Raja


Raja, pemimpin dari sebuah kelompok (kerajaan) yang semua titahnya harus dipenuhi oleh semua patihnya (mentri/pembantu-nya). Rakyat akan melindungi raja yang dicintainya dengan tulus, tanpa pamrih apapun. Rakyat bahkan rela berjibaku di ” medan pertempuran ” untuk memenangkan kepentingan rajanya.

Raja disini bukanlah seorang penguasa, raja adalah anak-anak penerus kehidupan. Patihnya adalah pemimpin yang sedang berkuasa di sebuah negeri, sedangkan rakyatnya adalah para orangtua dan keluarga.

Maka sudah seharusnya seorang pemimpin yang lagi menjabat, membuat negara yang dipimpinnya aman, lapangan kerja tersedia, sumber daya alam terkelola dengan baik, sehingga rakyat dapat bekerja dengan tenang dan mampu memenuhi kehidupan yang layak, sehingga raja-raja dipersiapkan dengan sebaiknya, tumbuh sehat, mendapatkan pendidikan terbaik, dan berempati. Apakah bumi Indonesia sudah menjadikan anak-anak adalah raja kehidupan?.

============================

Saat kami ibu-ibu kebingungan menghadapi tingkah polah anak-anak usia 3-4 tahun. Seorang nenek bijak yang sudah sukses mengantarkan anak-anak dan cucunya di kehidupan, yang sekarang tinggal bersama salah satu anak dan cucunya dilingkungan kami tinggal, menasehati ibu-ibu bingung ini, “anak-anak seusia itu sedang menjadi seorang raja yang semua kehendaknya harus diturutkan, tetapi tetap diarahkan dengan kasih sayang. Tidak bisa langsung dibilang tidak secara spontan, mereka malah akan semakin penasaran“.

Usia anak-anak juga masa-masa emas keceriaan mereka berkenalan dengan lingkungan, jangan sampai anak-anak kehilangan masa itu. Semoga negeriku menjadikan anak-anak raja-raja kehidupan sebagai prioritas utamanya.

20 comments

  1. Aih…pastinya jadi ujian kesabaran bagi orang tua dan orang dewasa di sekeliling nya ya Mak.
    Emaaaak…Orin kangen..

    betul sekali,,
    peluk kangen juga buat neng Orin ^^.

    Suka

  2. “anak-anak seusia itu sedang menjadi seorang raja yang semua kehendaknya harus diturutkan, tetapi tetap diarahkan dengan kasih sayang. Tidak bisa langsung dibilang tidak secara spontan, mereka malah akan semakin penasaran“.
    Saya bungkus kalimat sakti ini bu.. 😀

    Simpan baik2 ya Mab ^^.

    Suka

  3. anak2 memang raja kehidupan, yang penting kita sebgai orang tua tau kapan berkata tidak begitupun iya. *sotoy padahal baru juga ‘megang’ ponakan doang :D*

    Suka

  4. Emaaaak………..kemana aja? bunda kangen (peluk2) 🙂
    umur 3-4 tahun, memang sedang sulit2nya ya Mak mendidik mereka, perlu kesabaran tingkat tinggi itu 🙂
    salam

    lagi bersemedi nih Bund, kangen bunda juga, peluk hangat bund 🙂

    Suka

  5. Usia yang demikian itu perlu dibekali dengan akhlak dan budi pekerti dari lingkungan keluarga jangan sampai melangkah ke arah yang negatif.

    Suka

  6. ponakan dhe yang baru berumur 2 tahun aja susaaaaaaaaaaaaahh banget didiknya mbak.. anak2 sekarang tu pada keras kepala semua, mudah marah, mudah ngambek, mudah nangis, haduuuuuuuuuuuhh gimana ntar kalo saya udah punya anak yaa.. hehe

    Suka

  7. Hmm… Anak-anak sebagai raja…
    Asalkan bisa dididik ya, Mbak…
    kalau cuma sebatas selalu memenuhi segala keinginannya aja, bisa2 hancur nantinya negara 🙂

    Suka

  8. Bagi saya anak anak harus tetap diajarkan disiplin,,, dan tidak sekehendaknya sendiri. Karena persaingan hidup dimasa mereka dewasa kelak, akan semakin ketat dan sulit.
    Salam.

    Suka

  9. sayangnya tidak semua anak bisa jadi raja di kerajaannya sendiri…
    apa kabar mbk lama nggak main kesini. hehe .. 🙂

    Alhamdulillah kabar baik ^^.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.