Keren! UMKM Pinggir Jalan Sudah Menggunakan Kasir Online Mesin EDC Gopay


Alasan Menggunakan Mesin EDC Gopay Spots
Foto: Spots. Edit & Skema: YSalma

Mata saya terbelalak dan menggumamkan decak kagum ketika menyaksikan salah satu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah), usaha martabak, berlokasi di pinggir jalan, di emperan sebuah warung yang sudah tutup, tapi sudah menggunakan aplikasi kasir pintar online Mesin EDC Gopay merek Spots. Keren!

Mesin pembayaran itu tak lebih besar dari ukuran smartphone, hanya sedikit lebih tebal, dan tidak diperlakukan istimewa. Bukan ditaruh di atas meja khusus, tapi hanya tergeletak di antara kardus pembungkus martabak. Tetapi berfungsi sangat baik sebagai kasir pembayaran.

Saya pun melihat dari kejauhan abang-abang berjaket hijau (Gojek) yang datang silih berganti memesan martabak.

Mesin Kasir Yang Mempermudah Transaksi Pemesanan & Pembayaran

Mesin EDC Spots Tampilan Menu
Mesin EDC Spots Milik Martabak Abimayu Cileungsi. Foto: YSalma

Beberapa waktu lalu saya sedang main ke tempat saudara yang masih tinggal dalam satu wilayah, Kabupaten Bogor. Saya sempat mampir ke sebuah mini market.

Saat keluar dari mini market yang tak jauh dari lokasi penjual martabak, sebelum melanjutkan perjalanan, saya memutuskan untuk menuntaskan rasa penasaran akan rasa martabak yang lumayan ramai itu. Padahal saat itu sudah lewat pukul 20 WIB dan baru saja selesai hujan lebat, dan masih menyisakan rintik gerimis.

Awalnya saya kira si Mamang martabak menerima pembayaran konvensional saja.

Kenapa saya bisa berprasangka seperti itu. Padahal, dari pelanggan martabak si Mamang yang terlihat saat itu, sudah dapat dipastikan usaha tersebut merupakan salah satu merchant Gojek.

Tentu ada alasannya.
Beberapa kenalan, tetangga, bahkan juga saudara yang juga punya usaha kuliner, yang juga mitra Gojek, banyak yang masih bertahan mengandalkan pembayaran manual. Belum beranjak mencoba sistem pembayaran digital.

Makanya, sebelum memesan martabak, saya memastikan pada salah satu abang Gojek tentang cara pembayaran pesanan yang mereka gunakan. Si Abang Gojek menjawab, “menggunakan Gopay, buk”.

Saya ingin mengorek informasi lebih banyak, “lah, emang si Mamang ini ada Mesin EDC Gopay-nya?”

Si abang Gojek semangat menjawab, “Ada, bu. Mesin pembayaran Spots. Kita ngorder juga jadi lebih mudah, tinggal klik gambar pesanan, bayar dengan Gopay, struk bukti bayar langsung keluar. Kita bisa melakukannya sendiri. Pesanan kemudian dibuatkan si Mamang. Tinggal tunggu deh”.

Simak juga tulisan: Pembayaran Digital Milenial.

Si Mamang yang sedang sibuk, menunggu kematangan martabak telur, mengangkat mesin EDC yang dia punya, menunjukkan ke arah saya. Saya pun mengangguk terkesima 😳 .

Apa Itu SPOTS?

Sesampai di rumah, saya pun mencari tahu lebih banyak tentang mesin kasir yang sudah membuat saya termangu kagum itu.

Mesin EDC Spots Saat Beyar Gopay
Credit to: Spots

Spots merupakan sebuah layanan aplikasi kasir online dari Gojek (Powered by Gojek). Mesin yang juga berfungsi sebagai sebuah POS (Point Of Sale), sekaligus sebagai sebuah mesin EDC (Electronic Data Capture), dan tentu juga sebagai mesin Printer.

POS dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Bahasa pasarnya, tempat pembayaran belanjaan.

EDC merupakan sebuah alat untuk menerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Bank konsumen dan pemilik usaha.

Mesin Printer kasir adalah mesin pencetak struk atau resi bukti pembayaran.

Dari pengertian di atas, bisa disebutkan bahwa Spots merupakan mesin kasir yang “all in one device”. Aplikasi kasir online untuk mengelola pesanan dan pembayaran dengan sangat baik.

Produk ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise (waralaba) dalam memudahkan mengelola transaksi.

Awalnya Spots ditujukan untuk mendukung pembayaran Gopay saja. Selanjutnya, juga bisa mencatat pembayaran tunai, dan juga Debit. Spots merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi 3 macam pembayaran tersebut. Keren!

Saat ini SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Alasan Menggunakan Mesin EDC Spots

Ketika saya banyak tanya pada si Mamang penjual martabak, dia memberitahukan alasannya menggunakan mesin kasir online ini. Dia ikut mendaftar menjadi merchant Gojek dengan harapan menjangkau pasar yang lebih luas. Untuk itu, dia juga harus bisa menerima berbagai jenis pembayaran, tidak hanya dengan uang tunai saja.

Setelah saya cari informasi lebih lanjut di internet, ternyata dengan menggunakan Mesin EDC Gopay kasir pintar ini, pemilik usaha merasa dipermudah dalam hal:

· Memonitor Usaha, semua bisa dilihat dalam satu perangkat, berapa nilai transaksi pelanggan yang memesan melalui aplikasi Gofood, dan yang memesan di tempat.

· Menerima Pembayaran Dengan Aman. Mesin ini bisa mencatat pembayaran tunai, Gopay, dan juga Debit. Bahkan untuk progres selanjutnya, aplikasi ini juga bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit, LinkAja!, dan Ovo.

· Perhitungan dan Pembuatan Laporan. Rekap transaksi dikirim setiap hari, sehingga omset harian bisa langsung diketahui tanpa harus diribetkan dengan melakukan hitungan manual.

Selain itu, dengan fitur interaktif berkualitas yang diberikan mesin EDC Spots tersebut, harga satu mesin EDC Spots sangatlah kompetitif. Sangat terjangkau dan sepadan dengan semua manfaat yang akan didapat.

Syarat Bisa Menggunakan Mesin EDC Gopay:

Untuk bisa menggunakan mesin kasir online dari Gojek ini, tidak hanya sebatas niat. Pemilik usaha harus melakukan:

1. Pendaftaran. Bisa dilakukan di web resmi spots.co.id. Mengisi formulir pendaftaran, mulai dari nama, email, nomor HP, nama usaha, nomor telpon usaha, dan alamat usaha. Serta dapat informasi dari mana.

2. Membayar Biaya pendaftaran (deposit) kurang dari lima ratus ribu rupiah. Serta biaya harian, kurang dari lima ribu rupiah.

3. Menyediakan akses internet di tempat usaha. Yang namanya usaha berbasis online, tentunya koneksi ke jaringan internet itu sudah sebuah keharusan. Jangankan untuk usaha, untuk narsis di media sosial saja, perlu akses internet yang mumpuni dan smartphone yang kompatibel.

Cara Menggunakan Mesin EDC

Cara Menggunakan Mesin EDC Spots

Seperti yang diakui oleh abang Gojek, dan pengalaman saya sendiri melakukan transaksi pembayaran martabak melalui Mesin EDC Gopay Spots, setiap pembeli bisa menjadi kasir saat bertransaksi di tempat usaha. Tidak perlu orang khusus, tidak perlu meja khusus. Sangat mudah diikuti step by step yang ditampilkan pada layar mesin EDC-nya oleh siapapun.

Saat pemilik usaha menerima mesin EDC ini, tentunya mereka juga sudah diberi pembekalan, pelatihan, informasi lengkap untuk bisa menggunakannya secara maksimal.

Mesin EDC yang bisa digunakan sebagai kasir online, harus sudah memiliki menu yang sama seperti yang ditampilkan pemilik kedai dalam aplikasi Gofood.

Konsumen tinggal mengikuti tahapan pembayaran:

1. Pilih Menu
Si Mamang penjual martabak memiliki menu Martabak Bangka, Martabak Manis Biasa, dan Martabak Telur Bebek. Setiap menu martabak juga terdiri dari berbagai varian. Saya mau pesan Martabak Bangka Keju Campur.

Waktu saya memilih menu martabak, saya sempat mengklik Martabak Bangka Coklat Susu juga. Ketika ke layar berikutnya tampak jenis pesanan dan jumlahnya. Pesanan yang ke-klik tanpa sengaja tadi, bisa diminuskan (jumlahnya jadi kosong). Dalam posisi layar ini, kita juga bisa menambahkan jumlah pesanan sesuai keinginan.

2. Pilih Jenis Pembayaran
Setelah menus dan jumlah pesanan pasti, lanjut ke pilihan jenis pembayaran. Tersedia pilihan: Tunai, Gopay, Kartu Debit. Ada juga pilihan Pembayaran eksternal (ini masih dalam progres), Kartu Kredit, LinkAja!, dan Ovo.

3. Ikuti Tahapan Proses Pembayaran
Setiap jenis pembayaran yang dipilih, tinggal diikuti arahannya.
Jika menggunakan Gopay, tinggal melakukan scan code QR dengan smartphone kita yang mempunyai akun Gopay. Melanjutkan proses pada ponsel kita dulu, dengan memasukkan Pin Gopay, hingga di layar ponsel keluar tanda centang dan info transaksi sukses.

Saat bersamaan, ponsel si Mamang menerima notifikasi, info pembayaran dari akun Gopay pembeli, dengan nominal sekian, sudah diterima.

4.Keluar Struk/Resi Pemesanan Sekaligus Bukti Pembayaran
Pada mesin EDC juga menunjukkan pembayaran berhasil, dan lanjut mem-print struk pembayaran.

Proses pengenalan saya menggunakan Mesin EDC Gopay di tempat Mamang penjual martabak sangatlah singkat dan cepat.

Awalnya si Mamang memperkenalkan mesin kasir pintarnya sebentar. Ketika saya menyebutkan mau mesan apa, si Mamang memberi tahu partner kerjanya, bagian memasak martabak bangka dan manis.

Dia sendiri masih menghadapi penggorengan datar untuk membuat pesanan martabak telur bebek.

Kata si Mamang, kalau abang Gojek yang sudah sering, juga terbiasa jadi kasir mandiri. Dia hanya melirik sembari terus membuat pesanan.

Tak berapa lama setelah transaksi pembayaran dinyatakan sukses, pesanan saya ‘Martabak Bangka Keju Campur’ pun selesai. Cepat dan membuat salut.

Mesin EDC dengan Kartu Debit

EDC Spots Pembayaran Debit BCA
Credit to: Spots

Ketika saya melihat pilihan menu pembayaran di mesin kasir Spots milik Mamang martabak, tentu saja mata saya semakin berbinar kegirangan, “bisa menggunakan kartu Debit BCA juga, Mang?”

Si Mamang mengangguk.

Baca juga tulisan: Tips Menggunakan Kartu Kredit BCA.

Metode pembayaran dengan Kartu Debit sama dengan pembayaran elektronik pada umumnya. Tahapan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan pilihan transaksi sebelumnya.

Setelah memilih menu pembayaran dengan Kartu Debit, kita tinggal memasukkan kartu. Kemudian mengikuti tahapan yang diminta hingga transaksi diinfokan selesai.

Untuk tahu lebih banyak lagi tentang mesin kasir satu ini, bisa juga melihat informasi di media sosial Spots berikut ini: instagram.com/spots.id/ .

Pengalaman YSalma Menggunakan Mesin EDC Gopay
Sudah cocok jadi nona kasirkah? 😳

Kesimpulan:

  • Mesin EDC Spots mudah digunakan. Yang terbiasa memegang smartphone, dapat dipastikan bisa menggunakan mesin ini.
  • Mesin EDC Spots untuk saat ini bisa menerima pembayaran, yaitu Tunai, Gopay, dan Kartu Debit.
  • UMKM yang sedang meningkatkan pemasaran melalui internet, sangat direkomendasikan memanfaatkan mesin EDC Spots ini sebagai kasir online-nya.

Semoga cerita saya yang begitu penasaran dengan mesin EDC Gopay ini bisa bermanfaat bagi yang memerlukannya, serta mendapatkan gambaran umumnya.

Teman-teman juga punya cerita menarik tentang pembayaran dengan menggunakan aplikasi kasir Spots ini jugakah?

66 comments

  1. Mesin EDC ini praktis sekali ya mba Salma. pemilik usaha tak perlu repot rekap kembali karena tiap harinya dikirimi rekap harian.
    Sangat membantu sekali.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Salah satu keunggulan Merchant-Mmerchant Gojek ini adalah memberikan kemudahan bertransaksi atau dalam hal pembayaran,ya?
    Senang sekali kalau nemu erchant yang bisa menerima pembayaran dengan EDC Gopay atau Emoney lainnya karena sekarang emang jarang pegang Cash.
    Berharap juga tukang sayur mulai bawah EDC Gopay. hehehe

    Suka

  3. Kemudahan pembayaran sekarang makin keren aja. Saya juga pernah terperangah ((terperangah.. haaha)) waktu tahu lapak seblak langganan dekat rumah, sudah bertengger mesin edc. Mantab lah, makin mudah aja belanja-belanja

    Suka

  4. Dalam berbisnis harus mengikuti perkembangan jaman bila tidak mau ditinggalkan konsumen. Inovasi harus terus dilakukan untuk mempermudah transaksi

    Suka

  5. Mantap, ga perlu repot bawa uang cash banyak2 😊 tinggal scan aja.. semoga pembayaran dg menggunakan uang elektronik ini makin meluas ke seluruh tempat di Indonesia, biar semuanya bisa merasakan kemudahan bertransaksi non cash 😊

    Suka

  6. Di sini juga beberapa warung makan juga sudah pake SPOT coz lebih mudah melakukan pembukuan. Bukan cuma penjual yang diuntungkan. Pembeli juga jadi lebih mudah melakukan transaksi pembayaran

    Suka

  7. Di sini juga sudah beberapa yang menggunakan SPOT. Untuk penjual sangat mempermudah pengcekan transaksi untuk pembukuan mereka. Sedangkan pembeli jadi lebih mudah karena bisa bayar pake ewallet juga.

    Suka

  8. Keren ya zaman sekarang. Sampai pengusaha UMKM pun sudah bisa mengandalkan alat canggih seperti aplikasi kasir Spots yang tentunya memudahkan dan praktis sekali. Pembayaran pun bisa pake gopay. Keren deh.

    Suka

  9. Aku juga pernah menemuinya di rumah makan Padang, kasir sudah pakai mesin kasir kayak gini. Ternyata ada beberapa pedagang yang berjualan dengan internet juga pakai Mesin EDC Spots .

    Suka

  10. Keren banget mba, ak suka kagum loh sama ukm yang melek tekno dan keuangan gini. Artinya kan mereka paham penting utk punya meain edc mempermudah pelanggannya dan sekaligus mencatat transaksi penjualan mereka. Salut! -shyntako

    Disukai oleh 1 orang

  11. Bener banget kak, kapan hari saya juga berkunjung di salah satu kampung di sini yang jual aneka kuliner dan kerajinan..tokonya tuh kecil dan biasa banget. Tapi udah menerima pembayaran metode uang digital. Aihh..kita yang emang jarang pegang uang cash ya senang dong gak repot bayarnya.

    Suka

  12. Wah trima kasih banyak infonya mbak. Mencerahkan bgt. Saya bekerja di bidang usaha mikro di pemda. Mudah2an pelaku umkm di tempat saya kelak banyak yg menggunakan spots juga

    Suka

  13. Di Surabaya juga udah banyaaakkkk pedagang kuliner UMKM yg pakai SPOTS ini Mba
    Cihuy banget emang GoPay Gojek #SelaluAdaJalan 😀

    Suka

  14. Kemudahan teknologi sudah menjangkau semakin banyak lapisan masyarakat ya mba.. Smga dg SPOT ini UMKM semakin maju dan sukses

    Suka

  15. Mesin EDC kaya Spots ini sangat membantu pedagang apalagi yang kurang telaten soal catat mencatat. Kalau ada yang online kaya gini jadi lebih gampang ya

    Suka

  16. wah, keren banget nih. bisa scan barcode dan bayar dengan mudah pakai Mesin EDC Spots dari Gopay ini. Jadi UMKM yang jualan juga bisa transaksi sesuai dengan perkembangan zaman.

    Suka

  17. Di deket rumahku juga banyaaak mba.. dari mulai tukang bubur ayam, ketoprak sampai roti bakar. Geliat ekonomi di era digital

    Suka

  18. Dimana-mana sudah pakai EDC Spots ini ya kak, kemarin pesan pakai Go Food dan struknya di kasih dari SPOTS gini. Jadi memudahkan pelaku usaha banget dalam menghitung penghasilan yang didapatkan.

    Suka

  19. Penjual ketoprak dorong yang mangkal di dekat Perumahan aku juga pakai mesin kasir ini mbak. Keren ya sekarang para penjual pun sudah melek digital

    Suka

  20. Ini ngebantu umkm sih ya mba biar pencatatan transaksi jg lbh rapi dan profesional. Alat edcnya juga lebih ringkes yaaa jd lbh hemat space. -shyntako

    Suka

  21. Makin memudahkan transaksi bagi para pengusaha kecil ya mba. Bahkan para pembeli bisa langsung menuliskan pesanan dan input langsung di mesin SPOTS ini. Biaya penggunaan hariannya pun enggak mahal-mahal amat, cocok digunakan sebagai investasi dalam memenuhi standar pelayanan masa kini.

    Suka

  22. wah semakin banyak alternatif untuk bayar. gak bawa uang tunai, bisa bayar pakai GoPay. Kalau saldo GoPay masih kurang, bisa langsung pakai kartu debit, wah keren

    Suka

  23. Spots in wireless ya, enak dibawa-bawa. Penasaran, mesin EDC ini apakah ketika resto atau dagangan tutup, mesin ini juga dimatikan?

    Suka

  24. Pake mesin EDC SPOTS ini bikin transaksi makin mudah banget ya mba. Penjual untung, pembeli juga seneng. Aku pribadi juga lebih suka transaksi cashless kayak gini soalnya gak repot nungguin kembalian hehe.

    Disukai oleh 1 orang

  25. Wah, selain untuk pembayaran pakai Gopay juga bisa pakai debit ya? Benar-benar mendukung cashless lifestyle nih mesin EDC Sports. Memudahkan pemilik usaha dan pelanggan.

    Suka

  26. Aku termasuk suka bayar pake e-wallet gini mbak. Biasanya untuk di swalayan atau mall gitu. Eh tapi ini ternyata di pinggir jalanpun udah bisa pake SPOT ya mbak. Ini mempermudah pembeli dan penjual juga jadinya.

    Suka

  27. Keren banget ya Mba..
    Mesin EDC SPOTS ini selain mempermudah pembayaran juga mempermudah si pemilik usaha,jadinya tercatat secara praktis berapa pendapatan beliau..

    Suka

  28. Aku punya kartu debit BCA, aku juga punya gopay

    Ini kalau nemu mesin edc begini aku tinggal pilih aja kali ya, mana yang lagi ada promonya :))))))

    Suka

  29. Sepertinya sasaran mesin EDC SPOTS ini untuk pengusaha UMKM, ya? Soalnya saya suka lihatnya di resto atau warung makan kecil. Bagus sih jadinya UMKM pun semakin modern. Mengikuti perkembangan zaman

    Suka

  30. Jaman sekarang makin dimanjakan dengan fasilitas dompet digital ya. Asiknya bagi pembeli, yang lupa bawa dompet, bisa bayar pakai kartu debet BCA atau Gopay. Penjualnya juga seneng, jadi punya catatan transaksi yang praktis

    Suka

  31. Setuju ini keren banget
    Kelemahan UMKM kan ngga ngelakuin pembukuan sehingga GA tau omzetnya berapa

    Adanya mesin EDC spots sangat membantu mereka

    Suka

  32. Iya, Mbak..sekarang sih enak banget semenjak EDC Gopay bisa ditemukan di mana-mana, yang penting bawa HP udah bs jajan di mana-mana.

    Setiap bulan top up GoPay minimal 700rb kadang sampai 1jt buat transportasi dan makan hahahaha

    Suka

  33. Senang deh kalo ekspansif yang positif kayak gini. Jadinya pelaku usaha mikro jadi ikut berkontribusi menasionalkan gerakan nontunai dan membentuk cashless society.

    Suka

  34. Saya ini termasuk yang gak bisa rapih isi dompetnya, duit kertas pasti pada serba kelipet gak jelas, wkwk

    Nah dengan teknologi, sekarang kebantu banget, apalagi hampir semua kebutuhan harian, baik itu bensin, mau ke minimarket, tersedia alat bayar serba elektronik. Di dompet sekarang paling ada duit buat abang sayur aja

    Suka

  35. Mesin kasir seperti Spots ini memang memudahkan banget untuk melakukan transaksi pembayaran ya Mbak.keren lah sudah banyak UMKM yang memanfaatkannya.

    Suka

  36. Penggunaannya mudah sekali, ya. Sampai-sampai abang gojek pun sudah lihai cara pakainya. Ini betul-betul membantu UMKM, ya. Pembeli bisa masukkan pesanannya sendiri, sementara penjual fokus sama masak-memasak, membungkus atau menghidangkan pesanan.

    Suka

  37. semoga semua mesin edc gopay di semarang juga udah bisa nerima debit, soalnya ada yang belum paham nih. biar ga kalah sama umkm di pinggir jalan dah canggih

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.