Cara Mengatasi Suspend Blog WP


Cara Mengatasi Suspend Blog WP sepertinya perlu saya tulis ulang kembali sebagai pengingat bagi diri sendiri juga. Secara blog YSalma ini sudah pernah kena suspend *hadeh, blog cerita emak-emak aja bisa kena juga ya?*.

Cerita tentang blog ini kena suspend, saya tulis dengan judul ‘Surat Cinta dari WP‘ 😛 . Monggo di baca, biar ga ngalamin yang saya alamin. Kalau pengalaman tidak enak itu cukup tau dari pengalaman orang lain aja, ga perlu merasakan atau mengalami sendiri.

Setelah membacanya jangan pula kau beranggapan kalau saya termasuk emak-emak ‘badung/nakal‘. Emak-emak super penasaran, boleh lah *tapi itu dulu*. Sekarang sudah jadi emak-emak manis, ga mau puyeng dan penasaran dengan semua printilan tentang blog lagi. Cukup yang standar aja, puyeng, secara ga ngerti bahasa pemograman *teman-teman yang jago program coba lah kalian ajarin emak-emak ini program sederhana, dengan kode yang mudah di mengerti :mrgreen: *.

Tips-NgeBlog

Berdasarkan pengalaman, blog akan kena suspend kalau admin blog melanggar TOS yang sudah di tetapkan WordPress atau platform tempat nge-blog.

Tau TOS-nya dari mana? Buka dasbor blog, lihat bagian paling bawah, kan ada informasi macam-macam disitu, diantaranya layanan, forum, dll. Silahkan dibaca.

Blog wordpress dari dulu terkenal ketat menerapkan aturan, tapi mereka tidak main babat atau main langsung tutup blog aja kok. Mereka akan kirim email untuk memperingatkan. Juga lumayan sabar untuk berbalas email, selama proses pemulihan. Kalau yang Bahasa English udah di luar kepala, urusan ini cincai lah ya. Tapi kalau bahasa Inggrisnya tertinggal di buku, kayak saya, urusan suspend ini lumayan bikin puyeng. Mending di ikuti aja aturan main yang ada. Pesan moral paragraf ini : jangan rajin posting aja tapi juga harus rajin cek email 😳 .

Hal-Hal yang dianggap pelanggaran oleh WP dan mengakibatkan suspend blog adalah:

  • Memasang link affiliasi kayak MLM itu, seperti http …… = id =…. .
  • Membiarkan komen yang ternyata ngelink ke web download ilegal.
  • Mengeluarkan komen yang terjaring SPAM, yang ternyata juga berisi link ke web yang dianggap SPAM.
  • Memasang foto yang diambil dari web lain yang mempunyai Hak Cipta.
  • Memasang widget ‘aneh-aneh’ di sidebar blog.

Tapi hal-hal diatas akan berpengaruh atau berbuah suspend kalau blog kita dalam ‘pantauan‘.

Blog dalam pantauan maksudnya?

  • Blog yang sudah melanggar satu TOS.
  • Blog dilaporkan ‘seseorang’ karena menyalah gunakan karyanya, khususnya hak cipta.
  • Blog sedang ramai, dengan ditandai ‘semakin rampingnya tante Alexa.

Jika blog masih sepi, semua hal diatas belum akan berakibat suspend alias dicuekin aja. Tapi begitu posisi blog bagus dimata SERP, ada aja yang kurang senang. Pepatah semakin tinggi pohon semakin kencang angin bertiup di sekitarnya, ada benarnya juga. Waspadalah!

Jadi cara mengatasi suspend blog ya dengan mengikuti aturan main (TOS) yang sudah di tetapkan. Sudah terlanjur di ‘suspend’, ya berkirim email untuk menyelesaikannya.

Tetap menulis di blog dengan cara sendiri, gunakan gambar hasil karya sendiri *walau agak sedikit hancur* dan tetap memelihara sikap berbaik sangka 😀 .

Apakah sobat ada yang punya pengalaman blog kena susped juga, boleh lah ditambahkan penyebab dan cara menyelesaikannya. Ceritanya berbagi tips nih 🙂

27 comments

    • cepat di bersihkan Bang,
      itu satu yang di protes, tapi mereka tau kalau ada banyak yang digunakan,
      dulu widget blog saya sampai dipangkas habis saat mereka membersihkannya.

      Suka

    • Yaps, kalau blogspot tanpa peringatan, kalau udah diluar TOS langsung babat ya, hiks.
      *Dikau kan jago program Beb, kasih les gratis lewat tulisan lah ilmunya itu 🙂

      Suka

      • Bener Mbak, ngga sempet kisbai malah 😥

        Waduh.. Aku ngga jago, Mbak. Nyari referensi dulu yah, takut salah, mudah-mudahan minggu depan uda bisa mosting 😀

        Suka

  1. Ohh aku baru tauu.. makasihhh tips nya 🙂 manfaat loh..
    widget aneh yang dimaksud apa yah?? hehe, karena saya ada widget yang ngambil dari blog lain , tapi belom kepantau hihi, tetap mau mencegah saya 🙂

    Suka

  2. Ooh… gitu ya, Mbak… Oke deh, Sip. Saya akan lebih hati-hati supaya nggak kena suspend. Tapi ranking alexaku masih gemuk, jadi mungkin WP males juga mantau blog saya, hehe….

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.