Terpukau Foto Pesona Gurun Pasir & View Cantik Tanjung Uban Bintan


Gurun Pasir Bintan
Hamparan pasir dan birunya langit ❤ .

“Dimana itu? Cakep amat. Ala gurun pasir Timur Tengah. Apa! Tanjung Uban? Pulau Bintan juga punya gurun pasir cantik seperti itu? Yaa, sayang banget deh. Terakhir ke Tanjung Pinang ga kesampaian main ke sana 😦 “.

Kalimat di atas merupakan berondongan pertanyaan yang keluar dari mulutku, saat melihat foto jalan-jalan yang dikirimkan si Adek.

Asli, mataku terpukau dan terpesona oleh view cantik pemandangan pada foto-foto di destinasi wisata tersebut.

“Libur ke sini lagi aja. Biar keliling dan muter-muter Bintan lagi, sekalian foto-foto sepuasnya”. Itu adalah jawaban pamungkas dari si Adek yang sedang sibuk bekerja, untuk menyudahi pertanyaan kepo atas rasa penasaranku.

Dimana View Pesona Tanjung Uban Pulau Bintan Itu?

Pulau Bintan merupakan salah satu pulau di Kepulauan Riau. Di pulau ini juga ada kota Tanjungpinang yang merupakan ibu kota provinsi.

Pulau ini terletak di Selat Malaka, makanya sangat dekat dengan Singapura dan Johor Baru Malaysia.

Menurut Wikipedia, pulau ini merupakan pulau terbesar dari hampir 3000 pulau besar dan kecil yang berada dalam wilayah provinsi Kepulauan Riau. *Weau, banyak pulaunya ya*.

Sedangkan Tanjung Uban, merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bintan. Tanjung Uban juga memiliki pelabuhan laut, peruntukannya untuk kapal ekspedisi dan kapal penumpang. Pelabuhan laut Tanjung Uban mempunyai akses ke Pulau Batam dan Singapura.

Jika mau ke Singapura melalui jalan darat dan laut, salah satu pintu gerbang terdekatnya melalui pulau Bintan ini.

Simak juga: Petualangan Anti Mainstream di Bogor

Foto destinasi wisata menarik seperti apa yang ada di Tanjung Uban, yang membuat mataku seperti tersihir dan ingin melihatnya dari dekat, ingin segera mengenjunginya. Yuk disimak, siapa tahu Kamu sedang mencari tujuan berlibur juga 🙂 .

1. Eksotisme Gurun Pasir Busung ala Gurun Sahara

Di Tanjung Uban ada gurun pasir ala gurun pasir Sahara. Jarang kan ditemukan pulau tropis dengan sajian pemandangan alam ala gurun Sahara atau gurun pasir. Bisa dibilang ini sebuah objek wisata unik.

Eksotisme Gurun Pasir Busang
Gurun Sahara rasa lokal ❤ . Foto credit to Winaz.

Untuk sedikit mengurai rasa penasaran sementara waktu, kuintip penampakan gurun pasir ini melalui tampilan citra satelit melalui Google Maps.

Area lokasi wisata ini jika dilihat sekilas tampak seperti hamparan karang putih, yang di beberapa bagian hijau oleh tumbuhan. Serta bagian lain dengan telaga yang warna airnya kebiruan.

Dari foto si Adek, sangat terlihat jelas bahwa area ini memang hamparan pasir, penampakannya mirip gurun ala Timur Tengah. Juga panas oleh teriknya sinar matahari. Seakan bukan di negeri sendiri.

Akan tetapi, di beberapa area berpadu dengan oase telaga air biru yang menyejukkan mata. Sungguh dua kombinasi yang sangat sempurna untuk tempat pepotoan. Sangat menawan dan instagramable banget.

Aku ga sabar untuk berada di sana. Informasi detail tempat wisata kekinian ini sudah didapat, tinggal jalan ❤ .

Di mana Lokasi Tepatnya Gurun Pasir Busung Bintan?

Gurun pasir dengan telaga birunya ini terletak di Jalan Raya Busung, Dusun Busung, Kelurahan Seri Kuala Lobam, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau 29152. Lokasinya lebih kurang 50 meter dari jalan raya.

Bagaimana Cara Menuju ke Gurun Pasir Busung?

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, sewa, atau bisa juga menggunakan ojek jika kedatangan dari pelabuhan terdekat.

  • Dari Bandara Raja Haji Fisabilillah kota Tanjungpinang, lokasinya berjarak sekitar 41.7 km, 50 menit perjalanan darat dengan kendaraan pribadi.
  • Atau sekitar 48,7 km, 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, kota Tanjungpinang.
  • Dan 17 km, 23 menit dari Pelabuhan Tanjung Uban.

Asal Muasal Gurun Pasir Busung Tanjung Uban, Bintan

Gurun pasir Busung itu dulunya merupakan area penambangan pasir dan bauksit yang diekspor ke Singapura. Sekitar tahun 1980-an (jaman Orde Baru) penambangan dihentikan. Akhirnya bekas lokasi tambang tersebut terbengkalai.

Area dengan luas sekitar 6000 hektar itu puluhan tahun dibiarkan tak terurus, hingga pasirnya mengeras seperti karang. Sebagian cekungan bekas galian yang terisi oleh air hujan itu lama kelamaan menjadi telaga atau danau yang airnya berwarna biru.

Pesona Gurun Pasir Bintan ala Timur Tengah

Berapa HTM untuk melihat keindahan gurun pasir ala Sahara, dengan telaga biru di Busang?

Untuk wisatawan lokal gratis, hanya membayar parkir kendaraan. Harga yang dikenai juga standar. Motor 2rb, Mobil 5 rb. Kalau pengunjung mau ngasih lebih sangat diperbolehkan.

Untuk wisatawan mancanegara, yang datang dari berbagai negara jiran, dikenakan 10rb per kepala.

Jika ingin narsis di spot-spot Instagramable yang disediakan, tinggal nambah biaya sekitar 5rb per orang. Di area telaga juga disediakan perahu sewa dikisaran harga 20rb-an.

Kalau main ke gurun pasir ini harus puas-puasin dipotret dan memotret ya 🙂 .

2. View Cantik Pemandangan Laut dari Masjid Raya Baitul Makmur

Setelah puas menuntaskan rasa takjub melihat gurun pasir Busang, arah baliknya jangan sampai lupa untuk mampir di salah satu masjid raya unik. Masjid ini berada di daerah Tanjung Uban juga, Masjid Raya Baitul Makmur.

View Cantik Masjid Raya Baitul Makmur

Jaraknya sekitar 15,5 km atau 19 menit perjalanan dari Gurun Pasir Busung. Lokasi tepatnya di Jl. H.Raja Daud No.1 Tanjunguban Selatan, Bintan Utara, Kabupaten Bintan.

Masjid ini berada di dataran tinggi dengan luas tanah sekitar 1,6 hektar, dekat dengan makam Pahlawan Tanjung Uban. Menurut informasi, tanah yang digunakan untuk area masjid ini merupakan wakaf dari alm. Raja Daud.

Masjid mulai dibangun tahun 2009 dan diresmikan pada tahun 2015 oleh Wapres Bapak H.M Jusuf Kalla.

Masjid Kebanggaan (Ikon) Tanjung Uban

Masjid Raya Baitul Makmur memang masih tergolong bangunan baru, tapi kalau ke Pulau Bintan ga boleh terlewatkan untuk dikunjungi.

Selain arsitektur dan interiornya yang membuat kagum. Berbeda dengan masjid pada umumnya, masjid Raya Baitul Makmur didominasi oleh warna-warna cerah.

Lokasinya yang strategis dan berada di dataran tinggi, membuat view masjid Raya Baitul Makmur sangat menawan. Mata dimanjakan oleh pemandangan laut lepas, juga kawasan Tanjung Uban dan sekitarnya.

Masjid Raya Baitul Makmur di Tanjung Uban bukan hanya untuk tempat menunaikan kewajiban. Tapi bisa juga sebagai tempat melepas penat fisik. Serta mengembalikan ketenangan jiwa sembari menunggu sunset di area selasar masjid. Tentunya dengan tetap menjaga adab.

Sebenarnya, masih banyak destinasi wisata menarik di seputar Tanjung Uban yang harus dikunjungi. Apalagi di pulau Bintan secara keseluruhan.

Mari berkunjung 🙂 .

Berburu (Cari) Tiket Pesawat Murah Dari Jauh Hari

Gegara undangan ga sengaja si Adek, akibat kewalahan menjawab pertanyaan-pertanyaanku yang begitu banyak.
Aku pun tergoda 😳 . Mari berburu tiket untuk berkunjung dari sekarang.

Ibarat kata pepatah ‘Gayung bersambut, kata berjawab’. Artinya, pertanyaan dan rasa penasaran yang mendapatkan solusinya, hehehe.

Kalau dekat udah langsung jalan sendiri. Sebab beda pulau dan jika ke sana bukan hanya berwisata, tapi juga ziarah makam almarhum Bapak. Tenju saja anak sekolah ga mau ketinggalan, minta ikutan juga.

Mumpung libur sekolah masih 3 bulan lagi, aplikasi Pegipegi di ponsel mulai dipelototin untuk cek harga tiket pesawat ke Tanjung pinang.

Cari Tiket Pesawat di Pegipegi
Di aplikasi Pegipegi pencarian tiket pesawat diurutkan berdasarkan harga termurah

Jika akhir pekan dan libur akhir tahun, perjalanan ke pulau Bintan ini banyak didominasi oleh ekspatriat, lho. Nyari tiket dadakan yang tidak menguras kantong lumayan perlu perjuangan 😳 .

Kalau jauh hari, peluang mendapatkan tiket pesawat yang lagi promo sangat besar. Kan lumayan dapat diskon. Kelebihan lain pesan tiket pesawat online dari jauh hari, bisa nabung lebih untuk budget lainnya, seperti untuk oleh-oleh. Bagi penikmat kopi, kopi asli Tanjung Pinang jangan sampai ketinggalan.

Pertimbangan lain menggunakan aplikasi ini, adanya layanan hotel dan tiket pesawat termurah dalam satu tempat. Lumayan bisa dimanfaatkan. Sebab, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kalau jalan ngiterin Bintan, biasanya selalu mampir di salah satu pantai berpasir putih yang juga banyak bertebaran di pulau Bintan. Pengennya nginap barang semalam. Merasa sayang langsung balik ke rumah si Adek yang berada di tengah kota Tanjung Pinang. So, rencana yang disusun jauh-jauh hari ini akan jadi perjalanan yang menyenangkan.

Biar aman dan untuk jaga-jaga juga, pesan tiketnya tentu yang bisa di-refund. Kalau ada perubahan rencana mendadak, tiket yang sudah terpesan tidak hangus begitu saja.

Kamu! Mari ikut persiapkan liburan dari jauh-jauh hari juga untuk #pegipegiyuk 😳 .

30 comments

  1. Kalo ada Pegi2 enak ya mba
    Bisa persiapkan budget buat ngetrip
    Bisa cari2 hotel dan maskapai yg harganya cocok di kantong

    Suka

  2. Seru juga yaa main dan foto2 di gurun pasir Tanjung Uban ini.
    Aku dari 2 tahun lalu penasaran banget sama Bintan. Soalnya teman sering liburan di sana dan tiap tahun ikut acara olahraga yg saya belum kesampaian karena mihils 😆

    Suka

    • Hihihi, Benar. Olah raga mihil juga banyak di pulau itu.
      Makanya, kalau akhir pekan atau libur akhir tahun, tiket dr Jakarta harganya lumajan, saingannya para ekspaktriat yg lg pada liburan 😀

      Suka

  3. Pasirnya itu beneran saya kira di padang pasir luar negeri. Eh ternyata masih di negara kita, ya?
    Wah saya kurang apdet. Ke sana lain kali harus mencoba main di gurun biar kekinian juga hehehe

    Salam
    Okti Li

    Suka

  4. Indonesia punya gurun pasir juga ya ternyata. Kerennya. Ini aku langsung buka pegi-pegi lho intip-intip tiket dan akomodasi di Pulau Bintan.

    Suka

  5. Pemandangan garang namun indah. .. sepertinya aku ga akan betah sih berlama lama di dunia gurun spt itu…paling ga tahan panasnya…eh gurunnya panas engga mba..hihi….pernah di Labuan Baijo saat panas..udah kayak Sahara aja suasananya… Pas di sana sih enjoy… Pulang gosong dong..hahahaha..

    Suka

  6. MasyaAllah cantik ya mbak gurun pasir nya, ternyata dulu bekas galian tambang ya.

    Tahun 2010 saat saya tingg di Johor, di depan masjid abu bakar juga ada pengurukan laut dan sekarang udah jadi jalan raya di situ. Jadi lebih lebar. Jadi curious, jangan jangan dari pulau Bintan ya itu pasir hehhee

    Suka

  7. belum pernah ke pulau bintan dakuh. Tapi jadi super mupeng lihat hamparan pasir di tanjung uban. Bagus pake banget. kayaknya lebih bagus dari pasir di yogya deh. Yang di yogya mulai kotor pasirnya, banyak sampah plastiknya, jadi udah nggak nikmat. Yang ini masih bersih banget. Jadi kepingin ke sana

    Suka

  8. wah… aku paling suka tuh jalan-jalan di atas pasir pantai sambil telanjang kaki. Lalu membiarkan pasir2 yang butirannya kasar tapi licin itu gelincir di sela sela kaki. Mana hangat pasirnya. Kebayang enaknya jalan di tanjung uban sana. ya.

    Suka

  9. bagus banget pasirnya. kebayang jalan di atasnya dengan telanjang kaki, lalu pasir-pasirnya gelincir di sela-sela jari. hangat. ihh.. mupeng liat pantai pasirnya

    Suka

  10. Kalau belum ada kesempatan berkunjung ke Gurun Sahara bisa ke Gurun Pasir Busung dulu ya mbak, ternyata gak harus jauh-jauh untuk menikmati pemandangan alam ala gurun ini. Aku belum pernah ke Bintang, ternyata banyak juga ya objek wisata yang menarik kaya gini.

    Suka

  11. Baca tulisan ini akupun jadi terpukau lho mbak.. pesona gurun pasir bintan sukses membuat banyak orang terpesona ya seperti saya.. ingin rasanya kesana juga bermain pasir bersama keluarga tersayang.. pasti bakalan dapet banyak cerita

    Suka

  12. Banyak juga ya kak pulau yang ada di kepulauan Riau, 3000 pulau, btw, itu beneran keiatan kaya gurun sahara ya kak, panasnya pun sama ga sih kira-kira kak…?

    Suka

  13. Betul, spot fotonya cakep. Gurun pasir buatan manusia yang kemudian alam mengubah tampilan cantik seperti sekarang.
    Saya juga jadi pengen ke sana setelah melihat fotonya meski entah kapan, he he.
    Yang asyik jika berperahu menyusuri telaga, ya.

    Suka

  14. Huaa aku baru tau nih ada gutun pasir gitu , bagus yaa bisa buat foto-foto jadi pengen ke Bintan juga dwh. Semoga secepatnya bisa kesana.

    Suka

  15. masya Alloh cantik bgt itu Mba, Muali dari gurun pasir n masjidnya. kirain bukan di Indonesia, ternyata di kepulauan riau Tanjung pinang. masukin travel list ini mah 🙂

    Suka

  16. Keren banget ya bisa ada pemandangan menakjubkan ala gurun pasir seperti ini di Indonesia. Ternyata bekas penambangan pasir dan bauksit. Alam Indonesia ini memang lengkap banget ya komposisinya. Semua yang digelar Allah di bumi Indonesia itu indah indah semua.

    Suka

  17. Bisa buat foto ala ala di padang pasir ya. Aku bayangin pakai dress lebar dan topi. Beneran nih spot foto kece tapi pasti terik banget ya mataharinya?

    Suka

  18. Ternyata kalau mau liat gurun pasir langsung gak perlu jauh-jauh ke timur tengah sana ya Mbak. Cukup ke tanjung pinang saja. Duh, jadi pengen juga bisa ke sana. Asli pas liat foto di atas saya kira di Arab sana.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.