Biaya Kuliah PTS, Perhatikan Beberapa Hal Ini


Gagal lolos SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri? Tenang, kamu tetap bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di universitas swasta. Apalagi saat ini ada banyak PTS (Perguruan Tinggi Swasta) berkualitas dan berfasilitas sangat memadai.

Biaya kuliah di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) seringkali menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa dan orang tua. Pasalnya, biaya kuliah di universitas swasta dinilai jauh lebih besar dibanding universitas negeri.

Oleh karena itu, saat memutuskan memilih perguruan tinggi, biaya kuliah menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Ya, selama kuliah pasti memerlukan banyak biaya seperti uang gedung, uang praktikum, uang almamater, SPP, dan sebagainya.

biaya kuliah pts Gunadarma
Foto credit to Universitas Gunadarma, edit by YSalma

Berapa Biaya Kuliah di Universitas Swasta?

Berencana kuliah di universitas swasta favorit pilihanmu? Jika iya, mumpung belum wisuda kelulusan SMA, mungkin kamu perlu mengetahui informasi mengenai perkiraan biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta. Nah, berikut ini adalah perkiraan biaya kuliah yang perlu dibayarkan:

  1. Uang Gedung

Uang Gedung atau yang sering disebut Uang Pangkal adalah biaya yang harus dibayar oleh mahasiswa yang sudah diterima di suatu universitas. Biaya ini dibayarkan sekali ketika awal penerimaan dan besaran nominalnya ditentukan oleh kebijakan masing-masing kampus.

Uang pangkal pada setiap kampus berbeda-beda, ada yang murah dan mahal bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Karena itu, ada beberapa kampus yang memberikan kemudahan berupa layanan cicilan. Mahasiswa bisa membayar uang pangkal dengan cara diangsur beberapa kali. Kampus tidak akan membebankan bunga atas cicilan tersebut.

  1. Uang SPP

SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) adalah uang yang dibayarkan setiap semester baru, tepatnya sebelum perkuliahan dimulai. Sistem pembayaran ini umumnya diberlakukan oleh PTS Perguruan Tinggi Swasta). SPP digunakan untuk membiayai perkuliahan mahasiswa tanpa subsidi pemerintah.

Secara umum, biaya SPP di setiap kampus berbeda-beda. Perkiraan uang SPP per semester di universitas swasta berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 7.000.000. Sekali lagi, biaya tersebut bisa lebih murah dan lebih mahal, tergantung kebijakan dari universitas masing-masing.

  1. Biaya Kuliah Per-SKS

SKS merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan sesuai jumlah SKS yang diambil pada satu semester. Dengan sistem ini, mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester.

Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan jumlah SKS tertentu. Misalnya program sarjana (S1) mempersyaratkan mahasiswanya untuk menyelesaikan 144 sampai dengan 160 SKS, sedangkan untuk program D3 mempersyaratkan 110 hingga 120 SKS.

Biaya kuliah per-SKS sangat bervariasi, tergantung dari jurusan dan fakultas apa yang diambil. Perkiraan biaya kuliah per-SKS berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 300.000. Pada dasarnya, biaya kuliah per-SKS memang berbeda-beda, ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal dari itu.

  1. Biaya Praktikum

Selain uang pangkal dan SKS, umumnya juga akan dikenakan biaya praktikum selama kuliah. Praktikum adalah bagian dari pengajaran yang bertujuan agar mahasiswa dapat melakukan pengamatan, percobaan atau pengujian suatu konsep atau prinsip materi mata kuliah.

Kisaran biaya praktikum yang dikeluarkan mahasiswa mengikuti besar kecilnya kebutuhan di masing-masing program studi. Perkiraan biaya praktikum yakni sekitar Rp 500.000 sampai dengan Rp 1.500.000.

Tips Mendapatkan Keringanan Biaya di Universitas Swasta

Salah satu cara memperoleh potongan biaya kuliah yakni dengan mengajukan beasiswa. Kamu bisa mencari dan memilih universitas swasta yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa.

Jenis beasiswa yang diberikan pun beragam mulai dari beasiswa untuk mahasiswa berprestasi secara akademik, beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu secara ekonomi, beasiswa untuk mahasiswa berprestasi di bidang non-akademik, hingga beasiswa dari perusahaan swasta yang berskala besar.

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa, kamu berkesempatan kuliah dengan biaya ringan hingga lulus. Beasiswa yang diberikan biasanya berupa bebas biaya pendidikan semester 1 – 8, bebas biaya SKS hingga 8 semester, bebas biaya uang pembangunan, dan bebas biaya sertifikat.

Meski begitu, umumnya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa. Ada baiknya kamu mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar beasiswa yang ingin kamu ambil.

Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik

Bingung mau kuliah dimana? belum menemukan kampus yang tepat? Memilih universitas untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi memang susah-susah gampang. Disamping itu, mungkin kamu akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan kampus di Indonesia.

Salah satu rekomendasi universitas swasta terbaik di Indonesia adalah Universitas Gunadarma. Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan kampus yang satu ini? Ya, hampir semua orang mengenalnya.

Sebagai kampus ternama, Universitas Gunadarma memiliki berbagai keunggulan yang mendukung proses pembelajaran mahasiswa semakin efektif dan nyaman. Universitas Gunadarma juga berhasil mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja.

Nah, itulah informasi mengenai perkiraan biaya kuliah di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) serta rekomendasi universitas swasta terbaik di Indonesia.

Selamat melanjutkan pendidikan di universitas terbaik yang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga dengan mengambil jurusan pilihanmu. Lulus tepat waktu, dan tak lupa isi juga masa-masa menjadi mahasiswa itu dengan mengikuti seminar yang membuka wawasan, yang sering diadakan kampus, sehingga biaya yang dikeluarkan selama kuliah termaksimalkan 🙂 .

58 comments

  1. Universitas Gunadarma ini terkenal ya mbak. Saya sering denger tentang unversitas ini. Walaupun swasta tapi peminatnya banyak.

    Suka

  2. Betul banget mbak, aku pun tahun ini mulai mengkuliahkan anak pertama. Sejak tahun lalu pas anak baru naik kelas 3 SMA, udah mulai daftar ke universitas swasta yang memang jadi incaran, karena jurusannya terbaik dari seluruh universitas yang ada di Indonesia, alhamdulillah diterima dan dapat beasiswa 100%. Seandainya ga dapat beasiswa, 80 juta yang harus saya bayar padahal abis kena musibah beruntun dan abis duit beratus juta bayar RS, wah terasa banget banyak keluar duit. Tapi kita harus percaya, bahwa rejeki tiap anak itu ada, asalkan kita mau berusaha, insha Allah biaya kuliah bisa teratasi, meskipun terasa berat dan mahal.

    Suka

    • Alhamdulillah, dapat beasiswa di universitas incaran. Usaha anak dan do’a orangtua selalu mendapatkan jalan keluar terbaik. Asalkan kita yakin dan berikhtiar ya, mba.

      Suka

  3. Pengen banget anakku nanti kuliah di Universitas negeri nomor satu di Indonesia, semoga cita-cita terwujud (doain donk) Amiiin. Beda biaya antara negeri dan swasta, intinya anak mau kuliah apa gak wkwkwkw (Gina)

    Suka

  4. Saya udah mulai berhitung-hitung, nih. Insya Allah setahun lagi anak mulai kuliah. Pengennya sih di PTN. Tetapi, kan tetap harus menghitung biaya PTS juga

    Suka

  5. Kalau ngomongin soal kuliah rasanya jadi muda lagi. Pengen balik lagi ke masa lalu. Hehehe… Sekarang kalau mau kuliah udah kepala empat, banyak kendalanya

    Suka

  6. Akupun lagi nabung buat kuliah lagi.. semoga segera dateng kesempatan itu.. makasih kak tipsnya.. lumayan ada bayangan nyari tau info2 biaya buat preparing soal pendanaan hahaha

    Suka

  7. Kalo bahas biaya2 kuliah gini, aku auto terserang anxiety attack, Mba wkwkwk
    Rasanya gimanaaa gitu membayangkan, sekian tahun mendatang, ketika anakku masuk usia kuliah… biayanya ntar jadi berapa ya?

    Ya tapii, ketimbang galau, serahkan semua urusan pada Sang Maha Memberi Rezeki ya
    InsyaALLAH takdir rezeki udah tertakar, jangan takuut, mak! *ngomong ama kaca*

    Suka

  8. hiks jadi inget keponakanku yang mau masuk perguruan tinggi tahun ini

    sekarang sedang heboh pingin meja baru

    hehehe belum dapat sekolahan malah cari meja ya?

    Suka

  9. Kadang mau ke negri gak tercapai, akhirnya ke swasta. Tp bkn brati swasta gak bgs ya. Bnyk yg bgs, bahkan ada yg sengaja pilih swasta. Cuma memang budget harus kita siapkan. Tq infonyaaa… Jd tau hehe🙏

    Suka

  10. Beasiswa memang jadi andalan, soalnya dakupun demikian sehingga gak terlalu berat. Sama itu juga sih banyak-banyak ke perpustakaan biar makin hemat juga jadi nggak beli buku hehe

    Suka

  11. Satu hal yang perlu juga diperhatikan saat memilih PTS adalah AKREDITASI. Jadi selain biaya, Akreditasi WAJIB masuk dalam pertimbangan awal agar kita mendapatkan kualitas pendidikan yang sudah terjamin oleh Dikti dan saat lulus bisa mendapatkan kesempatan kerja yang (lebih) luas.

    Suka

  12. Anakku tahun depan udah mulai masuk kuliah nih. Pengennya sih dia bisa dapat negeri aja. Tapi anggaran biaya swasta ini tetap akan tetap jadi perimbangan sebagai pegangan jikalau jikalau …..

    Suka

  13. Gak masuk PTN bisa ke PTS. Memang banyak PTS yang berkualitaa dan keren-keren. Biaya pasti sedikit lebih mahal, soalnya aku kuliah di swasta juga. Yah, tapi udah balik modal sekarang. Eh, kaya jualan aja. Hehe

    Suka

  14. Baru tersadar klo sekarang waktunya daftar-daftar mahasiswa baru ya. Saking kelamaannya PJJ jd ga apdet sama kondisi wkwkwk

    Suka

  15. Nah iya kalau tak lolos di negeri masih banyak kampus swasta yang tak kalah bagusnya. Noted nih mba bisa jadi referensi nih kalau mau lanjutin kuliah lagi, bisa di Universitas Gunadarma 🙂

    Suka

  16. Keponakanku ada dua orang alumni Gunadharma
    Sejauh ini sih ku lihat mereka sukses dengan pendidikannya
    Meyakinkan banget kalau Gunadharma adalah Perguruan Tinggi yang gak diragukan kualitasnya

    Suka

  17. Biaya PTS makin hari makin tinggi semoga selaras dengan meningkatnya kualitas PTS di Indonesia ya. Universitas Gunadarma sendiri memang salah satu PTS terbaik di Indonesia

    Suka

    • Biaya sekolah aja udah dibuat mikir nih sekarang, apalagi biaya kuliah. Berharap ke depannya, mau swasta atau negeri, biayanya terjangkau oleh yang ingin kuliah ya.

      Suka

  18. Kalo Gunadarma, saya yang di Sulawesi pun mendengarnya, Mbak .. sebagai PTS pilihan di pulau Jawa. Lulusannya pun mantap-mantap.

    Suka

  19. Kalau anakku masuk PTN di ITB kuliah persemester 12,5 juta mbak, tapi karena dapet beasiswa jadi hanya 8 juta. Sekarang baru semester 2.

    Suka

  20. Biaya praktik memang selalu lebih besar dari anggaran yang dicadangkan. Apalagi jaman sekarang, anak kuliah ga bisa kalau ga gaul. Gadget, lifestyle, semuanya butuh biaya ya. Semoga saja belajarnya maksimal sehingga cepat lulus dan langsung bisa kerja deh. Hehehe

    Suka

  21. Gunadarma memang menjadi salah satu PTS terbaik di Indonesia. Syukurlah kalau di Gunadarma ada banyak beasiswa. Bisa jadi pilihan buat adik-adik SMA yang lagi nyari kampus.

    Suka

  22. Aku juga lulusan PTS, dan alhamdulillah bisa menyelesaikan studi dengan tempat waktu. Dan tidak terlalu terbebani dengan biaya karena sudah banyak beasiswa. Kuncinya cuma mempertahankan IPK, ya, mba. Hehe.

    Suka

  23. Biaya kuliah PTS bikin ngelus dada memang, keponakanku persemester 12 juta huhu masuknya juga puluhan juta, semoga nanti anakku kuliah biayanya cukup.

    Suka

  24. Wah sering dengar nih tentang universitas Gunadarma, rekomended juga ya buat anak-anak yang ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang perguruan tinggi.

    Kalau PTS memang biayanya lebih beragam, eh tapi ga tau sih kalau PTN gimana.

    Kalau saya sih, di mana aja, asal anak-anak kuliah dengan benar sesuai bakatnya 🙂

    Suka

  25. Sekarang lagi banyak kabar gembira tentang siswa yang keterima lewat jalur SMPTN. Tetapi, seandainya gak lolos ke negeri pun sudah banyak PTS yang berkualitas bagus. Tentu harus mulai dipersiapkan dananya. Terutama buata nih yang insya Allah tahun depan nguliahin anak

    Suka

  26. ga kebayang berapa biayanya saat anak saya kuliah 10 tahun lagi hahaaa yuk bisa yuk, nabung dari sekarang ya mba 🙂

    Suka

  27. Terpercaya banget kuliah di Universitas Gunadarma.
    Selain melihat akreditasi kampus juga melihat lulusan yang telah berhasil.

    Suka

  28. Iya PTS mihil, PTN pun jg keknya mihil hehe
    Wah ternyata PTS juga menyediakan jalur beasiswa ya. Lumayan nih bisa dimanfaatkan dengan baik. APalagi kalau akreditasinya udah bagus biasanya ya gak kalah dr universitas negeri yaa

    Suka

  29. Terima kasih mba sudah merekomendasikan jni. Dan emang sih sejak awal kita baiknya sudah siapkan ya.
    Banyak universitas swasta yang bagus bagusss

    Suka

  30. Ortu memang harus nabung sejak anak masih kecil nih untuk biaya pendidikan anak karena ga semua anak bisa sekolah ke PTN. Apalagi di PTN jg udah mahal biayanya ya.

    Suka

  31. Ya Allah, iya ya sekarang ini pendaftaran kuliah. Ponakanku juga nih masih coba tes di PTN. Kalau ga lolos barulah Cari PTS. Terima kasih yaa pertimbangannya

    Suka

  32. Gundarma deket rumahku ini, moga nanti kalau anak-anaku masuk kuliah dimudahkan biayanya, dan nilainya, Aamiin. Terima kasih ya infonya

    Suka

  33. Mpo juga swasta. Yang penting jurusan sesuai minat, uang spp dan akreditasi kampus Perguruan tinggi swasta. Plus harus dekat kampus biar tidak capek perjalanan sekolah.

    Gunadarma bagus tuh jurusan IT dan komputer

    Suka

  34. Tahun depan nih anakku masuk kuliah, udah mulai agak pening mikirin ntar mau kuliah dimana.
    Bagus juga ya kualitas Gunadarma ini, bisa jadi rekomendasi untuk kuliah jika tidak diterima di PTN.

    Suka

  35. Soal biaya PTS ini memang harus dipersiapkan nih mba dari jauh hari, ini aja anakku masih usia 8 tahun aku udah jauh mikir ke depan utk biaya kuliahnya dia nanti, krn ini salah satu tugas dan kewajibanku sebagai ortu untuk kasih pendidikan terbaik utk dia

    Suka

  36. Gunadarma emang cakep bangeeett kampus ya Alloooh 😍😍😍 Berkali2 lewatin Gundar mah ga boseeeen. Adem banget liatnya 😍

    Suka

  37. Kalau sekolah swasta, sebenarnya hampir sama ya, Mbak. Misalnya ada uang gedung dan SPP. Hanya menurut saya, tergantung anak kuliahnya. DI universitas negeri atau swasta, yang penting semangat kuliah. Nilai bagus dan berprestasi, Insya Allah dapat kerja bagus.

    Suka

  38. Kampus beken iniiii. Kebetulan ada sahabatku yang alumnus Gunadarma. Kami kan beda kota. Pas ketemu, ngobrol, dia bilang lulusan Gunadarma, nyambung deh.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.