Tips Mengatasi Ketombe


Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kepala. Sebelum diatasi, ada baiknya dikenali dulu penyebab datangnya si ketombe. Ada yang menyebutkan kalau ketombe adalah akibat peradangan di kulit kepala karena adanya gangguan kelenjer minyak. Ada juga yang menyebutkan kalau ketombe karena jamur berkembang berlebihan di kulit kepala. Ketombe bisa menyebabkan kulit kepala kering dengan serpihan putih, ada yang berminyak ataupun bersisik. Kemunculan ketombe bisa dipicu oleh bermacam hal, diantaranya stress, terlalu sering keramas atau sebaliknya, menggunakan produk perawatan rambut yang tidak sesuai.

Berikut adalah Tips Mengatasi Ketombe :

Cara Tradisional :

  • Menggunakan Jeruk Nipis. Jeruk nipis dapat melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala. Dengan begitu, habitat atau tempat bersarang jamur yang merugikan pun dapat dikurangi. Selain bisa mengendalikan sebum di kepala, jeruk nipis juga bisa memberikan efek segar dan nyaman, terutama bagi kepala berketombe yang kerap dihinggapi rasa gatal. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C ini juga bisa membuat rambut tampak sehat dan cantik berkilau. Caranya : Potong jeruk nipis searah serat pusatnya, oleskan potongan jeruk nipis di kulit kepala, terutama di daerah berketombe, pijat pelan, diamkan lebih kurang 15 menit. Lalu keramas seperti biasa dengan shampo yang sesuai jenis rambut dan cocok dengan kulit kepala.
  • Menggunakan Santan Kelapa. Santan kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi antibakteri dan vitamin Cnya mampu menghilangkan ketombe. Bahkan bisa menghambat pertumbuhan uban alias rambut akan hitam berkilau lebih lama. Caranya : Setengah butir kelapa tua, diparut, peras, ambil airnya. Seperempat buah nanas mengkal, diparut, ambil airnya. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya. Campur semua bahan diatas, biarkan selama 15 menit. Jika keramas dengan ramuan ini seminggu sekali iAllah ketombe akan hilang.
  • Menggunakan Kangkung. Caranya : ambil kangkung 2 sampai 3 genggam, kemudian dirajang kecil-kecil. Setelah kangkung di rajang, rendam potongan kangkung tersebut selama semalam sampai air rendamannya berwarna kebiru-biruan. Setelah itu pisahkan air dengan kangkungnya. Oleskan air kangkung tersebut ke kepala 2 sampai 3 kali. Biarkan 15 menit baru dibilas sampai bersih. Jika ada ketombe, pada saat di oleskan kulit kepala akan terasa perih. Agar hasil lebih maksimal gunakan setiap hari jika anda ingin sembuh.

Cara Modern :

Menggunakan produk yang sudah siap pakai, tidak perlu repot dan sangat praktis.

  • Shampo Antiketombe Jenis shampoo yang dapat membantu mengatasi ketombe yaitu yang mengandung tar, asam salisilat, zinc, selenium sulfide. Shampo ini ada yang bisa digunakan setiap hari atau 1 sampai 2 kali seminggu, tinggal ikuti petunjuk pemakaian.
  • Krim. Krim yang dapat mengatasi ketombe adalah krim kortisan dan krim antijamur.

Silahkan pilih Tips Mengatasi Ketombe yang cocok untuk masing-masing anda. Jika ketombe masih belum berhasil juga teratasi dan sangat mengganggu, silahkan kunjungi dokter atau ahli dermatologi :).

Sumber : kompas.com, yahoo tips, wikipedia.

About these ads

Tentang YSalma Yeni

Emak yang berdamai dengan perubahan.
Tulisan ini dipublikasikan di Tips Cantik dan Sehat dan tag , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Tips Mengatasi Ketombe

  1. Thomas berkata:

    Nice tips……untungnya saya dan istri tidak ketombean….tapi bagus kok tipsnya
    salam

    http://thomasandrianto.wordpress.com/2010/05/07/dari-glassgow-kiss-sampai-ke-brave-heart/

  2. deny marisa berkata:

    saya ketombe semenjak pake jilbab..karena masih adaptasi..tp sekarang udah kurang..soalnya pake shampoo lifebo* sih….yang warna biru..paling cocok deh…^^

  3. sunflo berkata:

    weleh semua bahan jaran dijumpai di saudi… :-( santan adanya santan bubuk… kamgkung jarang banget… paling2 jeruk lemon…

  4. Ismail Agung berkata:

    thanks infonya, patut dicoba..

    ketombe ku bikin gatal kepala.

    apakah penyebab ketombe ada hubungannya dengan tingkat stress seseorang?

  5. Ping balik: Pohon Kelapa « YSalma

Tinggalkanlah Jejak Pikiran positifmu disini. Yang belum punya blog, tolong komennya dengan nama, alamat email atau pakai akun medsos nya ya :) .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s