Memeriahkan Tahun Baru Hijriyah


Memeriahkan Tahun Baru Hijriyah yang kebetulan bertepatan dengan hari Sabtu, semarak kegiatannya diperkenalkan kepada anak-anak di lingkungan tempat tinggal. Serangkaian acara dipersiapkan oleh panitia Gebyar Muharam yang tentu saja di komandoi oleh bapak-bapak DKM yang sangat bersemangat.

Ternyata respon dari anak-anak juga sangat antusias, padahal acaranya dirancang sangat mendadak. Saat diinformasikan oleh guru TPA masing-masing *ada beberapa TPA, tergantung blok tempat tinggal* pada Rabu malam, mereka langsung berlatih dan diberi rekomendasi oleh guru untuk mengikuti lomba apa, yang sesuai umur juga. Semua pada setuju dan ada juga yang menawar dengan memilih mengikuti lomba yang diinginkannya.

Ada lomba mewarnai, lomba hafalan surat pendek, lomba adzan, lomba baca Al-Qur’an dan lomba kaligrafi.

Deretan piala yang memacu anak-anak :)
Deretan piala yang memacu anak-anak ๐Ÿ™‚

Rangkaian acara dimulai Sabtu sore setelah Ashar melakukan pawai, pada rombongan anak-anak ada yang sebagian besar didampingi orangtuanya melakukan kegiatan pawai keliling komplek.

Dipandu oleh bapak-bapak yang membawa toa *naik kendaraan bak terbuka, maklum bapak-bapak udah mulai encok ๐Ÿ˜› . Bukan ding, kendaraan untuk berjaga-jaga jika ada anak-anak yang kelelahan.* Barisan anak-anak mengikuti kendaraan dengan tertib di belakang dengan membawa atribut masing-masing. Begitu sampai lagi ke titik awal keberangkatan, semua anak mendapat minuman serta camilan ringan. Wajah capek yang berseri-seri terlihat sore itu ๐Ÿ™‚ .

Malam harinya, kelompok bapak-bapak lanjut dengan acara bakar ikan. Anak-anak dan ibu-ibu istirahat di rumah *ibu-ibu kan hari-harinya kan memang memikirkan cara mengolah menu supaya bisa dinikmati keluarganya*.

Minggu pagi (26 Oktober 2014) sekitar pukul 07.00 WIB, Junior sudah langsung rapi, berangkat ke masjid untuk ikut lomba kaligrafi.

Oiya, hari sebelumnya dia minta dibelikan pinsil warna yang baru, dengan alasan pinsil warna yang lama sudah tinggal sedikit dan gak lengkap, kalau pakai crayon hasilnya kurang rapi, bakal meluber kemana-mana saat mewarnai. Mendengar hal tersebut emak manggut-manggut. Emak sudah cukup senang dia mau terlibat kegiatan tersebut, biasanya datang ke acaranya tapi lebih memilih main-main dan jadi penonton aja.

Salah satu sudut acara memeriahkan tahun baruAlhamdulillah, pulang-pulang Junior membawa piala, juara 1 lomba kaligrafi *dia sangat senang*. Emak apalagi, senang punya kesempatan bagus bisa memasukkan ‘nasehat’ dan mengingatkan, “kalau dia mau konsentrasi dan sedikit berusaha, dia pasti bisa”. Karena selama ini, kalau untuk urusan belajar yang duduk diam, junior masih kurang serius. Banyak maleshnya.

Piala hanyalah sebuah simbol ya :)
Piala hanyalah sebuah simbol ya ๐Ÿ™‚

Hayo konsentrasi dan serius lagi belajarnya ya, Nak. Guru, mama semua percaya kalau kamu bisa asalkan lebih fokus dan serius.

Selamat Tahun Baru 1436H bagi yang merayakannya ๐Ÿ™‚ *posting agak telat*.

25 comments

  1. Wah, keren nih dapat juara 1 ๐Ÿ™‚
    Selamat ya, semoga besok2 jadi makin termotivasi dan hasilnya lebih memuaskan lagi.
    Selamat tahun baru hijriyah ya kak ๐Ÿ™‚

    Suka

  2. Wiih, kereen! Selamat buat junior!

    Keponakanku juga gitu, kalau belajar susah fokus dan susah diem. Giliran nonton tivi atau mainan game, bisa fokus banget, haha….

    Suka

  3. Wah pas malam sabtunya aku malah ke solo mbak ada kondangan disana dijalan macet banget dan baru sadar kalam itu malam suro dan orang 2 banyak yang ke solo mau lihat kebo bule..

    Suka

  4. Semarak ya mbak, kegiatannya, pialanya berderet tuh, ohya alhamdulillaah… dapet juara satu ya mbak, selamat deh buat junior.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.