Umbul Ponggok Klaten, Objek Wisata Mata Air Alam


Umbul Ponggok adalah sumber mata air alam yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Air yang keluar dari umbul ini begitu bening dan sejuk.

Empat tahun yang lalu saya lewat di sekitar Umbul Ponggok ini, penampakan dari luar tidak membangkitkan keiinginan untuk mampir. Pagar tembok tinggi berlumut, pohon gayam besar-besar yang sangat rindang.

umbul ponggok klaten masih alami
Umbul Ponggok, setelah pintu masuk

Belum lagi cerita dari mulut ke mulut, kalau jaman dulu untuk memotong Pohon Gayam paling tua di dekat umbul itu memerlukan orang yang “punya ilmu”, ada cerita hiburan dengan unsur-unsur angker dan berbalut mistis dan juga mitos.

Lebaran kemaren lewat Umbul Ponggok ini pada waktu malam, saya kaget dengan tampilan  lampu warna-warni dan pagar yang minimalis. Menimbulkan rasa penasaran. Ternyata saat dilihat di siang hari, sangat mengundang siapa saja untuk singgah.

Mampir untuk sekedar berteduh di pokok pohon Gayam yang tertata dan rindang, sambil melihat air kolam yang jernih dengan ikan berwarna warni. Bisa juga berenang bagi yang kuat sama dinginnya air di Umbul Ponggok ini, atau sekedar memutari kolam dengan perahu-perahu bebek kayuh, perahu karet dan fasilitas lain. Kolam tambahan bermain air untuk anak-anak juga tersedia.

Semuanya murah meriah. Tiket masuk saat itu sekitar Rp 3,500 (lebaran), Rp 2,000 (hari biasa), Rp 5,000 (ada kegiatan panggung); Sewa ban Rp 2,000; ruang bilas Rp 1,000. Warung yang menjual cemilan untuk mengganjal perut yang lapar setelah berenang  juga ada.

Bagi pecinta air yang sempat jalan-jalan ke sekitar daerah Klaten, Umbul Ponggok ini bisa jadi salah satu alternatif objek wisata untuk bermain air. Sumber mata air alam dengan sentuhan modern, tanpa meninggalkan konsep  lingkungan hidup nan hijau.

O iya, di daerah Ponggok dan sekitarnya banyak petani budidaya ikan nila, ikan mas, ikan gurame, agak ke daerah Janti sedikit banyak lesehan makan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

28 comments

  1. Tempat hiburan yang mantap dengan harga tiket yang lumayan murah, kalo dekat dari tempat saya pasti saya singgah terus ditempat itu. Apalagi jika boleh memancing disitu, tambah betah aj deh.

    Salam.. .

    kayak memancing belum ada fasilitasnya, cuma ngasih makan ikan,
    masukan juga buat Pemda sebagai pengelola tuh,
    menarik pengunjung yang bukan senang air aja, tapi gila mancing 🙂

    Suka

  2. Tempat wisata yang murah dan bagus. Saya sering ke klaten tapi belum tahu ada tempat wisata ini, karena lebih sering ke Klaten bagian selatan.

    Suka

  3. tempatnya bersih dan bagis ya Mak,
    kok bisa murah banget gitu biayanya , padahal fasilitas yg kelihatan di slide foto nya bagus dan keren ……..
    ini bener2 deh, murah meriah tapi keren 🙂
    salam

    Suka

  4. […] penasarannya, browsing dan cari tau cerita tentang umbul ponggok ini. Terdamparlah di blog ini. Dari blog tersebut dapat gambaran kalau umbul ponggok itu merupakan sumber mata air […]

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.