4 Tips Cara Mencuci Baju Putih Anak Agar Tampak Seperti Baru


Cara Mencuci Baju Putih Anak
Foto Anak: Dok. Pribadi, Foto Ibu: Rinso Edit by YSalma

Cara mencuci baju putih susah-susah mudah agar kilau putihnya tetap cemerlang. Apalagi kalau baju putih tersebut miliknya anak yang aktif dan digunakan untuk beraktivitas seperti sekolah, maupun berolah raga. Baju putih perlu penanganan lebih agar tampak seperti baru terus, walaupun sering dipakai.

Bagian baju putih anak yang perlu perhatian khusus ketika mencucinya adalah bagian leher, ketiak, dan saku baju. Jika bajunya lengan panjang, maka bagian siku juga perlu perhatian. Sebelum membahas tips cara mencuci baju putih, mari kita ingat kembali dunia anak agak sejenak.

Baju Kotor? Dunia Anak, Bermain & Belajar

Jangan sampai aktivitas seorang anak terhalang hanya gegara Bunda ngomel melihat baju putihnya dipenuhi noda tanah atau noda lain yang sudah bercampur keringat.

Anak saya termasuk anak yang kurang begitu betah duduk manis.
Untung guru dan sekolahnya kala itu juga tidak terlalu kaku. Sehingga ketika ada waktu menulis atau mengerjakan tugas, anak diberi sedikit kebebasan.

Anak mau menulis duduk di bangku, silahkan. Anak mau mengerjakan sambil tengkurap di lantai juga ga masalah, yang penting tidak mengganggu teman yang lain, dan tugas selesai.

Jika ada pilihan belajar seperti itu di dalam kelas, anak saya dapat dipastikan akan memilih mengerjakannya sembari duduk atau tengkurap di lantai.

Dengan kondisi belajar dalam kelas yang seperti itu, belum lagi saat bermain waktu jam istirahat, maka baju putih anak saya sepulang sekolah itu sudah beda penampakan warnanya 😳 .

Perlu trik mencuci agar baju putihnya kembali putih bersih seperti semula.

Cara Mencuci Baju Putih Tetap Kinclong Seperti Baru

Sebenarnya merawata baju putih tidaklah sehoror yang dikira jika mengetahui tips mencucinya. Yuks kita telaah satu persatu 🙂 .

1. Segera Cuci Baju Putih Secara Terpisah & Dalam Jumlah Wajar

Baju putih yang sudah dipakai, sedikit apapun keringat yang menempel tetap akan terlihat. Untuk itu penanganan pada baju putih yang selesai dipakai harus langsung dicuci.

Kalau tidak sempat langsung dicuci, baju putih jangan ditumpuk dalam keranjang pakaian kotor, tapi dianginkan terpisah.

Saat mencuci baju putih, jangan dicampur dengan baju warna lain, sebab itu bisa membuat warnan putihya menjadi kusam dan kumal, atau beresiko kena lunturan pakaian warna lain. Sekali baju putih kena lunturan pakaian warna lain, warna putihnya tidak akan bisa kembali seperti sedia kala.

Kebersihan baju putih anak, baju kerja berwarna putih, atau pakaian lain yang berwarna putih akan kentara terlihat jika dicuci sekaligus dalam jumlah yang banyak. Kerja mesin cuci tidak maksimal, akibatnya baju putih justru semakin tampak kumal, walau bau keringatnya hilang setelah dicuci.

2. Rendam dan Gunakan Air Hangat Ketika Mencuci Baju Putih Yang Terkena Noda

Baju putih anak saya yang pulang sekolah itu selalu terkena noda. Dan itu tidak boleh ditunda mencucinya, untuk menghindari noda melekat pada serat kain dan semakin susah dihilangkan.

Tipsnya gimana?
Bagian-bagian baju yang terkena noda tanah, noda bekas rautan pensil, noda lainnya harus diberi olesan deterjen atau sabun cuci. Kemudian direndam sekitar setengah jam, bisa menggunakan air biasa. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya menggunakan air hangat.

Setelah itu, bagian yang terkena noda harus dikucek atau disikat terlebih dulu, baru dilanjutkan mencuci seperti biasa dengan mesin cuci atau manual.

Tips Mencuci Baju Putih Anak
Tips Mencuci Baju Putih Anak Agar Awet Putihnya

3. Bersihkan Baju Putih Yang Kena Noda Dengan Sitrun, Baking Soda, atau Cuka

Bahan-bahan yang ada di dapur seperti sitrun, baking soda, atau cuka bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada baju putih atau hanya untuk mempertahankan warna putih baju.

Bahan-bahan tersebut sudah digunakan oleh tetua dari dulu.

Sitrun (asam sitrat), berbentuk butiran kristal yang merupakan senyawa asam organik lemah yang terdapat pada daun dan buah dalam genus Citrus (Biologi: marga jeruk). Konsentrasi senyawa ini paling banyak ditemukan dalam Lemon.

Sitrun umumnya digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan dan minuman, juga sebagai bahan pengawet. Sering digunakan untuk campuran rendaman bahan manisan.

Cara Membersihkan Noda Pada Baju Putih Dengan Sitrun

Sediakan air hangat secukupnya (bukan air mendidih). Tambahkan 2 sendok makan sitrun ke dalam air. Lalu rendam baju putih yang terkena noda sekitar 10 menit. Untuk bagian noda yang membandel bisa disikat terlebih dulu, kemudian bilas dengan air biasa dan lanjutkan mencuci seperti biasa.

Singkirkan Noda Membandel Dengan Baking Soda

Campur satu sendok makan baking soda dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada noda membandel, diamkan sekitar 15 menit. Kemudian kucek bagian yang terkena noda tersebut hingga hilang. Selanjutnya cuci baju dengan deterjen seperti biasa.

Kembalikan Cemerlang Warna Putih Dengan Cuka Putih

Hampir sama penggunaannya dengan sitrun dan baking soda, cuka dimasukkan sebagai campuran rendaman baju putih. Air yang digunakan sebaiknya juga air hangat. Untuk mengembalikan warna putih baju, sebelum dicuci bisa direndam semalam dengan air bercampur cuka ini.

Catatan:
Namanya pemutih, bahan-bahan dapur ini tetap tidak bisa digunakan secara berlebihan untuk mengembalikan warna putih baju. Bisa menyebakan serat baju tipis, cepat lapuk, dan mudah sobek.
Bahkan pasta dari baking soda tidak dianjurkan untuk baju yang berbahan tipis seperti sutra, satin, dan bahan sejenis lainnya.

4. Cuci Baju Putih Dengan SmartFoam, Praktis dan Hemat

Mencuci baju putih tidak lagi repot dengan banyak proses, cukup gunakan Rinso Molto Deterjen Cair Rose Fresh. Merupakan varian produk Rinso Molto yang menggunakan formula anti noda khusus, efektif menghilangkan noda dalam satu kali kucek.

Varian ini juga dilengkapi dengan teknologi SmartFoam yang membuat busa lebih cepat hilang dan dapat menghemat setengah air bilasan.

Aroma Rinso Molto ini perpaduan rose dan strawberry sehingga baju putih harum lebih lama, bahkan hingga 21 hari.

Mencuci baju putih akan jauh lebih praktis dengan menggunakan deterjen cair Rinso Molto.

Kesimpulan

  • Sebagus apapun teori mencuci baju putih anak tidak akan efektif jika tabung mesin cuci atau wadah yang digunakan tidak bersih. So, bersihkan terlebih dulu peralatan yang digunakan untuk proses mencuci.
  • Gunakan bahan untuk memutihkan pakaian, deterjen pemutih, pewangi secukupnya. Sebab bahan-bahan tersebut jika berlebih digunkan justru mengendap pada serat pakaian, dan bisa membuat kusam.
  • Berbeda dengan baju berwarna, baju putih setelah dicuci sebaiknya dijemur dibawah matahari langsung. Ini akan membuat putihnya lebih kinclong.
  • Setrika baju putih dengan panas yang cukup, jangan berlebih, bisa menyebabkan baju tampak kekuningan.

Bagaimana dengan temans YSalma, punya tips khusus cara mencuci baju putih anak, baju gamis, atau baju kerja yang berwarna putih jugakah? Boleh ditambahkan infonya ya. Makasih..

38 comments

  1. Baju putih kalau tepat cara mencucinya busa awet ya. Tapi kalau air yg digunakan utk mencuci kualitasnya kurang bagus, bisa menyebabkan baju putih jadi kuning.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Hihihi, pasta dari baking soda tidak dianjurkan untuk baju yang berbahan tipis seperti sutra, satin, dan bahan sejenis lainnya.

    Saya pernah dong dan baju yang baru sekali dipakai langsung hancur kaya kertas 😢😢😢

    Suka

  3. Saya juga memisahkan baju putih, Mbak. Anak dua, SMP dan SD hampir semua atasannya atau celana putih. Suami dua kali seminggu juga seragam kantornya kemeja putih. Jadi deh saya rendam dulu baru masuk mesin cuci.
    terima kasih tipsnya:)

    Suka

  4. Baru tahu kalua baking soda bisa untuk mencuci baju putih. Setahuku untuk bikin kue. Hehe…Eh, bisa juga untuk memutihkan gigi deng.
    Perawatan baju putih memang harus ekstra hati-hati yah…Kalau airnya engga bagus, yaa malah jadi kekunginan gitu bajunya

    Suka

  5. Sitrun, Baking soda atau cuka putih ya, dipakenya pilih salah satu ya mba? Berguna banget ini tipsnya buat buibu, apalagi yang punya anak TK kayak saya pulang-pulang baju putihnya selalu penuh noda

    Suka

  6. Sitrun, Baking soda atau cuka putih ya, dipakenya pilih salah satu ya mba? Berguna banget ini tipsnya buat buibu, apalagi yang punya anak TK kayak saya pulang-pulang baju putihnya selalu penuh noda

    Suka

  7. Anak bungsuku banget itu….:D Dulu dia belajar sambil tengkurep di lantai. Ibu gurunya juga ngebolehin sih. Sekarang sih nggak lagi, udah gede 😀

    Suka

  8. Nah ini tiap cuci baju anak yang warna putih, termasuk kaos kaki, haduhhh butuh perjuangan banget. Ternyata ada cara mudah buat bikin jadi kinclong putih y mb, thanks infonyaaa

    Suka

  9. Saya juga biasanya pake citrun ama sabun bubuk yang udah diaduk dengan air panas. Luamyan sangat mmebantu noda apa saja, termasuk noda minyak. Baju kayak baru lagi

    Suka

  10. Wah boleh-boleh nih tipsnya aku praktekan. Aku nih paling sebel sama seragam celana putih anak yang dipake tiap Senin. Huhu… susah bersihinnya

    Suka

  11. Pantas aja kalau cuci baju putih saya ga pernah sukses bikin kinclong lagi, dan sering banget dikomentari sama ibuk di rumah. Wkwkwkw. Wong saya tumpuk dulu, gak langsung dicuci. Udah gitu biasanya dicuci bareng baju lain juga.

    Suka

  12. Ternyata sitrun, baking soda dan cuka juga bisa buat membersihkan baju putih yg terkena noda ya mbak, kirain hanya buat makanan dan tambahan buat bikin bolu biar mengembang aja.

    Terimakasih ulasanya mbak, sangat bermanfaat sekali nih

    Suka

  13. Bisa pake rinso ya huaaa. Dlu pas kebanjiran, baju anakku cokelat semua hehe. Jadi direndam citroen berkali2. Kayaknya klo pake rinso ini ga sampe berkali2 gt ya

    Suka

  14. Aku suka pake sitrun mba. Biasanya buat mukena sama seragam sekolah anak-anak. Hilang lho item item yang suka ada di bagian dalam mukena ,😊

    Suka

  15. Wah..bagus banget nih tips nya. Saya masih saja kesulitan dg baju putihbyg terkena tinta! Haha.. Terima aksih utk sharingnya mba..akan kucoba!

    Suka

  16. nah ini patut aku coba, soalnya baju anak udah pasti tiap hari kena noda, jadi dekit gitu loh mb, ya noda cokelat, susu, makanan, biskuit semuanya deh. aku mau coba yang pakai cuka umpung di rumah ada hehe

    Suka

  17. Kadang aku suka kesel deh kalo liat baju putih anak kotor dan dekil. Terutama bagian leher dan lengan. Tapi ya gimana, emang dunianya ya. Makasih lho tipsnya kak. Berguna sekali

    Suka

  18. Aku jaman dulu juga pakai sitrun untuk membersihkan noda di baju putih. Sekarang milih yang praktis aja, pakai deterjen cair Rinco Molto yang smart foam karena ada wangi nya juga sih

    Suka

  19. Ditempat saya airnya yang bermasalah. Udah semua cara tips dan merek detergen digunakan. Tidak mempan juga. yang ada tetap kuning2 tu baju putih. hiks 😦

    Suka

    • Kalau air yg bermasalah, airnya yg harus diganti, hiks.
      Saya juga air tanahnya bermasalah, tampak bening tapi bekasnya menguning.
      Akhirnya menggunakan PDAM.

      Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.