Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tahan Infeksi Virus


Cara meningkatkan kekebalan tubuh di rumah

Cara meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh saat ini harus menjadi konsen setiap individu, apalagi bagi saya yang mempunyai tubuh agak ringkih. Tujuannya, agar tubuh bisa tahan dari infeksi virus dan tidak mudah jatuh sakit. Apakah dengan mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh, bisa terbebas dari paparan virus covid 19 yang sedang mewabah saat ini? Tidak juga.

Sebab, yang bisa melawan virus hanyalah vaksin. Vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh membuat tubuh bisa mengenali awal virus yang masuk ke dalam tubuh, dan membuat antibodi segera bekerja untuk membuat tameng pertahanan hingga memusnahkan si virus. Sayangnya, hingga saat ini vaksin untuk covid 19 belum ditemukan. Hiks.

Yang bisa dilakukan, berusaha meningkatkan sistem imun tubuh agar antibodi tubuh bereaksi saat diperlukan. Memberikan perlindungan terhadap serangan virus, bakteri, ataupun parasit. Sehingga kuman-kuman itu mati sebelum sempat berkembang biak di dalam tubuh.

Kekebalan tubuh itu bisa didapatkan dan dipertahankan dengan cara yang mudah. Cukup konsisten memperbaiki kebiasaan hidup sehari-hari dan mengatur pola makan.

Hanya saja, terkadang sebagai manusia kita ga sabar, mudah bosan dan jenuh. Maunya serba instan.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Yang Dapat Dilakukan di rumah

Dulu, kurang istirahat sedikit, badan saya berasa ga enak dan suhu tubuh naik. Kalau masuk musim pancaroba, perubahan cuaca dari hujan ke panas atau sebaliknya, saya selalu terserang pilek. Kalau badan kecapean, orang lain justru bisa tidur nyenyak, saya sebaliknya. Badan saya harus dipijat atau totok bekam dulu hingga rileks, baru bisa tidur.

Akibatnya, kondisi daya tahan tubuh semakin menurun. Suara saya pernah bindeng hampir sepanjang tahun, padahal tidak sedang batuk pilek.

Ketika berkonsultasi ke dokter atas keluhan yang saya alami, dokter menjelaskan bahwa umumnya suara sengau atau bindeng itu terjadi kalau ada hambatan aliran udara pada rongga sinus ataupun hidung. Sedangkan sinus saya berada dalam keadaan baik.

Dokter tidak meresepkan saya obat, hanya memberikan vitamin dan menyarankan agar saya meningkatkan imun tubuh.

Semua yang dialami tubuh tidak terlepas dari kebiasaan di rumah, mulai dari bangun tidur di pagi hari, hingga istirahat dengan tidur lagi pada malam hari.

1. Atur Pola Hidup

Pola hidup yang dijalani sehari-hari sangat mempengaruhi kondisi fisik dan juga psikis. Untuk itu, perlu menatanya agar tubuh tetap fit sepanjang waktu.

  • Cukup Tidur dan Istirahat

Kurang tidur dan istirahat bisa membuat seseorang menjadi agak temperamental, ga sabaran dalam menjalani hari dan menghadapi orang lain. Emosian seharian seperti itu akan menggerus kekebalan tubuh.

[Baca juga: Cara Menjaga Mood]

Tidur dan istirahat cukup merupakan cara paling mudah dalam menjaga kekebalan tubuh. Tubuh setidaknya perlu tidur dan istirahat rata-rata 8 jam sehari.

Tetapi, jumlah jam tidur itu tidak kaku, fleksibel, dipengaruhi oleh kualitas tidur itu sendiri. Juga tergantung pada ritme tubuh.

Kalau saya, setelah tertidur selama 5 jam pada malam hari, biasanya akan terjaga. Jika tidurnya nyanyak, tidur segitu sudah lebih dari cukup untuk membuat badan bugar. Siangnya, tinggal disempatkan juga tidur sekitar 20-30 menit. Itu sudah lebih dari cukup.

Tapi, dulu saya bandel, suka begadang, dan tidak mengganti jam tidur yang hilang itu. Efeknya baru terasa setelah sekian lama, kekebalan tubuh semakin menurun menghadapi perubahan ritme hidup.

[Simak juga tulisan: Cara Mengatasi Gejala Flu].

  • Kelola Stress dan Banyaklah Tersenyum

Jangan membiarkan tubuh terlalu sering memproduksi hormon kortisol atau hormon stress. Hormon ini perlahan tapi pasti juga akan membuat kekebalan tubuh menurun. Hindari atau menjauh dari lingkungan yang memberikan negative vibes, baik di dunia nyata ataupun informasi yang bersilewaran di media sosial.

Lebih baik tekuni hobi yang bisa membuat tersenyum saat melakukannya, misalnya belajar memotret, menjarum, memasak, menghiasi halaman dengan tanaman kesukaaan (berkebun).

Tersenyum merupakan cara paling mudah untuk mengeluarkan hormon endorfin, yaitu hormon yang memicu perasaan bahagia.

Menghindari stress dan sering tersenyum tidak hanya membuat kekebalan tubuh stabil, tapi juga akan membuat wajah tampak berseri dan awet muda.

  • Olahraga Secara Rutin

Kegiatan olahraga bagi sebagian orang juga termasuk hobi. Saya termasuk yang suka jalan pagi atau bersepeda santai di lingkungan tempat tinggal. Ada saja hal-hal yang bisa diperhatikan dan bisa membuat tersenyum serta syukur menyelinap diam-diam di relung hati. Makanya, saat olahraga itu tubuh juga memproduksi hormon endorfin yang membuat rasa bahagia.

Olahraga keseimbangan di teras terbuka
Olahraga keseimbangan tubuh ini, saya biasanya untuk cek kestabilan emosi. Kalau sedang ‘marah’, angkat satu kaki dengan mata terpejam, tubuh langsung oleng.

Olahraga juga dapat memicu kinerja antibodi serta sel darah putih. Seperti yang diketahui, sela darah putih merupakan sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit yang memasuki tubuh.

Olahraga juga membuat detak jantung dan pernapasan bekerja dengan baik. Saat berolahraga ini, virus keluar dari paru-paru dan saluran pernapasan. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari flu.

Makanya, orang-orang juga sering mengatakan bahwa olahraga fungsinya selain untuk menjaga massa otot, juga untuk membersihkan paru-paru.

Selama masa pandemi dan di rumah aja, olahraga ringan secara teratur tetap bisa rutin dilakukan. Bahkan pada bulan suci Ramadhan sekalipun. Bisa dilakukan 20-30 menit sebelum sahur atau menjelang berbuka puasa.

2. Atur Pola Makan

Sering terdengar kalimat yang mengatakan bahwa rata-rata penyakit itu berasal dari lambung. Itu artinya, pemicu penyakit itu berasal dari makanan yang dikonsumsi. Saya juga merasakan perubahan besar pada tubuh setelah menjaga pola makan. Memakan apa yang diperlukan tubuh, bukan hanya sekedar yang ingin dicecap lidah.

  • Konsumsi makanan beragam dengan gizi seimbang

Selera saya termasuk yang kalau menyukai satu jenis makanan bisa menikmati makanan tersebut secara terus menerus hingga bosan.

Padahal, menurut pakar kesehatan yang pernah saya baca, kebutuhan gizi dalam seporsi piring makanan itu sebaiknya terdapat 6 jenis bahan yang berbeda yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral.

Kebutuhan tersebut juga disesuaikan dengan aktivitas fisik dan usia. Anak dalam usia pertumbuhan akan berbeda asupan makanan yang diperlukan tubuhnya jika dibandingkan lansia.

  • Konsumsi makanan penunjang sistem imum

Bahan makanan mentah ternyata banyak yang fungsinya untuk meningkatkan kekebalan atau sistem imun tubuh. Misalnya, yang waktu awal wabah corona merebak, banyak yang saling mengingatkan dengan berbagi informasi bahwa seduhan rimpang-rimpangan dalam minuman wedang, air perasan jeruk lemon, teh telang jeruk nipis, brokoli, bayam, bawang putih, hingga buah nanas sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

  • Konsumsi suplemen tambahan jika perlu

Semenjak menerapkan pola hidup sehat dan mengatur pola makan, tubuh saya sudah mulai berkurang merasa ‘tidak sehatnya’. Kalau biasanya dalam sebulan ada aja rasa meriang, sekarang sudah jarang. Tentunya dibantu juga dengan memperhatikan dan merespon alarm yang diberikan tubuh dengan tanggap.

Jika pekerjaan agak banyak atau akan melakukan perjalanan, saya biasanya juga mengkonsumsi suplemen herbal seperti produk-produk Sido Muncul yang sesuai kebutuhan.

Sari Temulawak Sido Muncul kapsul

Salah satunya Sari Temulawak, suplemen herbal produksi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk ini terbuat dari ekstrak temulawak dalam kapsul yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati (liver), sebagai antioksidan, dan pendamping pengobatan pada penderita hepatitis.

Senangnya, selama bulan suci Ramadhan ini sedang ada promo paket Rahmat (Ramadhan Hemat). Biasanya satu botol Sari temulawak isi 30 kapsul transparan (berat 61 gr dibandrol dengan harga Rp. 68.000,- maka Paket Rahmat 2 (terdiri dari 2 botol Sari Temulawak) hanya bayar Rp. 116.000,- Lumayan, hemat hampir 15%.

Temans YSalma yang juga sedang mempertahankan kestabilan sistem imun tubuh, produk Sari Temulawak dari Sido Muncul ini bisa banget dijadikan pilihan. Bisa dibeli langsung di di https://www.sidomunculstore.com/. Mumpung masih ada promo paket Rahmat 1,2, dan 3, lho ❤ .

Ternyata, agar tubuh tetap sehat semua kebutuhan penunjangnya sudah tersedia. Tinggal mau atau tidak melakukannya.

Kesimpulan

Cara meningkatkan kekebalan tubuh bisa dilakukan setiap hari di rumah secara sederhana, yaitu dengan mengatur pola hidup, pola makan dan selalu berpikir positif. Jika dirasa perlu, minum suplemen tambahan yang sesuai.

Tetap sehat, jaga jarak, dan kebersihan ya.

50 comments

  1. Sido muncul memang sudah merk unggulan perihal jamu dan rempah-rempah sehat. Aku yg agak susah olahraga ini, sama kurang minum. Baca ini jadi punya motivasi untuk hidup sehat. Semangat. 😁

    Suka

  2. olahraga secara rutin itu emang wajib dan suatu keharusan sih yaa biar badan juga tetep fit, terlebih kondisi saat ini juga mengharuskan kita untuk tetep sehat

    Suka

  3. Berpikir positif insyaallah berdampak baik banget ke tubuh kita yaa Mbak Salma.. jadinya lebih tenang dan adem pikiran dan hatinya. Oya perlu juga itu multivitamin rekomendasinya Mbak, nice share

    Suka

  4. sama nih, mbak, saya juga biasanya workout ringan di rumah hampir setiap hari. cuma, pas ramadhan ini abseen mulu karena riweh sama anak-anak dan masak2 buat buka hahaa

    Suka

  5. Setuju banget denga tipsnya, Mbak. Di masa pandemi ini kita memang harus pintar-pintar jaga kesehatan. Saya sekeluarga juga jadi rajin minum temulawak, tapi bikin sendiri. Baru tahu kalau ada yang lebih simple dari Sidomuncul.

    Suka

  6. Wah saya jadi tersentil ni, selama bulan puasa ini jadi males gerak apalagi olah raga dan makan sehat, jadinya imunitas berkurang deh, makasi tipsnya ya mba 🙂

    Suka

  7. saya ngehnya sari temulawak itu rangsang nafsu makan. rupanya banyak manfaat lain untuk kesehatan kita ya. yap juga jangan malas olahraga ringan meski di rumah ajah

    Suka

  8. Wah ada kapsulnya ya
    Saya sih sering beli sidomuncul temulawak yang diseduh, enak ngga pahit
    Dan banyak khasiatnya 👍👍

    Suka

  9. selain olah raga dan banyak konsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mengelola stress penting banget di masa pandemi gini

    Suka

  10. Wah, olahraga keseimbangan tubuhnya bisa dipraktekin ini. Hihihi. Saya malah baru tahu itu untuk ngetes kestabilan emosi. Di Bali dulu banyak banget teman-teman saya yang praktekin. Sekarang praktis ya, sari temulawaknya udah ada yang jadi. Sehat ini.

    Suka

  11. Tips pola hidup dan pola makannya bagus banget. nanti aku praktekin di rumah. kadang suka lupa dan kembali dg kebiasaan awal.
    Suplemennya buatan alami ya. kaya herbal gitu. mantap nih kalau udah minum sari temulawak ya.

    Suka

  12. Wah baru tahu sidomuncul keluarin produk ini mba dengan harga terjangkau lagi yah jadi mudah deh buatbbantu jaga asupan tubuhbselama di rumah aja

    Suka

  13. Bener banget mba. Aku mulai perbaiki pola tidur saat kondisi gini mba. Jadi lebih mudah tidur cepat dan jadi lebih fresh juga

    Suka

  14. Duh, aku nih, olahraga masih minim. Jadinya badan sering riged gitu. Kudu mulai membiasakan ya. Biar badan selalu fit. Supaya gak gampang sakit. Apalagi di masa pandemic kayak sekarang ini.

    Suka

  15. Hari gini perlu banget menjaga kekebalan tubuh ya..Jika lagi drop cara meningkatkan kekebalan tubuh bisa dengan mengatur pola hidup, pola makan dan selalu berpikir positif. Dan minum suplemen Sari Temulawak dari Sido Muncul ini

    Suka

  16. Susah banget ternyata Mbak ngumpulin niat buat olahraga kalau di rumah aja. Kayaknya saya sudah terlalu terbiasa olahraga di luar ruangan, deh. Hahaha

    Suka

  17. aku ngaku dosa deh, ramadhan dan selama wfh ini asli entah apa yang merasukiku kok rasanya mager banget mau olahraga, alhasil kan lemak jadi berkerumun betah di perut, padahal masih lagi musim physical distancing yaa kaan, mau work out lagi mba abis baca artikelmu

    Suka

  18. Horee dapet banyak tips untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari mba Salma
    aku masih kurang olahraganya dan berjemur, makan sehat juga masih kurang
    nah vitamin ini, aku kadang lemes gitu mba. Make ini bagus pasti ya, pengen coba

    Suka

  19. Setuju kak, meskipun di rumah saja kita harus tetap melakukan aktifitas atau olah raga, agar stamina tetap terjaga. di tambah mengkonsumsi fitamin. Salam sehat

    Suka

  20. Yess ini penting banget buat sekarang ini.. olahraga, istirahat cukup, no stress no negative think ya… semangat hidup sehat kak..

    Suka

  21. Saat remaja hingga usia 22an saya gak paham soal daya tahan tubuh. Akhirnya tubuh sering lemas dan mudah lelah gitu.. capek sedikit mudah sakit. Setelah menikah, saya lebih banyak istirahat. Nggak tau deh misal nanti ada kesibukan, apakah kekebalan tubuh saya bisa lebih baik dari sebelumnya.
    Pengen tetap fit walau sibuk, dan kayaknya artikel ini bisa jadi bekal untuk saya. Trimakasih kak..

    Suka

  22. Peringatan buat saya nih, abisnya paling malas berolah raga, padahal badan justru lemas kalau kurang bergerak. Apalagi di masa pandemi ini, masa saat waktu banyak terbuang dengan hanya rebahan di rumah. Seharusnya juga olah raga digiatkan agar tubuh sehat dan imun menjadi kuat.

    Suka

  23. Nah bikin pola hidup sehat ini bener-bener tugasnya para emak karena yang egang kusa atas dapur dan keuangan :D. tetep berpikir positif.. Jangan lupa minu jamu 😀

    Suka

  24. Sejak pandemi, banyak orang yg kembali pada pola hidup sehat. Saya pun begitu. Berusaha menerapkannya bersama keluarga di rumah.

    Suka

  25. waktu awal-awal di rumah aja suhu tubuhku juga kayanya agak tinggi terus mungkin karena khawatir juga ya belum lagi susah tidur. Makanya cari cara buat mengatasinya supaya daya tahan tubuh gak drop. Setelah Ramadan ini Alhamdulillah bisa lebih panjang tidur malamnya

    Suka

  26. Baru tau deh kalo temulawak juga mengandung antioksidan. Selama ini taunya cuma buat meningkatkan nafsu makan dan untuk kesehatan hati.

    Suka

  27. asik banget kalo kita bisa hidup dengan menjaga pola makan dan apalagi olahraga dengan tratur.. karena dengan begitu kita dapat hidup dengan baik dan sehat

    Suka

  28. Meningkatkan imun tubuh ternyata nggak sederhana ya. Banyak hal yang harus diperhatikan sehingga imunitas dapat meningkat dengan baik. Mulai dari psikologi hingga pola makan dan istirahat.

    Suka

  29. Wah suplemen herbal Sari Temulawak dari Sido Muncul ya. Saya kenal sekali dengan produk ini.

    Btw kalau totok bekam gitu, langsung enakan gitu ya Mba, rasa badannya? Saya belum pernah nyobain sih.

    Suka

  30. Mba makasih banyak untuk tips untuk meningkatkan imunnya. Aku udah lama gak olahraga nih ehehe. Kalau tidur sama istirahat insyaallah cukup. Dan masih belajar untuk mengelola stress dengan baik. Pola makan juga masih ancur-ancuran ku akui.

    Suka

  31. Di masa pandemi seperti sekarang memang penting ya menjaga imun tubuh biar nggak mudah drop, kalaubsaya sekarang coba rutin olahraga ringan di tumah

    Suka

  32. Iya betul kak untuk meningkatkan kekebalan tubuh harus bisa menjaga pola makan, istirahat dan olahraga rutin. Alhamdulillah saya sih sudah melakukan itu, walau kadang olahraga yg kelewatan.. Hahahah

    Suka

  33. Tipsnya keren banget ini terutama untuk masa sekarang memang penting banget meningkatkan kekebalan tubuh agar tahan terhadap virus atau perubahan cuaca. Dan temulawak memang bagus tuh untuk bantu tingkatkan daya tahan tubuh ya.

    Suka

  34. Harganya terjangkau bisa buat sehat pula. Aku baru tau kak kalau sidomuncul punya varian produk ini. Pasti terjamin kualitasnya

    Suka

  35. nah ini, selain konsumsi makanan yg kaya nutrisi juga perlu suplemen herbal agar tubuh tetap fit setiap saat seperti produknya sidomuncul. itu benera mb harganya kok murah meriah? hi

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.