Hallo November, Apa Kejadian Penting di Bulanmu?


Tanpa terasa sudah berada di hari pertama bulan ke sebelas penanggalan Masehi, November. Itu artinya lebih kurang 60 hari ke depan, tahun pun akan berganti. Bagi mereka yang menganggap spesial bulan ini, akan penuh suka cita mengucapkan, “Hallo November“.

Sedangkan bagi saya, November hanya identik dengan hujan. Kaki perlu ditutupi kaos agar tetap hangat, mana akhir Oktober sudah ketularan demam dan batuk pilek. Dalam cuaca dingin seperti saat ini, akan perlu waktu lebih untuk bisa benar-benar pulih ๐Ÿ˜ฅ .

Tetap semangat.

Hallo November
Sisa Hujan November semoga menyisakan embun pagi yang cantik, bukan banjir yang merendam semuanya.

Hal-Hal Penting Tentang Bulan November

Sama seperti bulan lainnya, ternyata di bulan November juga banyak peristiwa penting yang telah terjadi dan diperingati. Yuks, mari kita lihat beberapa diantaranya ๐Ÿ™‚ :

Arti Kata November

Menurut Wiki, nama November berasal dari bahasa Latin “Novem” yang berarti “Sembilan”. Hal itu disebabkan pada zaman dulu kalender dimulai dari bulan Maret, sehingga November adalah bulan kesembilan. Sementara dalam bahasa Slovenia, “Novem” berarti “baru”. Sehingga bulan November juga bisa dianggap sebagai bulan kebaruan. Entahlah.

Perayaan Hari Vegetarian Internasional

Temans yang vegetarian tentunya sudah pada tahu bahwa tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Vegetarian Internasional. Perayaan ini sudah dimulai dari tahun 1994 oleh Vegan Society Inggris.

Bagi kamu yang bukan Vegan, mungkin akan merasa sedikit asing. Apa itu World Vegan Day? Hari yang dirayakan oleh mereka yang tidak mengonsumsi produk olahan hewan dalam bentuk apapun dengan alasan kesehatan, moral terhadap sesama makhluk hidup serta menjaga kelestarian lingkungan. Kebutuhan tubuh akan protein hewan bisa dipenuhi lewat kacang-kacangan dalam takaran yang cukup.

Rupiah Ditetapkan Sebagai Mata Uang Resmi Indonesia

Ternyata, pada awal kemerdekan, bangsa Indonesia belum menggunakan Rupiah sebagai mata uang resmi. Dari tahun 1945-1949 mata uang yang digunakan bernama ORI dan dicetak di Yogyakarta. Kemudian pada 8 April 1947, gubernur provinsi Sumatera mengeluarkan rupiah Uang Republik Indonesi Provinsi Sumatera (URIPS).

Akhirnya, setelah diakuinya kemerdekaan Indonesia oleh Belanda lewat Konfrensi Meja Bundar (berlangsung alot 29 Agustus – 2 November 1949). Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah diproklamirkan kemerdekaannya, pemerintah Indonesia menetap rupiah sebagai mata uang resmi.

Rupiah berasal dari bahasa sansekerta, “rupya” yang berarti koin perak. *Nambah ilmu ๐Ÿ™‚ *

Memperingati Hari Pahlawan

Di Indonesia, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan. Hari untuk memperingati Pertempuran Surabaya. Pertempuran pertama yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia antara tentara dan milisi yang pro-kemerdekaan bertempur melawan tentara Sekutu (Britania Raya) dan Belanda. Tokoh yang terkenal dalam peristiwa ini adalah Bung Tomo.

November Rain

Kalau November rain ini mah salah satu lagu kebangsaannya fans Guns N Roses. Jika kamu fans dari grup metal tersebut, tentunya familiar dengan lagu ini. Lagu cinta dinginnya hujan di bulan November yang dirasakan sepasang kekasih yang mencintai tapi masih pada ada yang ngeganjel *halah*.

Peringatan Hari Guru Nasional

Guru di Indonesia diumpamakan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Ternyata, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Tanggal ini dipilih karena diperingati bersamaan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Diperingati dengan cara upacara di sekolah-sekolah disertai pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dari dinas terkait.

Walaupun kedua orangtua saya adalah pensiunan guru, saya lupa dengan tanggal satu ini :mrgreen: , untung ada mbak Nanik si pemilik blog catatan kecil keluarga Nara, yang mengingatkan di kolom komentar bahwa di bulan November juga ada hari spesial bagi para guru. Makasih mba ๐Ÿ™‚ โค .

Itulah sebagian peristiwa menarik menurut saya yang terjadi di bulan November. Kalau menurut kamu, selain hal-hal diatas, apakah November merupakan bulan spesial bagimu? Boleh dong saling berbagi cerita ๐Ÿ™‚

16 comments

  1. Hingga saat ini bulan november masih belum spesial. Biasa saja seperti bulan-bulan lainnya. Soalnya jarang saya menetapkan bulan sebagai sesuatu yang spesial ha ha ha…. ๐Ÿ˜€

    Disukai oleh 1 orang

  2. Ada 10 November, tentu ini sangat spesial bagi bangsa Indonesia. Sebagai orang Jombang, yang dahulu spirit perjuangan Arek-Arek Suroboyo yg digerakkan dari Jombang oleh Mbah Hasyim Asy’ari, tentu ini spesial sekali untuk diperingati. Agar terus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan dalam kehidupan ini. Demikian, Mbak, saya juga terkesan.

    Disukai oleh 1 orang

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.