Jenis Permainan Untuk Mengisi Waktu


Jenis Permainan untuk Mengisi Waktu senggang di rumah dapat juga dimanfaatkan untuk menjalin keakraban dan kebersamaan. Apalagi bila permainan ini dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, seperti anak dan orangtua. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan oleh anak bersama teman seusianya.

Permainan Monopoli
Permainan Monopoli

Jenis Permainan Seperti Apa Yang Direkomendasikan?

Kalau saya biasanya permainan yang tidak melibatkan gadget tentunya. Permainan yangdilakukan juga sederhana dengan alat bantu permainan yang juga berharga murah. Akan tetapi kalau dilakukan dalam suasana riang dan senang, maka akan banyak hikmah dan manfaat yang dapat diambil tanpa disadari dari permainan tersebut.

Saya bersama keluarga seringnya melakukan jenis permainan berikut untuk mengisi waktu dan kebersamaan bersama anak dan anggota keluarga lain, di antaranya:

1. Permainan Ular Tangga:

Hampir semua keluarga yang mempunyai anak, sepertinya akan mempunyai permainan ini. Permainan ini disamping melatih anak berhitung juga membiasakan anak untuk bersikap baik saat menerima keberuntungan (naik tangga) ataupun kekalahan (turun ke kotak yang lebih rendah, saat bertemu ekor ular).

Kadang dalam permainan ular tangga ini, anak kurang bisa menerima kalau harus turun lagi saat bertemu kotak yang ada ekor ularnya. Orangtua harus pintar-pintar memberi penjelasan.

2. Permainan Monopoli:

Permainan ini melatih anak mempergunakan ‘dana’ dan kesempatan yang dimilikinya. Anak juga bisa mengetahui nama negara lain lewat permainan. Permainan ini serunya dimainkan lebih dari empat orang.

3. Permainan Kartu:

Permainan ini lebih kepada mengasah ketelitian dan kejelian anak saat mencocokkan jenis dan warna yang sama dari kartu serta melihat nilai angka kartu mana yang lebih besar.

4. Permainan Catur:

Permainan ini termasuk olahraga otak. Melatih konsentrasi dan fokus anak. Tetapi tidak semua anak ataupun orang dewasa berminat melakukan permainan ini. Saya termasuk yang tak ingat juga langkah dari setiap bidak catur (baca: tidak bisa main catur).

5. Permainan Congklak:

Permainan yang dilakukan oleh dua orang. Permainan ini bisa melatih kejujuran anak. Secara orang dewasa kadang suka agak-agak curang melakukan permainan ini. Mereka suka menyimpan dua buah biji ke lobang terakhir yang masih ada isinya, jika bertemu dengan lobang kosong disebelahnya tanpa ketahuan oleh teman mainnya *ini pengalaman pribadi? 😳 *.

Kapan Permainan Mengisi Waktu Ini Dimainkan?

Jika pertanyaan tersebut ditujukan kepada saya, maka saya biasa melakukannya bersama anak-anak jika:

  • Mati Lampu

Jika mati lampunya pada siang hari, permainan bisa dilakukan di teras rumah. Jika mati lampunya pada malam hari, tapi hari masih sore dan belum pada ngantuk, biasanya dilakukan dengan alat penerang yang memungkinkan. Terkadang menggunakan senter di kepala masing-masing. Seru :mrgreen: .

  • Saat Wifi Down

Ini tentunya jika berbarengan dengan kuota di ponsel juga menipis. Kalau seperti ini biasanya saya sebagai emak bakal bersuara, ‘waktunya ponsel istirahat’, mari mainkan permainan seru lainnya πŸ˜€ .

  • Saat Anak-Anak Jenuh Dengan Rutinitas

Kalau anak sudah mulai berceloteh ‘bosan’ (bahasa kekinian mereka bilangnya ‘gabut’). Maka itu pertanda saatnya emak untuk memberikan ide menarik lewat permainan agar si anak terhindarΒ  dari bad mood. Sebab dunia anak adalah belajar dalam permainan yang dilakukan.

Kalau sobat, dulu bersama teman masa kecil, ataupun bersama keluarga, atau mungkin saat menemani keponakan, seringnya melakukan permainan apa untuk mengisi waktu kebersamaannya itu. Dan apa alasan memilih jenis permainan tersebut?

Iklan

41 comments

  1. Wah, dulu pas kecil aku sering main halma dan gundu (kelereng) bareng temen-temen. Kalau cuma berdua, mainnya tepok kartu, hehe….

    Suka

  2. Aku senang banget main ini waktu kecil and selalu beli hotel yg pas tikungan di D,E atau di dekat garis finish πŸ˜›

    Suka

  3. Permainan tanpa batrai, sampai ada yang bilang “Udahan” baru bubar. Kalo conglak sering banget aku main curang πŸ˜€

    Suka

  4. Wahh iyaa … permainan masa kecil yg selalu dlm kenangan πŸ˜€
    Saya hanya ngalamin permainan (dari daftar nya uni YSalma) … Kartu dan Congklak sedang catur hanya kadang2 saja .. πŸ˜€

    Suka

  5. Kalo sepupu ku dateng pas lebaran, biasanya kami ninggalin gadget dan maen semua permainan di atas, Mbak.. πŸ˜€ Menyenangkan sekaliiii.. Seruuu :p

    Yang paling kasian sih ada satu sepupu ku, kalo maen monopoli asik bangkrut aja. Wkwkwk πŸ˜€

    Suka

  6. Wah jadi teringat kalau sudah cukup lama gak main permainan begitu bareng keluarga.
    Biasanya yang aku dan keluargaku mainkan cuma ular tangga, congklak, mastermind, dan terkadang main kartu juga.

    Suka

  7. Favoritku congklak tapi susah banget carinya. Jarang ke pasar jadi gak nemu kalo cari di mall gitu….
    Padahal pengen ajarin Vay main congklak…

    Suka

  8. Benar, bertemu kepala ular tuh bikin lemas, Mba. πŸ˜€

    Saya paling mainannya ular tangga, monopoli dan putren. πŸ˜€

    Suka

  9. permainan2 yang udah jarang bahkan ga pernah saya mainkan lagi mba πŸ™‚
    dikantor suami saya buat iseng2 ngabisin waktu malah ada yg sengaja beli ular tangga πŸ™‚
    udah pada bosen kali kerja depan komputer seharian kalau engga maen game di hp

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.