Catatan Ramadhan


Catatan Ramadhan emak dan anaknya dalam perkenalannya dengan bulan Ramadhan.

Seorang emak muslim wajib mengajarkan puasa kepada anak-anaknya. Anak-anak memerlukan tahapan-tahapan untuk bisa melakukan puasa penuh.

Pertama kali memperkenalkan puasa kepada junior sekitar umur 3 tahunan. Pagi hari sekitar jam 7, sarapan seperti biasa dan emak memberitahukan ini sahurnya anak-anak, ntar bukanya kalau dengar beduk ya. Tetapiย  jam 10-an sudah minta minum ๐Ÿ™‚ . Usia 4th sudah ikut puasa setengah hari, waktu Dzuhur ke bawah enggak puasa. Usia 5th melakukan puasa beduk, makan-minumnya disiang hari pada waktu-waktu shalat. Tahun lalu di usia 6th sudah bisa puasa penuh, cuma batal 5 hari karena kurang enak badan, kecapek-an,ย  karena waktu bermainnya tidak mau berkurang.

Catatan emak pada Ramadhan tahun lalu. Junior begitu semangat menantikan saat-saat shalat taraweh, begitu mencoba pertama kali, ternyata imamnya membawakan ayat-ayat yang panjang. Sesampai di rumah, ” Mam, ternyata shalat taraweh itu lama dan banyak yaa, capek, besok-besok aku ga ikut aja ya”. Rasa penasarannya masih ada, tetapi selanjutnya cuma mengikuti empat kali taraweh aja. Masih belajar ๐Ÿ™‚ .

Alhamdulillah, di catatan Ramadhan emak tahun ini, di usia 7th, usia anak-anak yang ingatannya sudah kuat dan mulai memahami kewajibannya. Junior begitu semangat menyambut bulan Ramadhan.

Puasanya di dua hari pertama agak memerlukan waktu untuk penyesuaian sekitar pukul 13 WIB – 14 WIB, mengeluh lemes, haus dan lapar. Emak cuma mengingatkan, kalau bukanya sekarang, ga terasa lho nikmat berbukanya. Coba deh ntar kita lihat, sekarang kamu mau minum dan makan semuanya, tetapi saat berbuka nanti, segelas air putih itu nikmatnya sangat luar biasa, buktikan nanti deh. Junior percaya.

Sampai hari ini, sudah sepertiga bulan Ramadhan 1432 H ini terlewati, junior masih semangat puasa, sahur dan tarawehnya ( walau masih di selingi becanda sama teman-temannya). Tetap semangat ya nak, kegiatan sekolah, kegiatan tambahannya tetap juga berjalan lancar.

Kalau jaman emak dulu, orangtua yang menjanjikan ke anak-anaknya sebagai penyemangat, akan memberikan hadiah kalau puasanya bisa penuh di Bulan Ramadhan. Tetapi kalau junior, dia menyemangati dirinya sendiri untuk puasa penuh selama Ramadhan, dengan harapan orangtuanya nanti akan merealisasikan request pilihannya.

Narablog semua, adakah yang berniat menjadi sponsor untuk request pilihan junior emak ini? sebuah sepeda fixie :mrgreen: .

Iklan

28 comments

  1. alhamdulillah turut senang Junior udah bisa menjalankan puasa penuh meski masih kecil… saya cuma bisa menyeponsori dengan doa aja ya mbak.. hehe

    sahur…sahur..

    Suka

  2. wah, selamat buat junior,,
    smoga slalu sehat dan tetep semangat puasanya dan juga aktifitas lainnya…
    bantu doa aja dulu bu buat merealisasikan request junior.. ๐Ÿ˜€

    Suka

  3. semoga emak dapat memberikan request pilihan junior sebagai ungkapan rasa syukur untu junior

    selamat menunaikan ibadah puasa. mohon maaf tidak bisa jadi sponsor. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Suka

  4. hahahaha ternyata rutinitas itu masih sama ya mbak, kalo ibu saya dulu cerita hadiah puasa full pertama saya itu boneka.. nggak tahu deh dimana sekarang tu boneka.. semangat junior!! saya cuma bisa kasih sponsor do’a aja mbak, hehe.. ๐Ÿ˜€

    Suka

  5. Wah… si junior masih kecil udah di ajarin puasa penuh mbak?
    duh, kasihan dong.. ntar kurang gizi loh..
    masih kecil kan belum wajib, jd gk perlu ketat banget pemgawasannya.. ๐Ÿ˜€

    Suka

  6. hebatnya junior karena emak yg hebat ada disisinya ๐Ÿ™‚
    dan, semoga sepeda fixie nya bisa segara terwujud pasca ramadhan,aamiin
    salam

    Suka

  7. Wah ternyata mbak Ysalma adalah Emak Yang Baik… ๐Ÿ™‚
    Membimbing dan mengajarkarkan anak untuk beribadah, juga mempunyai catatan perkembanganya.. Semoga Ramadhan yang akan datang semakin tambah kualitas ibadahnya junior.. Semoga Sepeda fixie nya bisa mbak penuhi..

    Suka

  8. Dalam didikan emak yang yang baik maka yunior akan menjadi orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya; wah…, salut deh. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan rahmat-Nya untuk kita bersama.

    Suka

  9. Menjalankan puasa bersama keluarga memang membahagiakan, apalagi kalau si upik pun sudah mulai ikut menjalankannya.

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.