Tips Merawat Rambut Sehat secara Alami


Tips merawat rambut
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Rambut adalah mahkota wanita, untuk itu perlu dirawat agar kondisi rambut tetap sehat dan indah. Ternyata untuk mendapatkan rambut indah sangatlah mudah, cukup lakukan perawatan secara alami.

Berikut tips  merawat rambut sehat secara alami yang dapat dilakukan sehari-sehari di rumah:

  • Mencuci rambut

Tidak ada patokan baku yang menganjurkan seberapa sering kita harus mencuci rambut. Kalau aktivitas yang dilakukan lebih banyak di luar ruangan, sebaiknya dilakukan 1 hari sekali.

Tips untuk mencuci rambut: gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut, pijat kulit kepala dengan lembut, bilas sampai bersih. Sebaiknya keringkan rambut basah secara alami dengan membungkusnya dengan handuk, tapi tidak boleh terlalu lama juga. Setelah itu biarkan kering oleh angin. Tetapi kalau sedang diburu waktu, boleh gunakan pengering rambut. Mengeringkan rambut dengan alat bantu ini kondisi rambut harus dalam kondisi lembab, gunakan hair dryer pada suhu sedang dan tidak lebih dari 20 menit.

  • Memperlakukan rambut

Rambut terletak di kepala, bagian paling ‘dihargai’ dari tubuh manusia, bagian dari harga diri. Maka rambut harus diperlakukan selembut mungkin. Untuk menata rambut, harus pilih sisir yang sesuai dengan kebutuhan.

Tips memilih sisir untuk menata rambut:

Sisir rambut bulat untuk memberikan efek mengembang, sisir rambut biasa digunakan untuk jenis rambut halus.

Jika rambut dalam keadaan basah maka untuk menyisir dari ujung rambut, lakukan bagian per bagian sampai ke pangkal rambut.

Hindari rambut dalam keadaan terus menerus terikat, kondisi ini akan membuat rambut pecah-pecah dan stres. Untuk itu gunakan ikat rambut elastis dan pindah-pindahkan tempat mengikatnya.

  • Memberikan nutrisi pada rambut

Untuk mendapatkan rambut indah yang sehat, rambut juga perlu makan atau nutrisi. Lebih tepatnya kulit kepala tempat rambut tumbuh harus diberi nutrisi yang tepat. 

Saat memberikan nutrisi rambut lakukan pijatan dengan ujung jari untuk memperlancar aliran darah di kulit kepala.

Tips: untuk mendapatkan kilau rambut indah alami, ulaskan hair shine atau serum rambut ke seluruh bagian luar rambut. Untuk rambut sangat kering, gunakan hair mask (masker rambut) setidaknya 1 kali dalam seminggu.

Para wanita tentu sudah pada tahu secara umum nutrisi yang diperlukan rambutnya masing-masing dong.

Kalau wanita jaman dulu menggunakan kemiri dan minyak kelapa olahan sendiri untuk perawatan rambut hitamnya. Ada juga yang menggunakan lidah buaya atau perasan daun rambutan.

Ternyata untuk mendapatkan rambut sehat alami sangatlah mudah dan sederhana, bisa dilakukan sendiri di rumah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat.

Tapi bagi yang memang gak punya waktu dan mempunyai anggaran khusus untuk perawatan kecantikan, termasuk rambut, menyerahkan perawatan kepada ahlinya sangat bisa jadi solusi. Bahasa lainnya, nyalon rutin ke tempat salon langganan yang sudah dipercaya.

Selamat menjaga mahkota kepalamu, Temans.

Referensi tulisan:
Katalog Oriflame.

 

6 comments

  1. […] ini jilbaban tapi keluyuran malem-malem mana yang papasan di jalan bajunya minim semua atau yang rambut sampai hampir semua badannya pakai aksesoris metal” mencoba cuek aja, kita ga ngusik jadi […]

    Suka

Terima Kasih Untuk Jejakmu, Temans :)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.