Musim Kemarau


Musim kemarau adalah salah satu musim yang terjadi di daerah khatulistiwa (daerah tropis)  dan dipengaruhi oleh angin muson. Daerah tropis hanya mengenal dua musim, musim kemarau dan musim penghujan.

Musim kemarau kalau curah hujannya kurang dari 60mm per bulan, biasanya diikuti dengan daun-daun pohon yang menguning. Daun berguguran lebih banyak dari biasanya, rumput mengering, ibu kota Jakarta yang banyak hutan betonnya akan semakin panas.

Menurut Om Wiki, musim kemarau ini di pengaruhi oleh angin muson timur.

Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara, sehingga menyebabkan benua Australia musim dingin, sehingga bertekanan maksimum dan Benua Asia lebih panas, sehingga bertekanan minimum. Menurut hukum Buys Ballot, angin akan bertiup dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum, sehingga angin bertiup dari benua Australia menuju benua Asia, dan karena menuju utara Khatulistiwa/Equator, maka angin akan dibelokkan ke arah kanan. Pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau akibat angin tersebut melalui gurun pasir di bagian utara Australia yang kering dan hanya melalui lautan yang sempit.

Tetapi konsep diatas, sekarang sudah agak jauh berubah,  dipengaruhi oleh apa yang diperbuat manusia terhadap bumi yang juga semakin tua.

Tulisan ini terinspirasi dari weekly photo challenge: Summer. Saya tinggal di daerah tropis, belum pernah juga bepergian ke daerah empat musim, tentu tak punya photo yang mewakili Summer ini.

Mungkin musim kemarau di daerah tropis, kegiatan yang dilakukan penduduknya, beda-beda tipislah sama summer di wilayah yang mengenal empat musim itu,  bermain air di laut atau berkunjung ke tempat wisata air, seperti koleksi photo saya berikut ;) .

About these ads

Tentang YSalma Yeni

Emak yang berdamai dengan perubahan.
Tulisan ini dipublikasikan di Berita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Musim Kemarau

  1. Jakarta atau bahkan Indonesia musimnya makin gak jelas. hujan panas … bulan kemarau kadang hujan sampai timbul banjir.

    betul, musim kemarau penuh debu, musim hujan penuh air sampai pemukiman.

  2. Mood berkata:

    Setuju sama komentar pertama, musim dinegeri kita sudah ga jelas waktuntya.
    Eh, panorama dipotonya bagus Mbak. Lokasinya dimana tuh ?

    Salam.. .

    photo pertama, di kampung saya di Sumatera,
    photo kedua, di daerah Klaten. Indonesia indah ya mood ^^.

  3. sulunglahitani berkata:

    Di Indonesia, musimnya banyaakk
    ada musim duren, musim rambutan, musim salak, dan laen-laen :D

    musim baralek jangan lupa Lung ^^.

  4. alamendah berkata:

    Kerusakan alam yang diakibatkan oleh aktivitas manusia sedikit banyak emberikan kontribusi pada tidak menentunya musim. Soal summer, saya juga belum pernah merasakan. :D

    petani sekarang kalau mau bercocok tanam, agak susah kalau berpedoman kepada kebiasaan mereka mereka melihat cuaca ya Pak.

  5. Applaus Romanus berkata:

    sekarang sudah tidak bisa di tebak musim apa ini…. benar benar sudah terjadi pemanasan global…

  6. Zuhdi Travelife berkata:

    di Indonesia sekarang musim panas nya sepanjang tahun.. musim ujan pun tetep kerasa panaas! efek Global Warming kali ya… hehehe

  7. arif berkata:

    sekarang di jogja angin kering, dingin, kemarau mungkin segera datang

  8. tunsa berkata:

    hihi.. berjemur di pantai saya bu.. xixi
    atau berlindung dibawah hutang beton? xxi xixi (mall)

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Ysalma…

    Dunia kian semakin lemah kini dan di mana-mana belahan dunia musimnya tidak menentu. Seperti Indonesia yang tidak ketentuan musimnya, demikian juga di Malaysia yang berjiran sudah pasti menerima musim yang sama, panas dan hujan berganti tidak ketentuan harinya. Banyak yang mulai demam dan kurang sihat, malah batuk semakin menjadi-jadi di sana sini.

    Fotonya keren mbak, saya suka melihat foto yang berlatar belakang air. tenang dan mendamaikan. Foto perairan di kampung mbak itu, sangat menarik dan tentunya sangat panas di sana.

    Salam mesra selalu. :D

    Waalaikumsalam Bunda,
    hati kita yang mendiami bumi jangan sampai kemarau ya Bund :)

Tinggalkanlah Jejak Pikiran positifmu disini. Yang belum punya blog, tolong komennya dengan nama, alamat email atau pakai akun medsos nya ya :) .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s