4 Cara Menyembuhkan Flu Secara Mudah & Alami tanpa Obat


Cara menyembuhkan flu yang masih berupa gejala sangatlah mudah diatasi secara alami dan mandiri di rumah, tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Baik itu flu yang dialami orang dewasa ataupun anak-anak. Hanya dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Flu bisa menyerang kapan saja ketika imun tubuh sedang rendah. Apalagi jika sudah masuk musim pancaroba yang cuacanya tidak menentu.

Terkadang pagi menjelang siang cuaca begitu terik, tetapi tiba-tiba turun hujan lebat pada sore harinya. Badan yang kurang siap menerima perubahan musim itu pun terkena flu.

cara menyembuhkan flu ringan

Apa Itu Flu dan Bagaimana Penularannya

Flu bukan hanya sekedar hidung tersumbat, tapi merupakan gangguan pernapasan atas yang disebabkan oleh infeksi virus influenza dengan gejala awal bersin-bersin, hidung berair, tenggorokan ga enak, kepala pusing, tubuh lemas, dan otot nyeri.

Jika gejala flu tidak cepat mendapat pertolongan, infeksi ini bisa memicu demam, menggigil, dan batuk. Pada anak-anak bisa juga menyebabkan diare, mual, dan muntah.

Karena flu penyakit yang menyerang saluraan pernapasan, maka kita dapat tertular melalui udara yang terkontaminasi virus atau melalui kontak fisik dengan percikan lendir hidung penderita melalui bersin.

4 Cara Mudah Mengatasi Gejala Flu

Saya kalau sudah mulai bersin-bersin ga jelas, alarm tubuh langsung waspada. Sebab kalau sampai terserang flu, saya membutuhkan waktu pemulihan yang lumayan.

Flu tidak dapat disembuhkan dengan obat, melainkan dengan beristirahat dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh serta meningkatkan imun (daya tahan tubuh) untuk melawan infeksi virus flu tersebut.

Obat flu yang beredar hanya membantu meredakan rasa sakit atau nyeri dari gejala yang dirasakan tubuh akibat reaksi terhadap infeksi virus tersebut.

Oleh sebab itu, jika tubuh sudah menunjukkan tanda terinfeksi virus, maka sebaiknya segera mengatasi gejala flu yang muncul agar tidak berkembang. Apalagi di masa pandemi, harus secepatnya mengambil tindakan pencegahan, usahakan agar gejala flu dapat membaik dalam sehari.

Tubuh menunjukkan gejala terserang flu juga sebagai pertanda bahwa sudah waktunya memberikan perhatian lebih pada tubuh. Sebelum melakukannya pasti tangan terbebas dari percikan bersin dengan mencucinya dengan sabun 🙂 .

Treatment untuk mengenyahkan flu sesegera mungkin:

  1. Bersihkan Mulut dan Hidung

Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam berfungsi membersihkan mulut.

Natrium klorida dalam garam bersifat menyerap cairan dalam jaringan seperti yang terdapat dalam rongga mulut. Kelembaban rongga mulut membaik, bakteri jahat tidak dapat berkembang.

Selain itu larutan natrium klorida (air garam) juga membantu mencairkan lendir dalam hidung.

Berkumur air garam ini juga dapat membantu menenangkan, membantu menghilangkan iritasi, dan membersihkan tenggorokan.

Cara lain membersihkan rongga hidung dapat juga dengan menggunakan seduhan air sirih hangat, melakukannya seperti membersihkan rongga hidung ketika berwudhu.

Membersihkan rongga mulut dan hidung ini bisa juga dengan melakukan terapi uap di rumah. Caranya dengan merebus air, kemudian ditempatkan dalam wadah, bisa dicampur dengan tetesan minyak kayu putih atau minyak lain yang disukai.

Kemudian tundukkan wajah di atas uap itu sambil mengambil napas dalam melalui hidung dan melepaskannya melalui rongga mulut. Lakukan selama 20 menit.

Saya biasanya melakukan terapi uap ini sebelum tidur malam.

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Gejala awal flu membuat badan lemas, males ngapa-ngapain. Tapi kondisi seperti itu jangan diperturutkan. Sebelum rebahan pastikan tubuh mendapatkan cukup asupan gizi dan cairan.

Minum air putih hangat saat terkena flu merupakan keharusan. Air hangat ini membantu menjaga mulut, tenggorokan, dan hidung tetap lembab. Hingga membuat lendiri dan dahak encer.

Alternatif minuman hangat saat terkena flu bisa juga berupa teh hijau, campuran madu dan lemon serta minuman wedang jahe.

Sedangkan makanan terbaik saat terkena flu adalah sup yang kaya akan protein. Bisa sup ayam, sup daging, atau sup kesukaan lain yang membuat badan berkeringat setelah menyantapnya. Keringat membuat racun dalam tubuh ikut keluar, daya tahan tubuh pun perlahan meningkat untuk melawan virus.

  1. Terapi Aroma

Selain lewat makan dan minuman, mempercepat menyembuhkan flu juga dengan cara memberikan stimulan pada kulit dengan mengoleskan minyak esensial, khusus pada area bawah hidung, dada, leher, dan punggung.

Minyak esensial atau minyak asiri atau minyak aromatik merupakan minyak nabati yang didapat dari penyulingan. Minyak esensial ini dapat memperlambat perkembangbiakan si virus.

Minyak esensial yang sering digunakan saat terkena flu bisa esen kayu putih, kayu manis, minyak lemon, atau peppermint.

Minyak esensial ini bisa juga disebarkan di ruangan tempat istirahat dengan bantuan diffuser.

Bagi yang punya penyakit asma, terapi aroma ketika sedang flu ini hindari menggunakan minyak esensial yang dapat memicu alergi.

  1. Istirahat (Tidur)

Istirahat merupakan anjuran utama untuk mengobati flu. Sedangkan istirahat terbaik adalah tidur. Tidur juga salah satu cara terbaik mengembalikan daya tahan tubuh. Klop.

Masalahnya, tidak mudah bagi tubuh untuk tidur dengan nyenyak dalam kondisi badan kurang sehat atau saat terkena gejala flu. Apalagi kalau terjadi pada anak-anak yang membuat badannya demam, bakal rewel sebelum tidur deh.

Setelah makan dan minum bergizi, selain di ruangan yang mempunyai sirkulasi udara baik, agar dapat beristirahat dengan nyaman, tubuh terlebih dulu juga harus dibersihkan.

Membersihkan tubuh sebelum istirahat itu dapat dengan mengelap badan dengan air hangat. Jika memungkin, bisa mandi air hangat dan sebaiknya menggunakan sabun yang sesuai, misalnya dari produk Lifebuoy.

Kesimpulan

Flu bisa menyerang jika kondisi imun turun. Cara menyembuhkannya dengan mengembalikan daya tahan tubuh  melalui istirahat sembari terapi aroma, makan dan minum sehat, serta berolahraga ringan.

Jadikan kegiatan mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan menyentuh wajah menjadi sebuah kebiasaan, untuk meminimalkan virus dan bakteri memasuki tubuh.

26 comments

  1. Tambahan kalau dari saya kumur kumur pake air garem sama mandi air hangat yang isi essential oil mba.

    Semoga kita selalu dalam keadaan sehat ya

    Suka

  2. Naah, aku kalo tanda2 flu mulai menyerang atau udah ga bersahabat nih badan, suka langsung tiduur pleek dan minum vitamin. Besoknya suegeer, ga pernah sampe berlama lama , alhamdulillaah

    Suka

  3. Aku kalau flu yang udh bikin hidung mampet paling gimana gitu. Apalagi kalau anak-anak, jadi rewel. Solusinya kalau gak tidur sama kasih minyak kayu putih diborehin ke leher hidung dan dada

    Suka

  4. yang saya heran ya mbak, flu sama batuk kalau di saya itu satu paket, kalau flu pasti batuk, begitu pula sebaliknya 😦

    Suka

  5. Terimakasih tipsnya mbak. Emang flu itu gak enak banget…rasanya badan sakit semua…butuh minum yang hangat dan istirahat cukup…karena flu ini emang melanda siapa saja yang imunnya lagi turun.

    Suka

  6. Sama banget nih mba dengan apa yang kulakukan kalau sedang ngedrop dan flu berat. Banyak minum air putih, konsumsi buah yang banyak dan tidur. Secara alamiah akan kembali membaik ya seiring dengan pertahanan tubuh yang kembali normal.

    Suka

  7. Betul banget nih, flu itu obat mujarabnya ya istirahat bed rest deh. Plus kalo ak sama bikin aroma therapy gitu pake oil gitu biar enak dihirup di kamar

    Suka

  8. Nah apalagi di masa pandemi begini ya, kita harus hati-hati dengan flu karena menyerang daya tahan tubuh. Sebisa mungkin flu jauh-jauh deh.

    Suka

  9. beberapa minggu lalu aku juga alami gejala flu hidung meler banget mba udah deg2an aja tapi pagi2nya aku minum vitamin terus dibawa workout alhamdulilah ga jadi tp emang tidur itu ampuh yah

    Suka

  10. Tidur yg berkualitas, selama ini memang terbukti jadi penyebab cepatnya kalau saya kena flu cepat sembuh. Mungkin karena sering begadang juga kali ya. Saat bisa tidur full, jadi kondisi badan makin lebih baik

    Suka

  11. Iya sih sebetulnya kalau belum terlalu parah sakit flu ga perlu obat ya… aku pakai perasan jeruk plus madu n air hangat aja sudah bikin flu mabur tuh… tapi kalau sudah agak parah memang kadang harus pake obat karena bikin pusing n uring2 an..hehe..

    Suka

  12. Aku pernah baca, virus itu ga bisa disembuhkan dgn obat. jadi kalo makan antibiotik sebenernya krg pas karna itu lebih cocok utk bakteri. intinya kl kena flu, perbanyak makan sehat, istirahat cukup, dan plis jangan keluar2 dulu

    Suka

  13. Bener nih Mbak, kalau mau terhindari dari penyakit trmasuk flu emang kita harus menjaga daya tahan tubuh. Jangan sampai drop gitu ..

    Suka

  14. Alhamdulillah saya jarang banget flu mungkin karena terbiasa terapi isap air wudhu setiap ambil air wudhu. Tapi penyakit lain rajin bertamu hihihi, seperti maag dan reumatik. Eh, kok malah curhat sih

    Suka

  15. Larutan NaCl juga bisa buat hidung Mbak…. 🙂 pakai nassal spray kami biasanya di rumah. Thanks tips2 lainnya ya Mbaaa

    Suka

  16. terapi aroma cukup ngefek di aku si mbak, pakai humidifier dan EO. nah kalau aku tak tambahin ada obat semprot hidung yang lumayan mengurangi batuk pileknya anakku..

    Suka

  17. Alhamdulillah nemu cara tepat menyembuhkan flu, ternyata konsumsi minuman hangat itu penting banget ya mba. Aku selama ini selalu minumnya es ehhehe …

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.