Uang Palsu (Upal)


Kemaren malam kita muter-muter nyariin sepatu untuk futsal si kecil,,kecapean,, beli minum digerai makanan yang kasirnya sudah menggunakan alat ultra violet untuk mengecek keaslian uang yang diterimanya.

Sibapak memberikan uang lima puluh ribu, kasirnya sih ga langsung bilang, ini uang palsu lho pak (pemberian pelayanan ke konsumen yang sudah mulai  bagus yaa).

“Bapak punya uang lima puluh ribuan lain ga?”.

Sayanya langsung nyerocos :D, “emangnya yang ini kenapa mba?”.

“ini lho buk, Gambar tanda air pahlawan nasionalnya  agak beda”.

Setelah dibandingkan dengan lima puluh ribu yang asli, walaupun tampilannya lebih lecek dari yang upal dengan teliti dan seksama, ternyata memang kelihatan berbeda.

Yang palsu warna birunya agak sedikit kehijau, dipegang dengan rabaan antara telunjuk dan jempol, uang palsu lebih licin, sementara yang asli agak ada kesetnya. Dilihat dengan diarahkan kecahaya ternyata benang pengaman didalamnya memang tidak ada walaupun diluar kelihatan seperti ada.

Sibapak langsung ingat dimana dia mendapatkan lima puluh ribu palsu itu. Tadi siang dia ada keperluan ke Tanjung Priok, diterminal Tanjung Priok beli minuman di kios sekitar situ, ngasih uang ratusan, nah itu kembaliannya, karena percaya, langsung main masukkan aja ke kantongnya.

Kalau dibilang emang udah ga rejekinya, memang. Tetapi rejeki si penipu dengan mengasih kembalian dengan uang palsu juga tidak bisa dibenarkan.

Dalam satu hari dia memberikan kembalian lima puluh ribuan palsu satu aja, dalam sebulan dia sudah mengedarkan uang palsu satu juta lima ratus ribu rupiah ke masyarakat. Coba kalau lebih dari satu transaksi, lebih dari satu kios-kios yang dimanfaatkan untuk mengedarkannya ke masyarakat.

Yang tertipu dan dirugikan oleh ulah oknum-oknum  yang ingin mendapatkan keuntungan secara licik  itu juga masyarakat sama seperti mereka.

Nah, sobat di blogsphere lebih hati-hati lagi dalam bertransaksi, lebih teliti lagi dalam melihat keaslian uangnya. Walaupun menurut teman-teman sedikit, tapi kalau caranya ga benar dan ga pantas gitu, tetap aja bikin jengkel. Lebih baik ngasih lima puluh ribu kepada mereka-mereka yang dengan susah payah berusaha dengan jujur dan lebih membutuhkan. Syukur bagi mereka, nikmat berbagi bagi kita yang memberi..

Jangan lupakan 3D yaa dalam transaksi jual belinya  :

  • Dilihat ; Lihatlah uang yang dimiliki, apakah warnanya pudar, kusam, pucat, luntur, patah-patah, atau hal lain yang mencurigakan. Pastikan uang yang lagi diperiksa  memiliki warna, corak dan gambar yang baik serta memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut. Uang pecahan besar yang memiliki Logo Bank Indonesia (BI) dipojok kanan bawah, kalau dimiring-miringkan Logonya akan berubah warna.
  • Diraba ; Usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar/keset atau lembut/licin. Uang asli agak terasa keset,  disamping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap.
  • Ditrawang ; terawangkan uang ke sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

46 comments

  1. Aku dapat Pertamaxxxxx……….,
    wah,sebuah pelajaran tuk kita semua. bahwa kita mesti harus berhati-hati nih, kalo mnerima uang kembalian ataupun apalah yang berupa uang harus berhati-hati teliti dengan seksama dan jangan sampai kejadian yang sama seperti itu ganti menimpa kita.

    Suka

  2. iya Mbak, sesuai arahan 3D, harus sering dicek dulu saat berurusan dengan uang di pasar bebas seperti sekarang ini..
    SALAM hangat dari Kendari.. 8)

    Suka

  3. Waktu itu saya juga dapat upal mirip sama si~bapak mba Y.Salma …
    solusinya … pulangnya bayar tol pake uang itu (halaahhh … jangan ditiru!
    tapi bukan salahku (50.000,- … ya banyak juga) … hihihi

    Suka

  4. Ingat 3D,
    semoga kita tidak tertipu oleh orang yang ingin menipu kita dengan uang palsu,
    karena ini pasti sangat menyakitkan kalo sampai gak bisa dikembaliin ke asal uang itu untuk dijual, apalagi kalo yang tertipu adalah orang yang tidak punya,
    jadi ngenes membayangkannya.

    Suka

  5. untung sampe sekarang Denuzz belom pernah ketiban uang palsu … kalo ketemu dan ditipu dengan upal 10 ribu mah gak masalah … kalo 50 ribu, kesel juga … maklum bagi anak kost 50 rbu besar banget tuh …

    Semoga persahabatan kita tidak lekang oleh waktu dan tidak terbatas oleh ruang

    Suka

  6. kreativitas yang salah tempat, mengapa harus uang yang dipalsukan, kasihan mereka yang susah payah bekerja keras kalau harus dibayar dengan uang palsu…

    Suka

  7. selamat sore,

    wah kayaknya nggak bakalan jadi berkah tuh bagi pembuat uang palsu.

    Oia saya langganan blog ini…jangan salahkan bunda mengandung kalo besok2 saya selalu yang pertama komen hehehe 😀

    ==salam kenal==

    Suka

  8. Yang paling bertanggung jawab si pembuat upal itu..
    Kok tega2nya ya.. Malah bisa2 si empunya kios (yg jualminuman) di Priok, itu juga korban &nggak tau kl itu uang palsu. Tapi kalau dia juga sengaja dan emang niat, ya sama aja dengan ikut melestarikan kejahatan..
    Salam hangat; Semoga tidak tertipu lagi..

    Suka

  9. saya memang merasa prihatin dengan peredaran upal tsb. tapi kita pun harus berhati2 dalam bersangka, siapa tau pedagang yg ngasih kembalian tsb pun ga tau klo uangnya palsu, atau mungkin saja tau tapi dia sendiri adalah korban dari peredaran upal [bukan dia yg mengedarkan, tp ada pembeli yang belanja dg upal tsb]. Bagi kita yg merasa mapan, kejadian ini mungkin bisa dijadikan pelajaran tanpa membelanjakan upal itu lagi ke orang lain, tapi bagi orang kecil seperti pedagang rokok eceran tentu merupakan kerugian besar jika dia harus menanggung resiko jika harus mengganti senilai uang tsb!

    ah…. dunia ini makin gila aja 😀 hehehe…

    Suka

    • betul-betul sekali kang “Fir”,,
      harus berpikir positif aka harus melihatnya dari kacamata yang ngasih yang emang tertipu juga, dan nasibnya teman hidup saya yang giliran selanjutnya secara ga pakai 3D 😀

      Suka

  10. yang saya takutkan, jika saya menjadi korban upal justru malah dituduh sebagai pelaku pengedaran upal! jadi bingung dech!
    terima kasih sharingnya mbak 😀

    Suka

  11. Wah, saya belum pernah pegang uang palsu. Atau, bisa jadi pernah juga dapat kembalian uang palsu, tapi nggak tahu. Terus saya pakai membayar, penerimanya juga nggak tahu … 😦

    Suka

  12. Uhoo~~ Uhoo~~ Mungkin BAPAK yang tadi saking kehausan ya sampai tidak mempraktekkan 3D 😕 Kalau di kota Saya, upal yang ketemu dilaminating terus di pajang di depan toko tsb. Jadi si pembeli tahu bahwa itu upal 🙂

    Suka

  13. mang kita harus lebih berhai2 dalam menerima uang dengan nominal yg gede, apalagi kalau dalam jumlah banyak, karena saya juga pernah menerima uang dl jumlah yg cukup banyak setelah tak cek dr rumah ada terselip 2 lembar upal, mau saya kembalikan juga dah g mungkin dah sampai rumah, intinya jd pelajaran aja u/ lebih berhati2

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.