Musim Kemarau


Musim kemarau adalah salah satu musim yang terjadi di daerah khatulistiwa (daerah tropis)  dan dipengaruhi oleh angin muson. Daerah tropis hanya mengenal dua musim, musim kemarau dan musim penghujan.

Musim kemarau kalau curah hujannya kurang dari 60mm per bulan, biasanya diikuti dengan daun-daun pohon yang menguning. Daun berguguran lebih banyak dari biasanya, rumput mengering, ibu kota Jakarta yang banyak hutan betonnya akan semakin panas.

Menurut Om Wiki, musim kemarau ini di pengaruhi oleh angin muson timur.

Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua Asia lebih panas, sehingga bertekanan minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan yang sempit.

Tetapi konsep diatas, sekarang sudah agak jauh berubah,  dipengaruhi oleh apa yang diperbuat manusia terhadap bumi yang juga semakin tua.

Tulisan ini terinspirasi dari weekly photo challenge: Summer. Saya tinggal di daerah tropis, belum pernah juga bepergian ke daerah empat musim, tentu tak punya photo yang mewakili Summer ini.

Mungkin musim kemarau di daerah tropis, kegiatan yang dilakukan penduduknya, beda-beda tipislah sama summer di wilayah yang mengenal empat musim itu,  bermain air di laut atau berkunjung ke tempat wisata air, seperti koleksi photo saya berikut 😉 .

23 comments

  1. Jakarta atau bahkan Indonesia musimnya makin gak jelas. hujan panas … bulan kemarau kadang hujan sampai timbul banjir.

    betul, musim kemarau penuh debu, musim hujan penuh air sampai pemukiman.

    Suka

  2. Setuju sama komentar pertama, musim dinegeri kita sudah ga jelas waktuntya.
    Eh, panorama dipotonya bagus Mbak. Lokasinya dimana tuh ?

    Salam.. .

    photo pertama, di kampung saya di Sumatera,
    photo kedua, di daerah Klaten. Indonesia indah ya mood ^^.

    Suka

  3. Di Indonesia, musimnya banyaakk
    ada musim duren, musim rambutan, musim salak, dan laen-laen 😀

    musim baralek jangan lupa Lung ^^.

    Suka

  4. Kerusakan alam yang diakibatkan oleh aktivitas manusia sedikit banyak emberikan kontribusi pada tidak menentunya musim. Soal summer, saya juga belum pernah merasakan. 😀

    petani sekarang kalau mau bercocok tanam, agak susah kalau berpedoman kepada kebiasaan mereka mereka melihat cuaca ya Pak.

    Suka

  5. di Indonesia sekarang musim panas nya sepanjang tahun.. musim ujan pun tetep kerasa panaas! efek Global Warming kali ya… hehehe

    Suka

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma…

    Dunia kian semakin lemah kini dan di mana-mana belahan dunia musimnya tidak menentu. Seperti Indonesia yang tidak ketentuan musimnya, demikian juga di Malaysia yang berjiran sudah pasti menerima musim yang sama, panas dan hujan berganti tidak ketentuan harinya. Banyak yang mulai demam dan kurang sihat, malah batuk semakin menjadi-jadi di sana sini.

    Fotonya keren mbak, saya suka melihat foto yang berlatar belakang air. tenang dan mendamaikan. Foto perairan di kampung mbak itu, sangat menarik dan tentunya sangat panas di sana.

    Salam mesra selalu. 😀

    Waalaikumsalam Bunda,
    hati kita yang mendiami bumi jangan sampai kemarau ya Bund 🙂

    Suka

  7. Tapi musim sekarang susah ditebak Mbak
    di tempat saya, sekarang seharusnya sudah musim kemarau
    tapi akhir2 ini malah sering hujang..
    kondisi bumi juga berpengaruh pada kesetiaan musim pada masanya ya Mbak?

    Apa kabar Mbak?
    Semoga keluarga selalu sehat dan bahagia selalu 🙂

    Alhamdulillah sehat,
    semoga prit dan keluarga juga selalu dalam berkah-Nya.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.