Labu Kuning, Olahan Berkuah Tanpa Santan, Sedap Dimakan Hangat atau Dingin


Olahan labu kuning kuah wedang jahe

Olahan berkuah labu kuning (Pumpkin) ala kolak, tapi tanpa santan ternyata rasanya sedap juga. Mau dimakan dalam kondisi hangat atau dingin (disimpan dulu di dalam kulkas), sama nikmatnya.

Beberapa waktu lalu, di tukang sayur dekat rumah selalu ada labu kuning yang sudah dipotong dan ditaroh dalam plastik bening. Melihat warna oranye si labu, sebagai penggemar labu kuning saya sangat tergoda untuk menikmatinya.

Sebelum memutuskan membelinya, kepala saya sempat mikir, kalau labu kuning yang dalam bahasa Minang disebut “Kundua” ini dibuat kolak, bakal saya saja yang akan memakannya. Kalau dikukus, sama aja, anggota keluarga lain kurang berminat.

Olahan Labu Kuning Berkuah ala Wedang Jahe

Akhirnya terpikirkan untuk mengolah labu kuning tanpa santan, tapi tetap berkuah. Kuah yang digunakan ala-ala wedang jahe, resep minuman herbal rumahan. Teman hidup saya pasti sangat menyukainya.

Perkiraan saya itu tepat sekali, saya sampai membuat olahan labu kuning ini beberapa hari berturut-turut, secara selesai dimasak, tanpa perlu menunggu waktu lama langsung ludes.

Resep Olahan Labu Kuning Tanpa Santan

Proses memasak labu kuning sehat

Bahan:

  • Labu kuning 1/3 bagian ukuran sedang.
  • Gula merah, 5 buah bongkahan kecil.
  • Jahe, 1 ruas, bersihkan, iris tipis.
  • Daun pandan, 2 helai, ikat simpul.
  • Kayu manis, 2 keping seukuran jari.
  • Air, secukupnya.
  • Garam, 1 sdt atau sesuai selera.

Cara Mengolah:

  • Bersihkan kulit dan biji dari labu kuning. Potong sesuai ukuran yang pantas. Cuci bersih. Sisihkan.
  • Didihkan air yang sudah diberi gula merah, jahe, daun pandan dan kayu manis.
  • Masukkan labu kuning yang sudah dipotong.
  • Setelah mendidih lagi dan labu kuning sudah empuk, tambahkan garam. Tes rasa dan koreksi apa yang kurang.
    Setelah dirasa cukup, matikan api kompor.

Cara menikmati labu kuning yang kuahnya bikin hangat badan:

Olahan labu kuning yang sudah matang ditaruh dipiring saji, nikmati saat kuah labu dalam kondisi hangat. Bisa dipotong kecil dengan sendok, kemudian disuap bersama kuahnya.

Kalau saya, lebih suka menghancurkan labu kuningnya hingga seperti bubur, kemudian baru diseruput. Nikmat :mrgreen: .

Aroma kayu manis dan kuahnya yang terasa aroma jahe bikin tenggorokan hangat. Tekstur labu kuning yang lembut dan kaya serat membuat perut terasa nyaman. Olahan ini sangat bisa dijadikan menu makanan sekaligus minuman hangat untuk mengatasi gejala flu ❤ .

Kalau mau menikmati dingin, setelah sama dengan suhu ruang, olahan labu kuning disimpan dulu di kulkas. Setelah dingin baru dinikmati. Rasanya segar dan tetap bikin tenggorokan adem saat menyeruput kuahnya. Bisa banget menjadi salah satu menu berbuka nanti di bulan Ramadhan 😳 .

Labu Kuning Kaya Nutrisi Bermanfaat

Labu kuning kaya akan serat, sehingga setelah mengkonsumsinya membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sangat cocok untuk yang sedang menjalankan diet, karena rendah kalori juga. Tentunya cara mengkonsumsinya dengan dikukus tanpa ditambah gula ya :mrgreen: .

Labu kuning berkuah ala wedang jahe

Warna labu kuning juga menunjukkan bahwa ia kaya akan beta karoten. Yanga mana beta karoten ini di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A. Itu artinya mengonsumsi labu kuning akan sangat baik untuk kesehatan mata, bisa mempertajam penglihatan. Bahkan dipercaya bisa membantu mencegah katarak.

Labu kuning juga kaya akan kalium, itu artinya makanan ini juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, karena zat ini bisa menurunkan tekanan darah. dan menunda pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Vitamin E dalam labu kuning juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terjaga kekenyalannya maka yang empunya akan tampak awet muda.

Mengonsumsi satu cangkir labu kuning bisa memenuhi seratus persen kebutuhan harian tubuh akan vitamin A, dua puluh persen kebutuhan tubuh akan vitamin C, vitamin B2 dan kalium, sepuluh persen kebutuhan untuk tembaga dan mineral mangan, serta lima persen untuk vitamin B6, folat, thamin, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Labu kuning ternyata bahan pangan yang mengandung nutri lengkap ya, makanya si labu kuning menjadi salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai MPASI bubur bayi.

Kesimpulan:

  • Labu kuning salah satu bahan pangan yang kaya vitamin, kalium dan anti oksidan.
  • Cara sehat mengonsumsi labu kuning sebenanrnya dengan cara dikukus, tanpa garam dan gula. Sebab, satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam mengandung 49 kalori, 1,76 gr protein, 0,17 gr lemak, 12 gr karbohidrat, 2,7 gr serat serta 5,1 gr gula.
  • Konsumsi labu kuning harus dalam batas kewajaran, sebab segala sesuatu yang berlebihan tetap membawa efek tidak baik.

Tulisan ini merupakan catatan untuk saya pribadi alias sebagai contekan di kemudian hari, kalau diperlukan tinggal buka blog 😳 .

Temans YSalma, punya resep spesial olahan labu kuning juga kah? Boleh dong kita saling berbagi.

45 comments

  1. Labu kuning banyak manfaat ya mbak, vitamin A, C dan banyak nutrisi juga. Bahkan bisa buat Mpasi ya. Btw, beli labu kuning ada di mana ya mbak? Jarang menemukan di tukang sayur.

    Suka

    • Saya belinya di tukang sayur yg dekat rumah kebetulan ada, mba. Tapi di beberapa tukang sayur yg lain memang jarang bahkan ga pernah ada. Mungkin karena pelanggan si mamang sayur ada beberapa yg suka nanya.
      Sy pernah pesan 1 yg ukuran sedang, malah tetap dipotong2 ama dia, hiks.

      Suka

  2. jadi inget ibuku mba, beliau suka banget sama labu kuning, dibuat kolak atau bahkan sekedar direbus biasa aja buat pengganti makan siang katanya.

    Suka

  3. Saya biasa nyebut waluh kolak. Hmmm, dipadu dengan jahe, tentunya hangat rasanya. Biasanya saya dikolak atau dikukus saja. Boleh juga nih, tanpa santan.

    Suka

  4. waa liat olahan labu kuning kaya gini jadi inget bulan ramadhan yang sebentar lagi datang yaaa, mau cobain bikin juga ah nanti hihihi

    Suka

  5. Aku ko ngeliat nya jadi kaya kolak ubi
    Aku kurang suka labu. Paling masih bisa menikmati saat disajikan jadi sayur bersama lontong

    Suka

    • Setelah kulitnya dibersihkan dan dipotong, memang mirip ubi ya 😀 .

      Btw, aku baru tahu kalau labu kuning juga dijadikan sayur untuk lontong. Saya baru nyobain labu siam yang dijadikan sayur lontong. Kalau labu kuning ini daun mudanya yang biasanya di sayur kalau di kampung saya. Jadi penasaran sama sayur labu kuning.

      Suka

  6. Kalau melihat Labu kuning jadi terbawa perasaan bentar lagi akan dinikmati saat berbuka puasa. Karena ini takjil yang khas

    Suka

  7. dulu jaman anak saya bayi suka beli labu kuning ini buat MPASI anak saya hehee trus udha gede jarang beli kecuali mau bikin kolak 🙂

    Suka

  8. Labu kuning seringnya aku bikinin sayuran bening untuk anak sama daun katuk trus buat kolak labu juga, bulan puasa mau coba juga ah buat menu yang ini 🙂

    Suka

  9. Wah, ternyata labu kuning lumayan banyak manfaatnya yah
    Duh jadi pengen kolak labu kuning nih, campur pisang ama kolang-kaling kayaknya asyik yah mbak hehe

    Suka

  10. Labu kuniiiiinggg, kesukaaannnn. Kalau di rumah ada labu kuning bisanya dimasak kolak atau dijadikan jajanan basah nogisari atau sumping. Enak. Nggak cukup makan sekali. Maunya berkali kali.

    Suka

  11. Ini suamiku suka banget mbak. Bahkan pernah bawa dari kebun temannya. Tapi aku males olahnya, jadi kasih ke orang lain aja, hihihi

    Suka

  12. Aku paling suka menyantapnya kalau lagi hangat, makanan apapun itu kek yang mesti dimasukin kulkas juga kadang aku lebih memilih untuk makan dan menyantap pas lg anget angetnya

    Suka

  13. lihat labu kuning aku jadi inget masa-masa pertama si bungsu MPASi, dia suka banget kukusan labu kuning yang aku hancurkan. Sekarnag sih paking bikin buat kolak. Nah iniada resep lain tanp[a santan, nanti bikin ah

    Suka

  14. Aku rajin beli labu kuning saat anakku masuk MPasi mba sekrang mah udah ga lagi krn ga pada doyan labu kuning alias pumpkin ini hahaha

    Suka

  15. Kalau di kampung saya olahan labu kuning dengan air gula seperti ini tetap dibilang kolek. Jelang bulan Ramadhan selalu banyak orang jualan kolek labu kuning ini. Ada yg pakai santan ada yg tidak …

    Suka

  16. Wedang jahe pakai labu kuning unik juga, ya. Biasanya wedang jahe ya jahe aja dengan rempah. Kalau pakai labu kuning, sekalian kayak cemilan.

    Suka

  17. Dibikin puding enak juga loh mba, aku udah pernah nyoba bareng teman-teman kantor pas sedang santai gitu. Enak dan gurih juga. Waktu itu sih pakai santan agar keluar rasa gurihnya. Dicoba aja mba misal ga pake santan gimana. Diberi sedikit vanili mungkin jadi sedep.

    Suka

  18. Mbak, ini juga aku sering direbus aja.. terus airnya diminum juga deh.. bagus juga untuk kesehatan..aku dapat infonya saat setelah di bekam.. dan sudah aku coba dirumah.. dan bentar lagi ramadhan ya mbak, bakal jadi makanan fav saat berbuka puasa nanti

    Suka

  19. Sakah satu sayuran favorit aku yaitu labu kuning, suka banget makan cuma-cuma kalau direbus, apalagi kaya akan manfaatnya

    Suka

  20. Lho, ini masakan yang dibikin nyokap 2 hari lalu hahaha. Tapi dia nggak pake jahe. Pas pertama gue bingung, emang ada kolak yang nggak pake santen? Ternyata makhluk itu benar2 nyata adanya…

    Suka

  21. Wah mbak jangankan dimasak enak gitu, anak saya mbak labu kuning cuma dikukus aja terus dimakan dia doyan banget akrena rasanya emang udah manis enak ya

    Suka

  22. Kalau saya, biasanya juga di kolak aja, dicampur sama ubi.
    Lain kali mau coba resepnya ini ah, kayaknya sekarang lagi musim. Tukang sayur yang lewat depan rumah, hampir tiap hari bawa labu kuning

    Suka

  23. Izin ikutan yo Uni. Selama ini juga hanya dikolak dengan santan. Ternyata kuah jahe bening juga sadap yaak.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, salam sehat

    Disukai oleh 1 orang

  24. Aku lagi pingin bikin labu kuning ini jadi puding, tapi belum sempat melulu
    aku suka kolak ini, waluh namanya kalo di aku.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.