Kambing Hitam


Kambing Hitam

Kambing Hitam hanya ingin menyeberang bersama teman,
Jalanan aspal tempat lalu lalang keramaian.
Kambing Hitam selalu disebut-sebut sebagai alasan
Kalau jalan aspal ini tak selesai sesuai anggaran.

Kambing Hitam nama yang selalu disematkan manusia,
Pada alasan kekeliruan yang kadung terbuka.
Demi sebuah pembenaran semata
Menutupi kerakusan yang nyata.

Kambing hitam selalu dikorbankan
Apalagi disaat lebaran
Kalau ini sangat disarankan
Sebagai sebuah kesadaran berkehidupan.

*****

Kambing hitam merupakan sebuah ungkapan yang ditujukan pada seseorang yang seperti sengaja ‘dikorbankan’, dituduh melakukan sebuah kesalahan yang tidak dilakukannya.

Terkadang seseorang sering dijadikan kambing hitam dalam sebuah permasalahan karena posisi, kondisinya yang jauh lebih lemah dari si pembuat masalah sebenarnya.

Biasanya, seseorang yang menjadikan orang lain ‘kambing hitam’ karena yakin bahwa yang dikorbankan itu tidak akan mampu melawannya.

So, jika Anda, Kamu, suka dijadikan kambing hitam dalam lingkup pergaulan, jangan diam aja, coba bersuara membela diri. Biarkan orang lain belajar bertanggungjawab atas kekeliruan yang dia buat. Jangan hanya nrimo aja, jangan pasrah aja diperlakukan tidak adil. Pasrah dilakukan setelah usaha membela diri dilakukan secara maksimal.

Metafora (pemakaian kata bukan dengan makna atau arti sebenarnya) dari kambing hitam ini sepertinya hampir ada dalam semua tatanan masyarakat. Mulai di lingkungan keluarga, tim di dunia kerja, dunia politik. Dan yang dikambinghitamkan itu tentu saja bukanlah sosok ‘anak emas’ ๐Ÿ™‚ .

Semoga kita semua jauh dari lingkungan yang suka mengkambinghitamkan orang lain. Jauh dari orang yang hanya ingin mempertahankan ‘posisi’ dengan segala cara, tapi mau cuci tangan, tidak bertanggungjawab dan meminta ma’af atas kekeliaruan yang diperbuat, malah memilih mengorbankan orang lain.

Iklan

11 comments

  1. […] Ada apa dengan si kambing ini? Memikul beban apa si kambing ini. Soale tanpa ada embel-embel kambing hitam ataupun kambing yang baik untuk hari raya kurban ๐Ÿ˜› . Meluncurlah ke […]

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.