Suasana Malam, Saat Musim Kawin Tiba


Suasana Malam, Saat Musim Kawin Tiba di sekitar tempat tinggal sungguh ramai. Tidak sepi seperti malam-malam sebelumnya. Di mulai dari pagi hari sekitar pukul 9.00WIB. Biasanya terdengar suara mercon sampai ke rumah. Kemudian agak siang sedikit berlanjut terdengar suara musik dari berbagai jenis, dangdut sampai campur sari. Sudah dapat dipastikan malam harinya akan terdengar suara-suara dari film layar tancap yang ditanggap tuan rumah sampai lewat tengah malam.

Dulu, awal-awal mendengarnya sempat kaget, heboh sendiri mempertanyakan suara apa itu, “suara gaduh dari mana? kok orang nyetel tv kenceng amat”.

Begitu tau itu suara dari orang yang hajatan di kampung-kampung sekitar, saya langsung tersenyum. Malam-malam disini sepertinya kalau waktu musim kawin, bakal ga pernah sepi nih *Salah satu nikmatnya tinggal di kampung, selain berteman suara jangkrik 😛 *

Kawin-Kawin!
Kawin-Kawin! Ikutan Makan-makan aja tanpa di undang, ga boleh lho!

Jadi dapat di simpulkan: cara umum untuk mengetahui musim kawin itu sudah datang adalah dengan di lihat oleh mata dan juga di dengar oleh telinga dari suara yang dihasilkan.

  • Di lihat mata : Kalau keluar rumah atau jalan kemana, akan banyak terlihat tenda-tenda dengan bangku berderet rapi serta penuh oleh pernak pernik orang berpesta, di depan rumah orang dalam jarak yang sangat berdekatan. Kalau di depan gedung, sudah banyak terpasang janur dan tanda pernikahan lainnya. Itu berarti sudah masuk musim kawin.
    Kalau kita di libatkan sebagai tamu, kita bakal melihat dengan adanya undangan yang dikirim ke rumah.
  • Di dengar oleh telinga : Ya seperti tadi itu, pagi terdengar suara mercon, bahkan kadang setelah waktu Isya juga masih terdengar. Suara dangdutan dan suara layar tancap di tengah heningnya malam *thsaahh*.
    Atau kita di telpon kerabat atau kenalan, diminta datang ke pernikahan mereka, sanak atau saudaranya. Oh, kita langsung tau, musim orang nikahan sudah datang.

Musim kawin yang paling berisik itu, kalau tiba musim kawin pada kucing, suara-suara kucing yang lagi masa-masa seperti itu, kalau pas dekat jendela kamar, bakal alamat bikin gaduh. Kalaupun sudah sempat terlelap, begitu mendengar suara kucing yang berisiknya beda itu *serasa menyayat hati* di jamin bakal terbangun dengan kaget 😳 *kucing kawin kok dicemburui*.

Kenapa kucing kalau masuk musim kawin selalu berisik? Adakah yang tau, lagi malas nyari jawabannya nih :mrgreen: .

***
Mak ini posting apaan sih? Kok ga jelas gini? Jadi membahas kucing kawin?
Biar aja, semalam ga bisa tidur gara-gara dengar suara “Satria Bergitar” dari sound layar tancap sampai lewat pukul 1 tengah malam 😛 .

33 comments

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma…

    Ternyata kemeriahan majlis kawin di kampung sudah seperti di bandar yang tidak ketinggalan dengan mercun, muzik, tarian dan wayang gambar. Benar mbak, jangan sekali ikutan makan jikan tidak diundang. Ini larangan yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Jika sudah diundang makan wajib kita hadir meraikan pasangan pengantin. Hehe… ada kucing di rumah ya mbak, sehingga tau-tau aja musim kawinnya. ngintip niiih. 😀

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    Suka

    • Waalaikumsalam Bunda Fatimah,
      Keramaian itu bermacam caranya ya Bund, mulai dari yang tradisional sampai yang modern, tergantung yang punya hajatan.
      Kucing saya sih ga berisik Bund, tapi kucing yang lewat tau aja ada pejantan di rumah *padahal dikandangin 😀

      Suka

  2. ternyata di tempat mba salma dangdut menjadi musik andalan waktu kawinan ya.. sama di daerahku juga.. kenapa yah musik yang lain malah ngga terpakai…

    Suka

  3. Haha
    Toos dulu mbak aku awal bulan kemarin stres gara gara musim kawin kucing and anjing.
    trus di bln okt aku dapat undangan kawinan 8 pasangan dan penghujung minggu depan dapat undangan kawinan yang ke 9 dan harus meluncur ke cianjur.

    Suka

  4. Mak, diperkampungan yang bersebelahan dengan kompleks perumahanku juga kayak gitu Mak…
    kalau dah musim kawinan, itu layar tancap dan musik dangdut bisa semalam suntuk gak kelar kelar…hedeugh…..

    salam

    Suka

  5. hahahaha….tapi musim kawin udah lewat ya mba.. byk yg bilang kalo udah masuk suro, ga bagus buat hajatan.. padahal sih oke2 aja berhajat di bulan suro..
    kalo di tempatku, ada orang kawinan paling yang kedenger suara musik2 itu.. sampe tengah malem kadang berisiknyaa

    Suka

  6. Soundnya bertumpuk sampe empat ato lima, trus musik dangdutnya terdengar membahana seharian, hehe…
    Eh, jadi inget saya, kemarin sepulang dari jamaah di masjid saya menjumpai kucing kawin di pinggir jalan gitu diem saja, ga pake rame, hehe…

    Suka

  7. Hpir sama tradisinya. Danhdutan, campursari malam2. Hehehe
    Kalau musim kawinnya pada kucing, medeni bangeeet, Mbak. Kayak orang marah2an malah, ya. 😀

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.