Sakitnya Tuh Disini : Copy Tulisan Yang Elegan


Udah kayak judul lagu yang lagi booming itu aja. Padahal nih istilah udah dari jaman baheula saya dan teman-teman pergunakan, jaman masih berusia dua puluh tahun. Jaman awal-awal menjadi anak kuliahan. Jaman kalau cinta bertepuk sebelah tangan, ya memang istilah itu yang dipergunakan. Eh, ga taunya sekarang jadi lagu, tau aja yang menciptakan tuh lagu ngelihat peluang ya.

Saya tidak akan membahas tentang lagu sakitnya tuh di sini, secara ga pernah dengar secara utuh, cuma dengar cerita hebohnya aja :mrgreen: . Tapi sedang mengungkapkan perasaan yang sedang dirasa, saat menemukan tulisan kita, di copy dengan cara yang tidak elegan.

Tulisan di copy utuh, tapi tak menyebutkan link sumbernya, walau fotonya tetap dengan watermarkysalma‘ nya. Foto ok, tapi tulisan juga harus memberi link ke asalnya tulisan. Itu etika di dunia blog. Pada halaman TOS blog ini kan sudah disebutkan, silahkan di copy tapi sebutkan link sumber aslinya, ga apa-apa kok 🙂 .

Memang itu tulisan sebelumnya saya kirim ke Viva dot co dot id, tapi setiap tulisan di Vblog itu memberi sumber link aslinya. Simbiosis mutualisme yang terjadi. Viva dapat tulisan, blog dapat kunjungan. Saya tidak akan menyebut merek dagangnya, tapi tolong tulisannya di kasih link ke tulisan asli disini ya 😀 .

Tips-NgeBlogCara Copy (Ambil) Tulisan Yang Elegan, biar yang punya tulisan tidak merasa,’sakitnya tuh disini’ *sambil ngacungin jari-jari yang pegel buat ngetik dan nyodorin kepala yang senut-senut buat mikir* :

  • Reblog : Setiap blog kan menyediakan fasilitas reblog alias blog ulang. Ini juga ada caranya, jangan main reblog aja, mbok ya kasih komen atau argumen sobat tentang itu tulisan, baru di reblog.
  • Copy : Tapi jangan copy paste utuh gitu, 1/3 atau 1/2 bagian tulisan, kemudian sebutkan link sumbernya. Karena kalau di copy utuh, itu tidak  baik, bukan hanya dimata manusia, tetapi juga di mata mesin pencari mbah google *nangis meraung-raung nih 😥 *.
  • Jadikan Ide : Kalau tulisannya menarik menurut kita, jadikan itu ide dan tulislah dengan bahasa sendiri. Jika kita ingin berterima kasih kepada tulisan yang sudah menginspirasi kita, tak ada salahnya juga kita memberi link ke sumbernya. Percayalah berbagi itu tak pernah rugi, apalagi dengan cara yang benar.

Selamat menulis tapi jangan copy paste ya, ga elok itu di jaman yang katanya slogan kabinetnya, kerja-kerja-kerja *tapi tempe mahal 😥 #eh. Ikutan belajar ikhlas dengan semua, termasuk kenaikan BBM, walau tak rela. Orang di kampung-kampung makin susah bos.

50 comments

  1. Banyak memang blogger-blogger instan yang gak mau repot buat tulisan sendiri. Jadinya yaa cuman copas tulisan orang lain doang. Saya setuju dengan tulisan ini, sekalipun kita cuman ngambil ide atau inspirasi dari tulisan orang lain, gak ada salahnya menyertakan backlink ke tulisan sumber. Toh, topiknya juga masih relevan. 😀

    Salam kenal Mbak Ysalma

    Suka

  2. Emang sakit mbaaak…sakiiit…
    Dan yang tambah bikin sakit buatku saat itu adalah ketika membaca berbagai komen yang masuk di post copas itu yg muji2 penulisnya tuh mbak, aku kan jadi pengen menganiaya kulkas..hehehe…

    Sama sepertimu mbak, aku gak keberatan tulisanku di share asalkan ditulis sumbernya.
    Sebagai blogger walopun kita nulis gak dibayar, tapi kan tetep pengen dihargai 😉

    Suka

  3. Sama! Sakitt.. Ada satu post saya yang di copy paste, walau dirubah dan ditambahin sedikit.
    Udah emosi dan sakit hati duluan, eh pas baca sampe akhir..
    Untung di tulisin sumbernya 😀
    Ga jadi sakit deh hehehe

    Suka

  4. Sama seperti Nita, kayanya blm pernah ada yg ngopas tulisan teteh, soalnya biasa bangeuut tulisannya.. Hehe

    Ya mudah2-an pd ngga ngopas gitu dan sekaligus mengingatkan ..nuhun yaaa…

    Suka

  5. jadi boleh ya? bagus tuh. aku kadang kehabisan ide. jadi cari ide dengan baca tulisan orang, lalu kasih komen, opini yang panjang dengan data2 dan argumen yang bagus. jadi deh postingan baru.

    Suka

  6. saat ini tulisan saya juga ada yang dicopas utuh dan nggak nyantumin sumbernya… mungkin jumlahnya belasan. ketika itu saya masih aktif di MP. dan emang sakit rasanya

    Suka

  7. Waaah…..ternyata masih ada yg hobi copas gak elegan gitu ya mak 😕
    Padahal itu kan merugikan dirinya sendiri….. jadi cemar …
    Tapi di satu sisi itu menandakan bahwa tulisan emak ok banget tuh ….mudah2an malah jd ladang amal ya mak

    Salam

    Suka

    • masih Bund, tulisannya cerita emak dan junior yang membahas sebuah ‘rahasia’, senang sebanarnya tulisannya bermanfaat dan disukai orang lain ya Bund,
      ambil positifnya.

      Suka

  8. Proses pembelajaran panjang menjadi tulisan model diri ya Uni
    Senangnya dari diskusi, Uni mengambil sikap positip bermanfaat bagi sesama
    Salam hangat

    Suka

  9. […] terperosok masuk tanaman gatal ‘Jilatang Niru‘. Sekujur tubuhku bengkak dan perih, sakitnya jangan ditanya, bahkan sampai membuatku meriang. Kau dengan telaten merawat tanpa […]

    Suka

  10. Se7 sekali … postingan kita di copy paste …rasanya ‘sakit disini … 😉

    Tapi mmg merk ‘YSalma … top produktif …postingannya hampir tiap hari ‘terbit. Jempol 4 deh …

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.