dengan model rambut ‘kembar’ dengan perempuan lain dalam satu acara dong. Nggak asyik atuh.

Eits, tunggu dulu, walaupun pilihan potongan untuk rambut panjang sama-sama layer, tapi kamu tetap bisa tampil dengan ciri tersendiri, bahkan rambut layermu bisa ditata tampil beda di setiap kesempatan. Yuks mari cari tau beberapa tips-nya dalam tulisan ini 🙂 .

Pilih Model Rambut Layer Sesui Jenis Rambut dan Bentuk Wajah

Wajah Lonjong dan Jenis Rambut Keriting

Cocok dengan model layer klasik. Layer klasik merupakan model potongan layer sederhana, gabungan dan variasi potongan layer pendek dan medium. Keunggulannya, mudah di-styling dengan berbagai macam gaya. Rambut keriting kecil atau gelombang besar tetap terlihat bagus.

Wajah Oval dan Jenis Rambut Lurus Tebal

Kamu yang termasuk tipe ini bisa mencoba model potongan soft layer. Rambut tebal dan panjang akan lebih mudah diatur dan di-styling hingga kepalamu tidak terlihat seperti ‘keberatan’ rambut. Untuk memberi kesan berbeda, kamu bisa memberikan warna pada bagian ujung rambut.

Wajah Pipi Chubby dan Rambut Panjang tapi Tipis

Kamu bisa memilih potongan rambut model textured layer. Model potongan ini membuat rambut nampak lebih bervolume. Agar pipi nampak lebih tirus, model layer ini tinggal ditambah poni panjang. Layernya dibuat seperti membingkai wajah, sehingga pipi yang bulat dapat tertutupi.

Wajah Segitiga dengan Rahang Tegas

Kamu dapat memilih model potongan layer bergaya boho. Gaya potongan layer yang diberi sentuhan bergelombang pada beberapa bagian rambut, sehingga dapat menutupi daerah rahang hingga memberi kesan lembut.

Sebenarnya banyak variasi potongan layer lain yang dapat dipilih untuk membuat rambut panjang semakin nampak menarik.

Kamu hanya perlu lebih kreatif, misalnya dengan bermain pada poni, poni rata untuk menutupi jidat yang agak lebar dan tinggi, poni panjang agar tampak lebih anggun; gelombang buatan dengan curling iron untuk memberi kesan sensual; ataupun memberikan gradasi warna pada rambut untuk tampil lebih fresh.

Cara Merawat Rambut Layer Panjang Kualitas Salon di Rumah

Rambut layer panjang ala salon
foto credit to Pexels Andrea Piacqudio

Pada tau sendiri dong kalau rambut panjang lebih rentan nampak tipis, akan tetapi model layer telah menyelamatkannya, membuat rambut panjang jadi nampak ber-volume.

Di sisi lain, rambut panjang juga memerlukan perawatan lebih, ketambahan dengan model layer yang potongan panjang pendek rambut dibuat berbeda. Maka untuk tampil menawan dengan rambut layer panjang harus ditata dan dirawat dengan baik agar rambut sehat selalu.

Terkesan repot? Berpikir menatanya harus selalu ke salon?

Tenang, mudah kok!
Membuat rambut layer aja, sekarang bisa dilakukan sendiri di rumah, tinggal mengikuti tutorial yang banyak bertebaran. Maka perawatan untuk rambut layer juga dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Berikut tips mudah merawat rambut layer panjang di rumah:

  1. Jaga jangan sampai ujung rambut bercabang

Ujung rambut yang bercabang selain menandakan rambut tidak sehat, juga membuat rambut susah dirapikan. Untuk itu, ujung-ujung rambut harus rajin dirapikan secara berkala.

  1. Jaga kelembapan rambut

Agar tidak mudah kusut dan mudah dirapikan, rambut panjang yang sudah digunting cantik dengan model layer juga harus dijaga kelembapannya. Misalnya dengan memakai conditioner secukupnya, maksimal 3 kali seminggu.

Selain itu, agar kesehatan rambut terjaga kelembapannya, bisa juga dengan menutrisi rambut dengan memakaikan masker rambut dari bahan alami yang bisa dibuat sendiri. Misalnya memakai madu, lidah buaya, olive oil, coconut oil, dan bahan lainnya.

  1. Minimalkan penggunaan alat pengering rambut

Jika tidak terburu-buru, setelah keramas lebih baik biarkan rambut kering secara alami. Cukup dikeringkan dengan handuk seperlunya.

Akan tetapi, apabila akan menghadiri acara formal, yang mengharuskan rambut layer panjangmu lebih rapi, maka rambut mau tak mau harus di-blow dry. Untuk itu, pastikan sebelum di-blow rambut dilindungi dengan produk yang tepat.

  1. Pilih produk sampo yang sesuai

Pastikan memakai produk sampo yang tidak membuat rambut kering serta dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Pilih sampo yang mengandung keratin agar dapat memberikan protein pada rambut.

Salah satu produk sampo yang dapat digunakan adalah rangkaian produk TRESemmé Keratin Smooth.

Produk sampo ini dilengkapi Hydrolyzed Keratin dan Micro Smoothing Partikel yang dapat menyerap secara mendalam hingga 10 lapisan rambut. TRESemmé Keratin Smooth memberikan rambut lembut kualitas salon yang tahan lama (hingga 48 jam) setiap hari.

Jadi, bukan mustahil lagi untuk mendapatkan tampilan rambut layer panjang kualitas salon yang menawan di rumah setiap harinya.

Selain itu, perawatan yang tepat serta pemilihan model rambut yang sesuai, rambut panjang dengan potongan layer yang ditata ala keluaran salon sangat bisa membuat tampil lebih percaya diri pada setiap kesempatan.

Selamat merawat rambut panjang sehatmu.
Salam jejak #Beauty dari mata, rasa, dan pikiran YSalma.

34 comments

  1. Dengan rambut panjang, wanita memang terlihat lebih anggun. Tapi benar sekali, Mbak. harus merasa nyaman juga. Dan ternyata model layer panjang beragam ya. Pastinya disesuaikan dengan bentuk wajahnya, sehingga semakin anggun dan cantik.

    Suka

  2. Btwe rambutku sekarang panjang loh mbak, cuma ya itu agak keriting dan kering jadi lebih sering dikepangin hehe. Merawat rambut panjang memang butuh perhatian lebih ya mbak, terutama pemilihan sampo.

    Suka

  3. Duluu rambutku juga panjang bangett hehe kayak gini deh hampir. tapi ngga layer. trus skrg akhirnya jadi pendek karena rontok2 teruss uhuhu sedihh.
    noted cara merawatnya emang kudu telaten ya mba

    Suka

  4. Ujung rambut bercabang ini sangat-sangat susah saya hilangkan. Padahal tidak pernah gonta-ganti shampoo. Mungkin ada faktor lain yang tidak cocok ya. Tapi karena pakai jilbab, jadi ujung rambut yg pecah ini tidak terlalu bikin risih hehehe

    Suka

    • Kalau dulu saya salah satu penyebabnya karena proses mengeringkan rambut setelah keramas Teh. Menggosok rambut dengan handuk terlalu keras biar cepat kering, ternyata itu kurang bagus utk rambut.

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.