Tips Sehat: Ketahui Ukuran LDL yang Normal dan Cara Menjaganya


Ukuran ldl yang normal dan cara menjaganya agar tetap dalam batas wajar serta aman sangat penting untuk diketahui agar tubuh tetap sehat. Terhindar dari penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, dan lainnya.

Mencegah munculnya suatu penyakit jauh lebih baik dan mudah dibanding mengobatinya.

ukuran ldl yang normal bagi tubuh
Aktif bergerak membantu kolesterol tetap normal.

Apa itu LDL?

LDL atau Low Density Lipoprotein adalah salah satu jenis kolesterol yang ada dalam tubuh.

Kolesterol merupakan senyawa lemak (lipid) yang ada dalam aliran darah dan diproduksi oleh hati.

Kolesterol tidak bisa masuk ke dalam aliran darah secara langsung setelah diproduksi karena terlalu berlemak. Kolesterol butuh protein apolipoprotein untuk mengangkutnya.

Protein pengangkut dan kolesterol yang siap edar dalam hati inilah yang disebut dengan lipoprotein.

LDL juga disebut dengan kolesterol ‘jahat’ karena bekerja mengangkut partikel kolesterol ke seluruh tubuh dan juga menumpuknya di dinding arteri.

Arteri sendiri merupakan pembuluh darah elastis yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh.

Klesterol ‘jahat’ (LDL) membuat jaringan arteri mengeras dan menyempit. Akibatnya aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar dan memicu berbagai penyakit.

Selain LDL, ada jenis kolesterol lain yang juga dimiliki tubuh, yaitu HDL (High Density Lipoprotein).

HDL dianggap sebagai kolesterol ‘baik’, karena HDL ini yang bertugas membawa kolesterol LDL dari arteri kembali ke hati untuk dipecah dan kemudian dibuang dari tubuh.

Akan tetapi tidak semua LDL yang menyumbat arteri dapat ditarik kembali oleh HDL, maksimal hanya sepertiga yang ada di seluruh tubuh yang bisa ditarik kembali. Makanya sangat penting untuk menekan keberadaan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Jenis kolesterol lain yang sering jadi indikator kesehatan tubuh adalah Trigliserida. Kolesterol ini dapat menyimpan energi berlebih dari makanan yang masuk ke tubuh.

Tips Mengontrol LDL

Kolesterol merupakan produksi tubuh, karena itu keberadaannya tentu saja diperlukan oleh tubuh. Diantaranya untuk membantu mencerna makanan, memproduksi vitamin D, dan juga memproduksi hormon pria atau wanita.

Akan tetapi ada batasan normal dari jumlah kolesterol yang bisa ditoleransi tubuh.

Ukuran LDL yang normal dalam tubuh sebaiknya dipertahankan berada di bawah 100 mg/dl.

Jika punya riwayat penyakit jantung atau mempunyai faktor risiko turunan, maka kadar LDL usahakan tidak lebih dari 70 mg/dl. Wajib waspada dan harus melakukan ikhtiar kesehatan segera jika LDL lebih dari 130 mg/dl.

Secara umum, tingkat kolesterol total yang dianggap dalam batas wajar dalam tubuh sebaiknya kurang dari 200 mg/dl. Artinya, kadar LDL maupun HDL sebaiknya tidak melebihi angka tersebut.

Untuk jumlah HDL (kolesterol baik) dianjurkan dikisaran 50 mg/dl atau lebih.

Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Abai karena tak ada gejala

Tinggi atau normalnya kadar kolesterol dalam darah tidak memunculkan gejala apapun. Hanya bisa diketahui melalui tes darah. Hal ini yang menyebabkan seseorang suka terkecoh, tahu-tahu tingkat kolesterol baru diketahui setelah menimbulkan penyakit.

Pakar kesehatan jantung merekomendasikan orang dewasa untuk memeriksakan kadar kolesterol tubuh mulai usia 20 tahun. Dapat dilakukan setiap 4 – 6 tahun sekali. Hal ini karena kolesterol dalam tubuh juga meningkat seiring pertambahan usia.

Laki-laki memiliki risiko kolesterol lebih tinggi dibandingkan wanita. Pada wanita terbantu karena adanya pengaruh hormon estrogen yang cenderung memiliki HDL tinggi. Akan tetapi jika sudah memasuiki usia menopause HDL dalam tubuh wanita juga perlahan dikalahkan oleh LDL jika tidak dijaga.

  • Turunan

Jika orang tua memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka anaknya kemungkinan juga berisiko tinggi menderita kolesterol tinggi juga. Penting untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga.

Cara Menjaga Kolesterol Tetap Dalam Batas Aman

Jangan dikira penyakit yang berhubungan dengan pembuluh dan aliran darah hanya menyerang mereka yang bertubuh subur.

Kenalan saya bertubuh kurus, malah mendekati ceking juga sempat terkena stroke ringan dan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Kalau kenalan yang memiliki kelebihan berat badan, memang banyak yang didiagnosa menunjukkan gejala diabetes tipe2, sirkulasi darah yang buruk, serta gejala penyakit kardiovaskuler (gangguan jantung dan pembuluh darah) lainnya.

Dari gambaran berat badan tersebut, dapat ditarik benang merah bahwa kolesterol tinggi lebih banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup, pola makan, dan kurangnya aktivitas fisik. Untuk menstabilkannya tinggal memperbaiki hal tersebut.

Berikut ini beberapa kiat agar ukuran ldl dalam tubuh tetap normal:

  1. Hindari Makanan Kolesterol Tinggi & Konsumsi Makanan Ramah Jantung

Demi kesehatan tubuh mulailah mengurangi makan daging merah, gorengan, serta produk olahan yang diawetkan. Lebih perbanyak makanan sehat yang ramah jantung dan tinggi magnesium seperti pisang, alpukat, sayuran hijau, biji-bijian, ikan, dan gandum.

Untuk yang usianya 51+ bisa mengonsumsi susu Anlene Gold Plus. Susu tinggi kalsium, kolagen, pretein, tinggi serat, sumber kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah, serta tanpa penambahan gula dan tentu saja dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam pengawasan dokter.

tips mengontrol kolesterol aman

  1. Olahraga Teratur & Pertahankan Berat Badan Ideal

Makan tidak sehat dan malas bergerak membuat lemak ditimbun dalam tubuh dan kolesterol jahat pun tinggi.

Aktivitas fisik dengan olahraga rutin dan teratur sangat membantu memperlancar peredaran darah, sehingga kegiatan ini juga bisa menjaga kolesterol tetap normal.

Salah satu olahraga yang dapat menurunkan LDL adalah aerobik. Cukup lakukan 3-4 kali seminggu dengan intensitas sedang selama 40 menit.

Olahraga lain yang juga dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah jalan kaki, lari, bersepeda, berenang, dan yoga.

  1. Kurangi Kebiasaan Buruk

Sudah tertera jelas pada bungkus rokok bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan jantung, akan tetapi kebiasaan ini susah dihentikan oleh sebagian orang.

Padahal merokok membuat kadar LDL dalam darah jadi tinggi. Efeknya risiko terkena penyakit jantung juga meningkat. Mulailah kurangi kebiasaan merokok agar dapat menaikkan kolesterol baik dalam darah.

Kebiasaan kurang baik yang juga harus diubah adalah begadang dan stres.

Begadang biasanya identik dengan cemilan tak terkontol. Siangnya badan lemas dan malas bergerak. Karena kurang tidur, stres juga meningkat. Padahal stres juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, menurunkan kolesterol baik (HDL). Rugi banyak jika memforsir tubuh.

Mari sayangi badan dengan cukup tidur serta pintar mengelola stres.

Kesimpulan

Kolesterol dalam batas tertentu diperlukan tubuh.
Menjaga kolesterol LDL tetap ada dalam batas normal dapat dilakukan dengan gaya hidup sehat.

34 comments

  1. Nah aku pun semakin mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan kolesterol meningkat mba. Menurutku lebih baik dihindari deh daripada kena

    Suka

  2. aduh sepertinya aku harus ikutan tips dari mba lah. Jika dimasukkan kategori lebih kayanya aku masuk soalnya. Apalagi sudah gendut meski ga ada ngerasain aatau keluhan apa apa. Harus sering olahraga teratur dan hilangkan kebiasaan buruk

    Suka

  3. Pekerjaan rumah saya nih , selalu mantau LDL agar ga kena darah tinggi dan berakhir stroke
    Saya takut banget stroke dan nyusahin banyak orang

    Suka

  4. Alhamdulillah selalu menyempatkan untuk jalan kaki, karena memang banyak manfaatnya selain hemat wkwkwk bisa juga pengaruh bagus agar tubuh tetap bergerak sehingga nggak kolesterol juga

    Suka

  5. Salah satu cara menjaga LDL agar tetap normal adalah salah satunya melalui konsumsi makanan yang sehat, olahraga teratur dan mengurangi bergadang

    Suka

  6. Kolesterol itu seperti dua sisi mata uang. Dia bisa jadi teman, juga bisa jadi musuh. Yg pasti, kolesterol tidak bisa dihilangkan dari tubuh sebab mempunyai banyak fungsi dalam tubuh kita. Saya jdi ingat kemarin baru nulis soal aneka jus sehat untuk menurunkan kolesterol jahat.

    Suka

  7. Di usiaku sekarang ini emang udah harus waspada untuk menjaga makanan dan mulai menjalankan pola hidup sehat nih mbaaak, olahraga sedikit2 melawan hasrat untuk rebahan terus hehehe. Serem banget soalnya sama kolesterol jahat nih

    Suka

  8. Bener banget mbak, LDL harus bener-bener dijaga nih. Tapi ya tergantung individunya lagi deh dengan habits yg udah tertanam seperti suka makan² makanan yg tinggi lemak, males olahraga. Oya, udah gitu asupan yg bernutrisi seperti susu malah kurang apalagi usia udah mencapai melebihi 40’an. Wah…

    Suka

  9. Baru ngeh dengan LDL dan HDL. Selama ini tahunya kolesterol doang. Oh iya ya saya sudah hampir 2 tahun belum periksa kesehatan lagi. Biasanya dari kantor ada kesempatan melakukan tes kesehatan mengecek seluruh kondisi badan.

    Suka

  10. PR banget buat aku nih mba menurunkan berat badan dan memperbaiki gaya hidup. Makin berumur biasanya kondisi badan membutuhkan perhatian khusus ya. Jangan sampai sakit juga. Pola makan juga pengaruh banget nih. Thans ya mba sudah mengingatkan.

    Suka

  11. ah ini soal kolesterol jahat masih pe’er banget niih.. pengennya ya sejak usia segini udah mulai lebih ketat jaga pola makan biar gak susah di hari tua

    Suka

  12. LDL ini bahaya sekali kalau di abaikan yaa..
    Dan gak bisa selesai hanya dengan minum obat.
    Kan sering banget tuh…orang tua suka bilang “Gak apa-apa, makan aja…abis makan langsung minum obat.”

    Heuheuu~

    Suka

  13. semenjak pandemi ini, pola makanku ugal2an mbaa
    duluuuu, aku makan bebek tuh sebulan sekali.

    eh, gegara di rumah aja, bisa banget tuh, aku makan bebek seminggu 2 kali, hadehhhh

    akibatnya ya bisa ditebak. cenut2 di segala penjuru bodi.
    mau tobaatttt ahhhh

    Suka

  14. betul nih mba, kolesterol ini banyak yang masih abai krn jarang melakukan pemeriksaan rutin yaaaa dan memang harus jaga pola makan dan mulai pola hidup yang lebih sehat

    Suka

  15. Satu lagi yang perlu ditambahkan adalah rutin melakukan general check up sekali dalam setahun. Saya biasanya melakukan ini setiap ulang tahun agar selalu ingat akan waktu. Apalagi di usia seperti saya yang sudah melewati 50 tahun, rutin mengontrol kondisi tubuh itu penting banget.

    Lifestyle juga berpengaruh dalam kesehatan tubuh. Memang sulit sih ya dalam prakteknya karena banyaknya junk food. Tapi setidaknya tidak dikonsumsi dalam ukuran berlebihan.

    Suka

  16. PR banget ini buat jaga tubuh tetap sehat. Yang punya kebiasaan merokok harus hati-hati makasih mba udah diingatkan. Perlu disebar informasinya nih biar semua tetap jaga pola hidup sehat

    Suka

  17. Thank you artikelnya mbak, ini pengingat biar gak mager utk olahraga haha
    Soalnya selama pandemi ini BBKu juga naik huhu, makanan adalah hiburan 😛 Baiklah aku akan sempatkan gerak walau senam simple dari YT aja hihihi

    Suka

  18. Iya ya jadi sering terkecoh karena harus ditest nih… jadi intinya jangan terlalu banyak alias jangan berlebiha aja secukupya karena memang dibutuhkan tubuh ya ..

    Suka

  19. dulu saya beranggapan jaga diri dari kolesterol itu jika sudah tua, tpi ternyata harus sedini mungkin ya Dan terima kasih mbak atas tipnya

    Suka

  20. Nah ini dia, kolesterol ternyata terbawa dalam darah dan menurun secara genetik, karena mama mertuaku kolesterol, menurun ke anaknya. Jadi kolesterol normalnya sudah di ambang tinggi, hiks, jadi harus bisa ngerem makanan yg kolesterol tinggi.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.