Pantai Carocok Painan


Pulau Batu Kereta

Pantai Carocok terletak 2KM dari pusat kota Painan. Painan merupakan ibukota Kabupaten Pesisir Selatan yang berjarak ± 85 Km dari Padang Kota Ibukota Propinsi Sumatera Barat. Kurang dari 2 jam perjalanan untuk mencapainya .

Kota Painan dikelilingi oleh bukit dan merupakan sebuah kota di pinggir pantai. Dipantai Kota Painan inilah terdapat sebuah objek wisata Pantai Carocok.

Pantai Carocok

Pantai ini memiliki pasir yang sangat bersih dan putih, tepi pantai yang landai sehingga bisa untuk berenang bagi anak anak dan juga orang dewasa, airnya sangat jernih sekali. Air pantai yang bening dan pasir putihnya bikin kangen ysalma junior untuk main pasir dan ngerengek untuk datang lagi :).

Dikawasan ini terdapat beberapa pulau yang dapat dikunjungi dengan menaiki perahu, diantaranya yang terkenal adalah Pulau Cingkuak (Cingkuak Island) dan Pulau Batu Kereta.

Biduak dari Pulau Cingkuak

Pulau Batu Kereta, pulau ini merupakan ujung dari bukit langkisau ke arah laut. Pulau ini terhubung dengan daratan pantai carocok,dahulu sebelum dibangun jembatan pulau batu kareta ini hanya bisa dicapai dengan jalan kaki disaat pasang lagi surut. Dan pada saat air laut pasang Pulau Batu Kareta ini menjadi sebuah pulau yang terpisah dari daratan pantai carocok.

Beberapa tahun terakhir ini, Bukit Langkisau sudah bisa dinaiki sambil jalan ringan ataupun membawa kendaraan sambil menikmati pemandangan Kota Painan disatu sisi dan Pantai nan elok di sisi lainnya. Di Bukit Langkisau ini juga digunakan sebagai tempat Olah Raga Paralayang Nasional.

Pemandangan Carocok Beach

Pulau Cingkuak, terpisah oleh laut sekitar 300 meter dari pantai carocok. Pulau ini menyimpan sejarah yang sekarang hanya tinggal puing-puing bekas benteng Portugis. Pulau ini dulu merupakan pintu masuk pertama kali Portugis masuk ke Indonesia dari arah barat. Yang kemudian mereka mendirikan benteng sebagai pertahanan.

Di pulau ini pasirnya sangat bersih dan putih, serta suasananya nyaman sekali untuk rekreasi.

Menikmati Caracok Beach

Yang agak terasa kurang prasarana pendukung untuk wisata Pantai  masih kurang memadai. Semoga Pemkot Painan tetap berbenah dan wisata yang datang betah untuk menikmati wisata pantai di Pesisir Selatan. Dan pantai carocok menjadi andalan wisata bahari pesisir.

About these ads

Tentang YSalma Yeni

Emak yang berdamai dengan perubahan.
Tulisan ini dipublikasikan di Objek Wisata dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Pantai Carocok Painan

  1. Yohan Wibisono berkata:

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

  2. wah keliatan rame banget tuh mbak pengunjungnya, tapi sayangnya fasilitasnya kurang memadai ya..

  3. Ir. Adi Yurni Tanjung berkata:

    Dari Pulau Kalimantan jadi taragak jo kampuang di painan (Toko Miza)

  4. se-masa berkata:

    wak rang sungai lundang tapi masuk kab pesel,, taragak wak nak ka painan euy..

  5. Ping balik: Pelabuhan Ratu: Bermain Pasir dan Ombak | YSalma

  6. chris13jkt berkata:

    Pada saat aku ke Carocok Juni lalu, Carocok sudah banyak bebenah, Mbak. Pulau Cingkuak pun cukup ramai dengan pelancong yang memanfaatkan berbagai fasilitas olahraga air yang sudah tersedia di sana :)

Tinggalkanlah Jejak Pikiran positifmu disini. Yang belum punya blog, tolong komennya dengan nama, alamat email atau pakai akun medsos nya ya :) .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s