Labu Kuning, Olahan Berkuah Tanpa Santan, Sedap Dimakan Hangat atau Dingin


Olahan labu kuning kuah wedang jahe

Olahan berkuah labu kuning (Pumpkin) ala kolak, tapi tanpa santan ternyata rasanya sedap juga. Mau dimakan dalam kondisi hangat atau dingin (disimpan dulu di dalam kulkas), sama nikmatnya.

Beberapa waktu lalu, di tukang sayur dekat rumah selalu ada labu kuning yang sudah dipotong dan ditaroh dalam plastik bening. Melihat warna oranye si labu, sebagai penggemar labu kuning saya sangat tergoda untuk menikmatinya.

Sebelum memutuskan membelinya, kepala saya sempat mikir, kalau labu kuning yang dalam bahasa Minang disebut β€œKundua” ini dibuat kolak, bakal saya saja yang akan memakannya. Kalau dikukus, sama aja, anggota keluarga lain kurang berminat.

Olahan Labu Kuning Berkuah ala Wedang Jahe

Akhirnya terpikirkan untuk mengolah labu kuning tanpa santan, tapi tetap berkuah. Kuah yang digunakan ala-ala wedang jahe, resep minuman herbal rumahan. Teman hidup saya pasti sangat menyukainya.

Perkiraan saya itu tepat sekali, saya sampai membuat olahan labu kuning ini beberapa hari berturut-turut, secara selesai dimasak, tanpa perlu menunggu waktu lama langsung ludes.

Resep Olahan Labu Kuning Tanpa Santan

Proses memasak labu kuning sehat

Bahan:

  • Labu kuning 1/3 bagian ukuran sedang.
  • Gula merah, 5 buah bongkahan kecil.
  • Jahe, 1 ruas, bersihkan, iris tipis.
  • Daun pandan, 2 helai, ikat simpul.
  • Kayu manis, 2 keping seukuran jari.
  • Air, secukupnya.
  • Garam, 1 sdt atau sesuai selera.

Cara Mengolah:

  • Bersihkan kulit dan biji dari labu kuning. Potong sesuai ukuran yang pantas. Cuci bersih. Sisihkan.
  • Didihkan air yang sudah diberi gula merah, jahe, daun pandan dan kayu manis.
  • Masukkan labu kuning yang sudah dipotong.
  • Setelah mendidih lagi dan labu kuning sudah empuk, tambahkan garam. Tes rasa dan koreksi apa yang kurang.
    Setelah dirasa cukup, matikan api kompor.

Cara menikmati labu kuning yang kuahnya bikin hangat badan:

Olahan labu kuning yang sudah matang ditaruh dipiring saji, nikmati saat kuah labu dalam kondisi hangat. Bisa dipotong kecil dengan sendok, kemudian disuap bersama kuahnya.

Kalau saya, lebih suka menghancurkan labu kuningnya hingga seperti bubur, kemudian baru diseruput. Nikmat :mrgreen: .

Aroma kayu manis dan kuahnya yang terasa aroma jahe bikin tenggorokan hangat. Tekstur labu kuning yang lembut dan kaya serat membuat perut terasa nyaman. Olahan ini sangat bisa dijadikan menu makanan sekaligus minuman hangat untuk mengatasi gejala flu ❀ .

Kalau mau menikmati dingin, setelah sama dengan suhu ruang, olahan labu kuning disimpan dulu di kulkas. Setelah dingin baru dinikmati. Rasanya segar dan tetap bikin tenggorokan adem saat menyeruput kuahnya. Bisa banget menjadi salah satu menu berbuka nanti di bulan Ramadhan 😳 .

Labu Kuning Kaya Nutrisi Bermanfaat

Labu kuning kaya akan serat, sehingga setelah mengkonsumsinya membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sangat cocok untuk yang sedang menjalankan diet, karena rendah kalori juga. Tentunya cara mengkonsumsinya dengan dikukus tanpa ditambah gula ya :mrgreen: .

Labu kuning berkuah ala wedang jahe

Warna labu kuning juga menunjukkan bahwa ia kaya akan beta karoten. Yanga mana beta karoten ini di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Itu artinya mengonsumsi labu kuning akan sangat baik untuk kesehatan mata, bisa mempertajam penglihatan. Bahkan dipercaya bisa membantu mencegah katarak.

Labu kuning juga kaya akan kalium, itu artinya makanan ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena zat ini bisa menurunkan tekanan darah. dan menunda pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Vitamin E dalam labu kuning juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terjaga kekenyalannya maka yang empunya akan tampak awet muda.

Mengonsumsi satu cangkir labu kuning bisa memenuhi seratus persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin A, dua puluh persen kebutuhan tubuh akan vitamin C, vitamin B2 dan kalium, sepuluh persen kebutuhan untuk tembaga dan mineral mangan, serta lima persen untuk vitamin B6, folat, thamin, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Labu kuning ternyata bahan pangan yang mengandung nutri lengkap ya, makanya si labu kuning menjadi salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai MPASI bubur bayi.

Kesimpulan:

  • Labu kuning salah satu bahan pangan yang kaya vitamin, kalium dan anti oksidan.
  • Cara sehat mengonsumsi labu kuning sebenanrnya dengan cara dikukus, tanpa garam dan gula. Sebab, satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam mengandung 49 kalori, 1,76 gr protein, 0,17 gr lemak, 12 gr karbohidrat, 2,7 gr serat serta 5,1 gr gula.
  • Konsumsi labu kuning harus dalam batas kewajaran, sebab segala sesuatu yang berlebihan tetap membawa efek tidak baik.

Tulisan ini merupakan catatan untuk saya pribadi alias sebagai contekan di kemudian hari, kalau diperlukan tinggal buka blog 😳 .

Temans YSalma, punya resep spesial olahan labu kuning juga kah? Boleh dong kita saling berbagi.

45 comments

  1. Labu kuning banyak manfaat ya mbak, vitamin A, C dan banyak nutrisi juga. Bahkan bisa buat Mpasi ya. Btw, beli labu kuning ada di mana ya mbak? Jarang menemukan di tukang sayur.

    • Saya belinya di tukang sayur yg dekat rumah kebetulan ada, mba. Tapi di beberapa tukang sayur yg lain memang jarang bahkan ga pernah ada. Mungkin karena pelanggan si mamang sayur ada beberapa yg suka nanya.
      Sy pernah pesan 1 yg ukuran sedang, malah tetap dipotong2 ama dia, hiks.

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.