Pohon Kelapa


Lagi mengamati hujan tiba-tiba matanya ga mau pindah dari pohon kelapa yang berdiri dihalaman rumah tetangga. Hmmm,, jadi mikir apa dari si Pohon Kelapa ini yang ga bermanfaat bagi manusia yah,, ga ketemu.. semuanya memberi manfaat.

Mata mulai menjelajahi bagian perbagian dari si Pohon Kelapa ini.

  • Daun : Daun mudanya bisa dipakai untuk membuat ketupat, aneka kerajinan janur, buat umbul-umbul di pesta perkawinan. Daun kelapa yang kering disusun bisa dipakai untuk atap maupun dinding (bangunan dari ini sering ditemui ditengah sawah sebagai pondok petani tempat istirahat). Tangkai daunnya yang biasa disebut lidi setelah dipisah dari daunnya bisa dipakai untuk membuat sapu lidi.
  • Buah : Buah kelapa yang masih muda , Daging buah dan airnya sangat populer sebagai sumber penyegar yang sudah dikenal luas dimasyarakat bisa diolah jadi berbagai jenis versi es kelapa muda, srruuput, segerrrr, jadi pengen es degan, padahal hari hujan gak ngaruh yaa :). Daging buah yang sudah tua berwarna putih, diparut dan diperas, air perasannya menghasilkan santan yang dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan dan banyak manfaat lain dari santan kelapa ini. Daging kelapa yang sudah tua yang dikeringkan menjadi bahan baku minyak yang dikenal juga dengan kopra, bisa juga diolah menjadi nata de coco. Tempurung dari Buah kelapa bisa dipakai untuk bahan bakar khususnya buat penjual sate, dimanfaatkan untuk berbagai jenis kerajinan tangan juga (centong atau sendok sayur). Kulit buah kelapa atau  sabut bisa untuk keset, isi jok mobil, media tanam anggrek.
  • Batang : Batang pohon kelapa ini bisa dipakai untuk jembatan menyebrangi kali atau sungai. Kalau yang benar-benar lurus bisa diolah jadi papan dan bisa untuk dinding bangunan atau pun untuk tiang penyangga rumah panggung.
  • Akar : Akar kelapa bisa dimanfaatkan untuk pewarna perabot rumah tangga, bisa juga dikeringkan kemudian juga bermanfaat bagi ibu-ibu dikampung untuk bahan bakar memasak.

Benar-benar penuh manfaat ya Pohon Kelapa dan cocok ditanam di daerah pesisir pantai. Sebagai  sesama makhluk  yang satu tumbuhan yang lagi ngamatin makhluk manusia, kadang-kadang bukannya bisa memberi manfaat buat sesamanya, malah bikin orang-orang disekitar jadi ga nyaman, semoga gak yaa.

Manusia yang baik adalah manusia yang memberi banyak manfaat bagi kemajuan saudaranya yang lain.

About these ads

Tentang YSalma Yeni

Emak yang berdamai dengan perubahan.
Tulisan ini dipublikasikan di Hikmah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

21 Balasan ke Pohon Kelapa

  1. deny marisa berkata:

    saya suka air kelapa/..segar…….

    nb : maaf ya..saya lama ga BW. I-Net lagi lemot.. :(

  2. Ping-balik: Bumiku Indonesia | YSalma

Tinggalkanlah Jejak Pikiran positifmu disini, Sobat :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s