Manfaat Pemijatan Kaki


Kaki berfungsi untuk menopang seluruh berat tubuh. Oleh sebab itu kaki juga bisa mengalami kelelahan yang berupa kram, serta rasa nyeri yang kadang disertai pembengkakan. Apalagi jika selama beraktivitas tidak menggunakan alas kaki yang sesuai. Untuk itu kaki juga perlu dirawat untuk mengembalikan kebugarannya. Salah satu perawatan mudah untuk kaki adalah dengan melakukan pemijatan.

Pijatan yang dilakukan pada kaki juga mempunyai manfaat lain, karena hal tersebut merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres selain mengendurkan otot-otot kaki yang kaku tentunya.

Kapan Mau Mijat Kaki? Udah Capek Seharian!

Eits, kalau terlalu sibuk, pilih cara mudah, pilih cara efisien. Pemijatan dapat dilakukan di pusat-pusat perbelanjaan yang bertaburan pusat pijat refleksinya, praktis, dan ditangani oleh terapis yang lebih paham titik-titik syaraf yang memerlukan pemijatan. Kegiatan ini dapat dilakukan sembari mencari kebutuhan lain atau hanya sekedar ‘cuci mata’.

Tetapi kalau mau me time, pemijatan dapat juga dilakukan di rumah sekalian lebih mengenali kaki sendiri 🙂 . Apalagi sepulang kerja, setelah melakukan aktivitas seharian dengan high heels kesayangan, pijat kaki merupakan bentuk terima kasih pada kaki yang sudah kuat menemani hari.

Cara praktis melakukan pemijatan kaki di rumah: Sebelum melakukan pemijatan, kaki harus dibersihkan terlebih dulu, lalu direndam dalam wadah  yang sudah berisi air hangat. tips pemijatan kaki dari saya; air hangatnya ditambahi sedikit garam,  ini juga membantu kaki lebih rileks.

Setelah kaki direndam air hangat campur garam dirasa cukup, kaki dikeringkan, lap dengan handuk. Kemudian oleskan minyak zaitun atau lotion kesukaan pada kaki sambil diberikan pijatan lembut dan ringan selama 10 – 15 menit.

Manfaat pemijatan pada kaki bukan hanya mendapatkan efek relaksasi tetapi juga kesehatan. Jika pemijatan dilakukan secara teratur, manfaat kesehatan yang akan didapatkan :

  • Pijat sangat baik untuk drainase limfatik. Pijatan membuat pori-pori kulit terbuka, hal itu membantu mengeluarkan racun dan zat-zat ‘sampah’ yang tidak diperlukan keluar tubuh. Karena hal ini lah pijatan dapat membuat tubuh lebih segar.
  • Di daerah kaki juga terdapat ribuan titik pusat syaraf. Jika Anda tahu letak dan fungsinya maka rasa sakit yang timbul di organ tertentu bisa dikurangi dengan pijatan pada kaki atau sering disebut refleksiologi.
  • Rasa pegal pada tumit seringkali muncul setelah bekerja, apalagi jika menggunakan sepatu tumit tinggi. Dengan pijatan, rasa pegal dan nyeri di sekitar kaki ini bisa diatasi.
  • Pijatan pada kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kaki. Hal ini bisa mengurangi rasa nyeri di sekitarnya.

Setelah kaki dipijat, istirahat malam alias tidur juga bisa lebih nyenyak.
Rawatlah kaki seperti kita merawat bagian tubuh lainnya dan rasakan manfaat pemijatan kaki tersebut bagi tubuh secara keseluruhan.

 

21 comments

  1. enaknya dipijat, saya demen banget mba sekarang2 ini, bukan cuma kaki. soale lg hamil 😉
    tapi emang yang paling pegel itu kaki, karena menopang berat badan yang semakin naik ^_^

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.