Biaya Kuliah PTS, Perhatikan Beberapa Hal Ini


Gagal lolos SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri? Tenang, kamu tetap bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di universitas swasta. Apalagi saat ini ada banyak PTS (Perguruan Tinggi Swasta) berkualitas dan berfasilitas memadai.

Biaya kuliah di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) seringkali menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa dan orang tua. Pasalnya, biaya kuliah di universitas swasta dinilai jauh lebih besar dibanding universitas negeri.

Oleh karena itu, biaya kuliah menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Ya, selama kuliah pasti memerlukan banyak biaya seperti uang gedung, uang praktikum, uang almamater, SPP, dan sebagainya.

biaya kuliah pts Gunadarma
Foto credit to Universitas Gunadarma, edit by YSalma

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Swasta?

Berencana kuliah di universitas swasta? Jika iya, mumpung belum wisuda kelulusan SMA, mungkin kamu perlu mengetahui informasi mengenai perkiraan biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Nah, berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah yang perlu dibayarkan:

  1. Uang Gedung

Uang Gedung atau yang sering disebut Uang Pangkal adalah biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa yang sudah diterima di suatu universitas. Biaya ini dibayarkan sekali ketika awal penerimaan dan besaran nominalnya ditentukan oleh kebijakan masing-masing kampus.

Uang pangkal pada setiap kampus berbeda-beda, ada yang murah dan mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena itu, ada beberapa kampus yang memberikan kemudahan berupa layanan cicilan. Mahasiswa bisa membayar uang pangkal dengan cara diangsur beberapa kali. Kampus tidak akan membebankan bunga atas cicilan tersebut.

  1. Uang SPP

SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) adalah uang yang dibayarkan setiap semester baru, tepatnya sebelum perkuliahan dimulai. Sistem pembayaran ini umumnya diberlakukan oleh PTS Perguruan Tinggi Swasta). SPP digunakan untuk membiayai perkuliahan mahasiswa tanpa subsidi pemerintah.

Secara umum, biaya SPP di setiap kampus berbeda-beda. Perkiraan uang SPP per semester di universitas swasta berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 7.000.000. Sekali lagi, biaya tersebut bisa lebih murah dan lebih mahal, tergantung kebijakan dari universitas masing-masing.

  1. Biaya Kuliah Per-SKS

SKS merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan sesuai jumlah SKS yang diambil pada satu semester. Dengan sistem ini, mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester.

Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144 sampai dengan 160 SKS, sedangkan untuk program D3 mempersyaratkan 110 hingga 120 SKS.

Biaya kuliah per-SKS sangat bervariasi, tergantung dari jurusan dan fakultas apa yang diambil. Perkiraan biaya kuliah per-SKS berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Pada dasarnya, biaya kuliah per-SKS memang berbeda-beda, ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal dari itu.

  1. Biaya Praktikum

Selain uang pangkal dan SKS, umumnya juga akan dikenakan biaya praktikum selama kuliah. Praktikum adalah bagian dari pengajaran yang bertujuan agar mahasiswa dapat melakukan pengamatan, percobaan atau pengujian suatu konsep atau prinsip materi mata kuliah.

Kisaran biaya praktikum yang dikeluarkan mahasiswa mengikuti besar kecilnya kebutuhan di masing-masing program studi. Perkiraan biaya praktikum yakni sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.500.000.

Tips Mendapatkan Keringanan Biaya di Universitas Swasta

Salah satu cara memperoleh potongan biaya kuliah yakni dengan mengajukan beasiswa. Kamu bisa mencari dan memilih universitas swasta yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa.

Jenis beasiswa yang diberikan pun beragam mulai dari beasiswa untuk mahasiswa berprestasi secara akademik, beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di bidang non-akademik, hingga beasiswa dari perusahaan swasta yang berskala besar.

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa, kamu berkesempatan kuliah dengan biaya ringan hingga lulus. Beasiswa yang diberikan biasanya berupa bebas biaya pendidikan semester 1 – 8, bebas biaya SKS hingga 8 semester, bebas biaya uang pembangunan, dan bebas biaya sertifikat.

Meski begitu, umumnya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa. Ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar beasiswa yang ingin kamu ambil.

Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik

Bingung mau kuliah dimana? belum menemukan kampus yang tepat? Memilih universitas untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi memang susah-susah gampang. Disamping itu, mungkin kamu akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan kampus di Indonesia.

Salah satu rekomendasi universitas swasta terbaik di Indonesia adalah Universitas Gunadarma. Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kampus yang satu ini? Ya, hampir semua orang mengenalnya.

Sebagai kampus ternama, Universitas Gunadarma memiliki berbagai keunggulan yang mendukung proses pembelajaran mahasiswa semakin efektif dan nyaman. Universitas Gunadarma juga berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja.

Nah, itulah informasi mengenai perkiraan biaya kuliah di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) serta rekomendasi universitas swasta terbaik di Indonesia.

Selamat melanjutkan pendidikan di universitas terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga dengan mengambil jurusan pilihanmu. Lulus tepat waktu, dan tak lupa isi juga masa-masa menjadi mahasiswa itu dengan mengikuti seminar yang membuka wawasan, yang sering diadakan kampus, sehingga biaya yang dikeluarkan selama kuliah termaksimalkan 🙂 .

49 comments

  1. Universitas Gunadarma ini terkenal ya mbak. Saya sering denger tentang unversitas ini. Walaupun swasta tapi peminatnya banyak.

    Suka

  2. Betul banget mbak, aku pun tahun ini mulai mengkuliahkan anak pertama. Sejak tahun lalu pas anak baru naik kelas 3 SMA, udah mulai daftar ke universitas swasta yang memang jadi incaran, karena jurusannya terbaik dari seluruh universitas yang ada di Indonesia, alhamdulillah diterima dan dapat beasiswa 100%. Seandainya ga dapat beasiswa, 80 juta yang harus saya bayar padahal abis kena musibah beruntun dan abis duit beratus juta bayar RS, wah terasa banget banyak keluar duit. Tapi kita harus percaya, bahwa rejeki tiap anak itu ada, asalkan kita mau berusaha, insha Allah biaya kuliah bisa teratasi, meskipun terasa berat dan mahal.

    Suka

    • Alhamdulillah, dapat beasiswa di universitas incaran. Usaha anak dan do’a orangtua selalu mendapatkan jalan keluar terbaik. Asalkan kita yakin dan berikhtiar ya, mba.

      Suka

  3. Pengen banget anakku nanti kuliah di Universitas negeri nomor satu di Indonesia, semoga cita-cita terwujud (doain donk) Amiiin. Beda biaya antara negeri dan swasta, intinya anak mau kuliah apa gak wkwkwkw (Gina)

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.