K-Tuju Kafe, Tempat yang Tepat Untuk Menikmati Real Arabica Coffee


Assalamu’alaikum, pencinta kopi, khususnya jenis kopi arabica di daerah Payakumbuh Sumatera Barat dan sekitarnya. Ada kafe baru tempat menikmati kopi arabica asli yang tidak boleh kamu lewatkan nih.

Setelah berkunjung, bisa jadi nantinya kafe ini akan menjadi kafe favorit kamu untuk ngopi bersama orang tercinta, keluarga, sahabat, komunitas, ataupun relasi bisnis.

K-Tuju kafe payakumbuh tempat ngopi baru

K-Tuju Payakumbuh, Kafe untuk Menikmati Real Arabica Coffee Kekinian

Beberapa waktu lalu, di sebuah grup WA almamater sekolah yang saya ikuti, seorang teman yang berdomisili di Jabodetabek, yang kebetulan sedang ada keperluan ‘pulang kampuang’ alias mudik ke Sumatera Barat, meng-share foto ‘reunian’ dadakan dengan teman yang mempunyai usaha kopi Situjuh dengan jenis kopi arabica di Payakumbuh.

Ternyata, teman yang mempunyai bisnis kopi sedang melakukan ekspansi bisnis. Teman yang punya usaha kopi lagi sibuk mempersiapkan soft launching kafe dengan menu utama minuman kopi jenis kopi arabica khas Situjuah.

K-Tuju kafe Payakumbuh tempatnya homey banget

Ramai lah ucapan selamat dan sukses dari teman-teman lain di grup untuk bisnisnya. Tentu saja tak ketinggalan pertanyaan-pertanyaan lain yang bernada mencari info lebih tentang kafe yang baru akan dibuka pada waktu itu.

Siapa tau, nanti teman-teman punya kesempatan juga berkunjung ke Payakumbuh, boleh lah dipersiapkan budget untuk ngopi-ngopi di kafe K-Tuju ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang terlontar saat itu, dalam rangka mencari info lebih tentang kafe K-Tuju, diantaranya, lokasi tepatnya di mana, jam opreasional, target konsumen, menu lain apa ada tersedia juga, serta fasilitas dan tentu saja pembedanya dari kafe-kafe kopi lain yang sudah terlebih dulu mewarnai dunia perkopian. Lengkap ya 🙂 .

K-Tuju kafe pantry room
pantry

Nah, semua pertanyaan dan diskusi di grup WA saat itu, saya catat dan rangkumkan dalam bentuk sebuah postingan di blog ini. Tentu saja diperkuat oleh cerita teman yang sudah lebih dulu singgah ke K-Tuju kafe.

So, artikel ini boleh lah disebut review awal tentang tempat menikmati secangkir real arabica coffee di Payakumbuh Sumatera Barat.

Kafe K-Tuju Bukan Hanya Sekedar Tempat Ngopi!

Bocoran info dari pak Dody yang menjalankan operasional K-Tuju kafe ini, kafe bukan hanya sekedar tempat ngopi sembari nongkrong. Tapi K-Tuju kafe juga akan menjadi pusat pelatihan / diskusi untuk pengembangan tanaman kopi di Payakumbuh dan 50 kota.

video K-Tuju kafe yang homey banget. Nyaman untuk tempat ngumpul dan diskusi.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh K-Tuju kafe adalah, customer bisa menikmati proses roasting kopi secara langsung.

Pada tau dong roasting coffee itu apa. Roasting coffee merupakan proses mengeluarkan air, mengeringkan kadar air dalam kopi, hingga aroma khasnya keluar. Atau bahasa lainnya proses menyangrai biji kopi, alias proses pemanggangan biji kopi yang masih mentah (green bean) ke tingkat kematangan yang diinginkan.

Roasting (sangrai) ini kunci dari aroma dan cita rasa seduhan minuman kopi.

K-Tuju kafe Payakumbuh alat roasting kopi
alat roasting kopi di K-Tuju kafe

Keren kan, sambil ngopi, pelanggan juga dapat tambahan ilmu tentang seluk beluk proses penyuguhan secangkir kopi hingga siap minum.

K-Tuju kafe juga menjual oleh-oleh dalam bentuk biji kopi dan juga olahan. Sehingga, lidah kamu yang terpesona oleh rasa kopi arabica yang disuguhkan, tidak perlu merasa kecewa akan perpisahan rasa, sebab kamu bisa membawanya pulang ke rumah dan menyeduhnya saat kamu ingin meminumnya.

Fasilitas di K-Tuju Kafe

Kafe yang beralamat di Jl. Pahlawan No. 75 Payakumbuh Sumatera Barat cocok untuk semua kalangan, suasana yang ditawarkan homey banget. Fasilitas yang tersedia lumayan lengkap, seperti:

  • Mushola
K-Tuju kafe ruang mushola luas dan bersih

Ruang mushola sangat memadai dan bersih. Sehingga ngopi tjantik di cafe tidak akan melalaikan waktu menghadap Sang Penciptamu.

  • Ruang meeting

Ada ruangan yang diperuntukkan bagi kamu yang mau meeting dengan rekan bisnis atau sekedar berdiskusi.

  • Toilet

Untuk menuntaskan urusan ‘ke belakang’ juga tersedia dan bersih.

  • Area parkir yang luas
K-Tuju kafe area parkir luas pada malam hari

Mau berkunjung menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, bareng rombongan atau hanya kelompok kecil, nggak masalah, area parkis luas.

  • Live Music
K-Tuju kafe live music

Sebagai kafe kekinian, K-Tuju juga menemani pengunjung dengan live music. Kamu yang hobi nyanyi, boleh banget unjuk kebolehan.

Sedangkan mengenai menu pendamping kopi arabica juga beragam, mulai dari varian makanan tradisional hingga nasional.
Wajib kunjung banget kan ini kafe 🙂 .

So, kamu yang ngaku pencinta kopi, jangan sampai melewatkan tempat ngopi satu ini. Jam operasionalnya dari pukul 14.00 – 22.00 WIB.

K-Tuju kafe Payakumbuh proses penyeduhan kopi

Selamat menikmati secangkir kopi dan menambah wawasan tentang kopi yang diseruput.

Secangkir kopi sangat memahami penyeruputnya. Yang sedang gundah ataupun bahagia, akan selalu diingatkan oleh secangkir kopi, mau dicampur dengan gula atau pemanis jenis apapun, kopi tetap lah kopi. Selalu ada rasa pahit yang tercecap. Tapi, justru rasa itu yang membuat pencintanya ingin menyeruput secangkir kopi, lagi dan lagi.

Salam ngopi.
Salam jejak info marketing dan bisnis melalui mata, rasa, dan pikiran YSalma.

Foto credit to mr. Firman.E dan K-Tuju kafe, edit by admin YSalma

2 comments

  1. area musholanya luas banget ini untuk ukuran cafe
    pengen banget bisa explore sumatra, selama ini belum pernah menginjakkan kaki ke sumatra

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.